Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Penemuan, Sumber, Sifat - Sifat dan Senyawa Karbon (C)

Karbon adalah unsur non logam anggota unsur golongan IV A. Karbon memiliki dua buah alltrofi yaitu berlian dengan massa jenis 3,52 dan grafit dengan massa jenis 2,25.
Penemuan, Sumber, Sifat - Sifat dan Senyawa Karbon (C)
Nomor atom : 6
Nomor massa : 12
Titik lebur : 3359 degC
Titik didih : 4200 degC
Massa jenis : 2,25 (grafit karena jumlah paling banyak)


Ada dua buah isotop stabil dari karbon yaitu yang memiliki nomor massa 12 dan 13 sedangkan 4 lainnya adalah unsur radioaktif yaitu karbon dengan nomor massa 10, 11, 14 dan 15.

Isotop karbon 14 digunakan sebagai menentukan umur suatu benda misalnya fosil hewan. Secara kimia karbon adalah unsur yang unik karena selain stabil ia juga dapat membentuk rantai karbon baik dengan sesamanya maupun dengan unsur lain. Oleh karena itu jumlah senyawanya dialam sangatlah banyak.

Unsur karbon yang berikatan dengan hidrogen, nitogen dan oksigen membentuk senyawa yang sangat penting bagi kehidupan. Tubuh kita, makanan dan banyak kebutuhan lainnya adalah dibentuk oleh senyawa karbon. Sebagaimana yang kalian tahu bahwa senyawa karbon adalah pembentuk kehidupan. Tanpanya tidak akan ada kehidupan.

Penemuan
Tidak ada orang menemukan unsur karbon karena unsur ini sudah ada bahkan sebelum manusia ada di bumi ini. Karbon secara alami dialam ditemukan dalam bentuk arang dan berlian.

Sumber
1. Unsur karbon ada dalam semua benda hidup termasuk manusia, binatang dan tanaman.

2. Karbon juga adalah unsur yang dapat ditemukan dialam dalam bentuk arang, arang aktif dan berlian.

Sifat - sifat
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa karbon memiliki dua buah alotropi yaitu grafit dan berlian dimana sifat keduanya sangat berbeda.

Grafit
Karbon dalam grafit, berikatan satu sama lain melalui ikatan kovalen tetapi memereka membentuk ikatan yang berlapis lapis. Anatar lapis satu dengan yang lain hanya dihubungkan oleh gaya Van der Waals yang lemah. Hany ini memgakibatkan grafit sangat rapuh dan ikatanya mudah lepas.

Salah satu contohnya adalah grafit pada pensil. Dengan menorehkan nya ke buku, grafitnya akan tertinggal dibuku dengan sangat mudah.

Berlian/Intan
Karbon karbon pada berlian berikatan dengan cara kovalen satu sama lain tetapi memereka membentuk ikatan tetrahedral dimana satu atom C akan berikatan dengan 4 buah atom C lainnya. Hal ini membuat berlian sangat kuat. Makanya berlian banyak digunakan sebagai perhiasan dan juga mata bor tambang.

Senyawa senyawa penting dari karbon
Karbon adalah unsur inti dapam semua senyawa senyawa yang berhubungan dengan kehidupan. Bahkan untuk mempelajari senyawa senyawanya dalam kimia ada ilmu khusus yaitu kimia organik.

Senyawa organik adalah senyawa yang utamanya tersusun atas unsur karbon hidrogen dan oksigen dan sejumlah kecil unsur phosfor, belerang dan juga halogen.

Senyawa karbon yang bukan penyusun makhluk hidup akan dipelajari dalam bidang kimia anorganik yang hanya mempelajari senyawa senyawa ringan yang terbentuk oleh karbon dengan unsur lain dalam tabel periodik seperti CO2.

Ada dua jenis oksida karbon. Yang pertama yaitu karbondioksida (CO2) adalab senyawa penting dalam proses pembakaran bahan bakar dan juga sebagai sumber oksigen diudara. Yang kedua adalah karbon monoksida yaitu senyawa samping yang dihasilkan dari proses pembakaran dan gas ini sangat beracun. Orang mengenalnya dengan gas pembunuh paling berbahaya karena gas ini tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa tetapi mematikan.

Sumber artikel : http://www.ucc.ie/academic/chem/dolchem/html/elem/elem006.html that i translate to indonesian langguage base on me.

Posting Komentar untuk "Penemuan, Sumber, Sifat - Sifat dan Senyawa Karbon (C)"