Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Asteroid Vesta, Up Close & Personal

Asteroid Vesta bergaris tengah sekitar 500 km. Ini hampir sama panjang dengan pulau jawa. Jadi ini adalah batu yang sangat besar. Vesta juga adalah rumah bagi beberapa tebing yang paling mengesankan dalam Tata Surya. Vesta adalah obyek paling massif nomor dua setelah Cere, di sabuk asteroid yang terletak antara Mars dan Jupiter.


Pesawat ruang angkasa robotik, Dawn, mulai mengorbit di asteroid ini, sejak tanggal 15 juli 2011, membuat foto foto resolusi tinggi dari permukaan vesta yang bergelombang, berkawah, dan melakukan beberapa pengukuran scientific lainnya.

Dalam gambar di bawah ini, dekat pusat gambar adalah tebing yang sangat dalam memanjang sekitar 20 kilometer dari atas ke bawah.


Topografi dari lereng curam dan sekitarnya menunjukkan bahwa longsor besar mungkin pernah terjadi menuruni lereng ini. Asal muasal lereng curam ini tetap tidak diketahui, tetapi bagian dari tebing itu sendiri harus cukup tua karena beberapa kawah telah muncul di dalamnya, sejak lereng tsb tercipta.

NASA juga merilis animasi asteroid vesta dalam format 3D. Video dimulai dengan global view dari Vesta di bidang ekuator, di mana sebuah pita linier misterius dari pegunungan dan lembah dapat dilihat. Film ini kemudian membawa kita terbang ke kawah muda di belahan bumi utara, yang memiliki alignment yang aneh, sehingga menyebabkan beberapa ilmuwan menjulukinya dengan julukan "Snowman." Tour virtual dari Vesta ini juga memperlihatkan kawasan di sekitar sebuah gunung besar di kutub selatan Vesta yang tingginya sekitar 16 mil (25 kilometer), atau dua kali lebih tinggi dari Gunung. Everest.

Posting Komentar untuk "Asteroid Vesta, Up Close & Personal"