Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Peraturan Pertandingan Bulu Tangkis (Badminton)



Peraturan Permainan BuluTangkis (Badminton) - Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan atau ganda. Permainan atau olah raga ini  bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama / balik.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/peraturan-pertandingan-bulutangkis.html

Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai tunggal maupun ganda  menggunakan sistem perhitungan 3 × 21 reli poin. Dapat dikatakan menang jika pemain tunggal maupun ganda yang memenangkan dua set pertandingan. Sistem perhitungan poin pada bulu tangkis telah mengalami banyak perubahan, mulai dari sistem klasik yaitu pindah bola 15 poin sampai sistem terbaru, sistem reli 21 poin. Peraturan permainan bulu tangkis meliputi beberapa diantaranya peraturan tempat, alat dan  permainan.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/peraturan-pertandingan-bulutangkis.html
  • Peraturan Lapangan Bulu Tangkis

Berdasarkan peraturan bulu tangkis, dan bentuk lapangan bulutangkis adalah persegi panjang dengan ukurannya adalah berikut:
Pangjang                          : 13, 40 m
Lebar                                : 6, 10 m
Lebar garis pembatas   : 5 cm

  • Jaring Net

Jaring netnya terbuat dari tali halus yang memilik ukuran adalah:
Panjang            : 6,10 m
Lebar                :  0,75 m
Tinggi               : 1, 525m
Di sepanjang net diberi pita dengan lebar 5 cm

  • Bola (shuttlecock)

Kok bulu tangkis dibuat dari bulu angsa atau yang sejenisnya dengan ukuran sebagai berikut:
Panjang bulu         : 60 sampai 70 mm
Diameter gabus   : 25 sampai 28 mm
Garis tengah ujung lingkaran bulu : 54 mm
Jumlah bulu        : 14 sampai 16 helai
Berat bola             : 4,7 sampai 5,5 gram

  • Pengundian

Sebelum permainan dimulai, seorang wasit melakukan pengundian terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang pertama berhak melakukan servis.
Servis adalah pukulan bola pertama mengawali pertandingan telah dimulai. Dalam servis di dalam permainan bulu tangkis ada aturannya sebagai berikut: Apabila pukulan servis yang dilakukan oleh penyaji servis tidak dapat dikembalikan oleh penerima servis. Penyaji servis tersebut mendapat tambahan nilai satu angka. Apabila penerima servis bisa mengembalikan shuttlecock dengan sempurna /baik dan penyaji servis gagal mengembalikannya terus penyaji servis tidak mendapat nilai

  • Jumlah Nilai Point

Jumlah nilai dalam pertandingan byulu tangkis adalah 15, jika tidak mengalami deuce. Hal itu berlaku pada permainan tungal putra dan ganda yaitu ganda putra, putri dan campuran.
Jumlah nilai dalam pertandingan tunggal putrid adalah apabila tidak terjadi deuce adalah 11. Apabila terjadi deuce pada skor 13, maka akan diberi tambahan angka 5  jika terjadi deuce pada angka 14 maka dilakukan penambahan 2 angka.
Untuk permainan tunggal putri, jika deuce terjadi yaitu pada angka 9, dilakukan penambahan angka 3 dan jika terjadi deuce pada angka 10, maka dilakukan penambahan 2 angka.

  • Bentuk Permainan
1. Permainan Tunggal

Dalam permainan bulu tangkis khususnya untuk tunggal, baik tunggal putra atau tunggal putri, garis lapangan yang dipakai adalah garis dalam bagian pinggir lapangan dan garis luar untuk garis yang berada di belakang.

2. Permainan Ganda
Dalam permainan ganda, garis yang dipakai untuk pinggir adalah garis yang sebelah luar, sedangkan garis belakang adalah garis yang bagian dalam.  Dalam permainan bulu tangkis ada ganda putra, ganda putrid serta ganda campuran. Untuk ganda campuran adalah pasangan bulu tangkis yang terdiri dari pemain putra dan putri. Demikian Peraturan permainan bulu tangkis (badminton)

Posting Komentar untuk "Peraturan Pertandingan Bulu Tangkis (Badminton)"