Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Aktiva dan Jenis Aktiva

Pengertian Aktiva dan Jenis Aktiva | Aktiva (assets) adalah harta kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Harta kekayaan ini harus dapat diukur dengan jelas dengan satu satuan uang dan diurutkan berdasarkan kecepatan perubahannya kembali menjadi uang kas. Dalam pengertian yang lain, aktiva adalah sumber daya yang dimiliki oleh entitas bisnis atau usaha. Sumber daya ini dapat berbentuk fisik ataupun hak yang mempunyai nilai ekonomis. Aktiva adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahan sebagai akibat dan peristiwa masa lalu dan dan mana manfaat ekonomi masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan. Manfaat ekonomi yang terwujud dan aktiva adalah potensinya baik secara langsung maupun tidak langsung. berbentuk produktif dan merupakan bagian dan aktivitas operasi perusahaan atau kemampuannya mengurangi pengeluaran kas. Contoh aktiva adalah kas, piutang usaha, perlengkapan, beban dibayar di muka, bangunan, peralatan, tanah, dan hak paten. 

Pengertian Aktiva dan Jenis Aktiva
Ilustrasi
Jenis-jenis aktiva umumnya dapat dibagi menjadi; aktiva lancar, aktiva tetap, dan aktiva tidak berwujud.
    • Aktiva lancar (current assets): adalah bentuk aktiva yang dalam waktu singkat (kurang dan satu tahun) dapat diubah menjadi uang kas. Aktiva lancar meliputi kas (cash), investasi jangka pendek (temporary investment), wesel tagih (notes receivable), piutang dagang (accounts receivable), penghasilan yang masih akan diterima (accrued receivable), persediaan (inventories), biaya yang dibayar di muka (prepaid expenses). 
    • Aktiva tetap (fixed assets): adalah harta kekayaan milik perusahaan yang dapat diukur dengan jelas (tangible) dan bersifat permanen. Aktiva tetap dibeli dengan tujuan dipakai sendiri oleh perusahaan dan tidak dijual kembali. Contoh aktiva tetap adalab tanah (land), bangunan (building), mesin-mesin (madiinery), perabot dan peralatan kantor (office furniture and fixtures), perabot dan peralatan toko (store furniture and fixtures), alat pengangkutan (delivery equipment). 
    • Aktiva tidak berwujud (intangible assets): adalah semua aktiva yang tidak dapat disimpan dalam bentuk persediaan dan dipegang bentuknya tetapi dapat dirasakan. Aktiva tidak berwujud ini merupakan hak milik perusahaan dan kepemilikannya dilindungi oleh undang-undang. Contohnya adalah hak cipta (copyrights), hak sewa atau hak kontrak (leasehold), hak monopoli (franchises), hak paten, merek dagang (trademarks), goodwill, dan biaya organisasi (organization costs).
    Sekian uraian tentang Pengertian Aktiva dan Jenis Aktiva. Baca juga: Pengertian dan Contoh Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif
    Referensi:
    • Himayati. 2007. Belajar Sendiri Zahir Accounting. Jakarta: Elex Media Komputindo.
    • Rangkuti, Freddy. 2006. Business plan: teknik membuat perencanaan bisnis dan analisis kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

    Posting Komentar untuk "Pengertian Aktiva dan Jenis Aktiva"