Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Kebutuhan Macam Kebutuhan

Pengertian Kebutuhan dan Macam Kebutuhan, Kebutuhan manusia dibahas secara khusus dalam ilmu ekonomi. Apa itu kebutuhan? Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi oleh setiap manusia agar manusia dapat mempertahankan kehidupannya. Dalam pengertian yang lain, kebutuhan adalah hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan barang atau jasa yang dapat memberikan kepuasan bagi jasmani dan rohani demi kelangsungan hidupnya. Sehingga, kebutuhan diartikan juga sebagai keinginan untuk mendapatkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dengan disertai kemampuan membayarnya, sebab jika kebutuhan tidak terpenuhi maka akan membawa efek negatif.

Pengertian Kebutuhan Macam Kebutuhan
Pengertian Kebutuhan Macam Kebutuhan
Kebutuhan adalah hal-hal mendasar yang dibutuhkan makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Kebutuhan manusia, baik berupa barang maupun jasa sangat banyak jumlahnya. Begitu bermacam-macamnya kebutuhan manusia sehingga kebutuhan perlu dikelompokkan. Macam-macam kebutuhan dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat kepentingannya, waktu pemenuhannya, sifatnya, dan penggunaannya.

Macam-macam kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya dapat dibedakan atas kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
  • Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi pemuasannya agar manusia dapat menjaga kelangsungan hidupnya dengan baik. Kebutuhan yang tergolong dalam kebutuhan primer adalah makan dan minum (pangan), pakaian (sandang), dan perumahan (papan).
  • Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan atau pelengkap yang pemuasannya dapat ditunda. Kebutuhan yang tergolong dalam kebutuhan sekunder adalah olahraga, hiburan, radio, dan televisi. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder, manusia bisa hidup lebih baik, lebih senang, dan lebih beradab.
  • Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi benda yang tergolong mewah atau luks. Kebutuhan tergolong dalam kebutuhan tersier adalah mobil, intan berlian, dan vila.
Macam-macam kebutuhan manusia menurut waktu pemenuhan dapat dibedakan atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.
  • Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan mendesak dan sangat penting yang harus dipenuhi saat itu juga. Contohnya adalah makan dan minum ketika lapar, obat ketika sakit, atau payung ketika hujan.
  • Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemuasannya tidak harus dilakukan sekarang dan bisa ditunda hingga masa yang akan datang. Contohnya adalah rekreasi (berlibur ke Bali). 
Macam-macam kebutuhan manusia menurut sifatnya dapat dibedakan atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
  • Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi agar jasmani manusia bisa berfungsi dengan baik. Kebutuhan jasmani umumnya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi benda yang berwujud, seperti makan, minum, pakaian, rumah, sepeda, arloji, dan sepatu.
  • Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi agar rohani atau mental manusia bisa berfungsi dengan baik. Kebutuhan rohani umumnya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi benda tak berwujud, seperti pendidikan, agama, dan hiburan.
Macam-macam kebutuhan manusia menurut subjeknya dapat dibedakan atas kebutuhan pribadi dan kebutuhan sosial.
  • Kebutuhan pribadi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi berdasarkan selera atau pilihan pribadi. Contohnya, Afdan membutuhkan sepatu hitam, sedangkan Wawan membutuhkan sepatu putih.
  • Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan bersama, mulai dari keluarga hingga masyarakat. Contohnya, kebutuhan akan jembatan penyeberangan, jalan raya, atau listrik.
Sekian uraian tentang Pengertian Kebutuhan Macam Kebutuhan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kebutuhan Macam Kebutuhan"