Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, Dan Haoshoku Haki?

 Haki ialah sebuah kekuatan misterius di dalam anime  Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki?

Haki ialah sebuah kekuatan misterius di dalam anime One Piece. Bisa dibilang semua orang mempunyai kekuatan Haki dalam dirinya, hanya saja tidak semua orang punya potensi untuk menguasainya.

Istilah Haki bergotong-royong sudah diperlihatkan semenjak episode awal One Piece dimana ketika itu Shanks menyelamatkan Luffy yang akan dimakan monster laut. Dengan tatapan tajamnya, Shanks bisa menciptakan monster tersebut ketakutan dan lalu pergi. Hanya saja ketika itu belum dikenalkan apa itu Haki, jadi banyak fans menganggapnya sebagai kekuatan misterius.

Penggunaan Haki kembali diperlihatkan ketika memasuki arc Skypiea dimana Enel memakai Kenbunshoku Haki untuk memprediksi serangan yang diluncurkan Luffy kepadanya. Penjelasan Haki secara lengkap gres ditunjukkan oleh Rayleigh ketika berada di daerah pelelangan insan di pulai Sabaody.

Penjelasan dan Jenis Haki

Haki sendiri dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki. Apa sih artinya?

1. Busoshoku Haki

 Haki ialah sebuah kekuatan misterius di dalam anime  Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki?

Bushoshoku atau yang lebih sering disebut 'koka' ialah sebuah kekuatan pertahanan dimana penggunanya bisa mengeraskan bab tubuhnya. Ingat scene dimana Luffy menghancurkan Pacifista hanya dengan satu pukulan saja? Saat itu Luffy memakai Busoshoku Haki yang dikombinasikan dengan Gear 2 dalam pukulannya, atau ketika melawan Hody Jones di pulau insan ikan.

Pengerasan bab badan sanggup dikontrol sesuka penggunanya. Bisa di tangan, kaki, kepala, atau bahkan seluruh tubuh. Hanya saja seringnya cuma dipakai di bab tertentu saja yang ketika itu dibutuhkan. Misal ingin memukul, berarti yang dikeraskan ialah tangan. Begitu seterusnya.

Penggunaan Busoshoku secara penuh gres sekali diperlihatkan oleh Vergo ketika dirinya melawan Trafalgar Law di Punk Hazzard. Ya, walaupun ia tetap harus kalah oleh tebasan Law.

Pengguna Bushoshoku Haki:
  • Monkey D. Luffy
  • Monkey D. Garp
  • Vergo
  • Bellamy
  • Doquixote Doflamingo

2. Kenbunshoku Haki

 Haki ialah sebuah kekuatan misterius di dalam anime  Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki?

Kenbunshoku ialah sebuah kekuatan yang memungkinkan penggunanya memprediksi serangan lawan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kekuatan ini pertama kali dipakai oleh Enel melawan Luffy. Saat itu, Enel bisa menghindari seluruh tinju dari Luffy. Untuk mengatasinya, Luffy melaksanakan serangan yang diluncurkan secara acak biar tidak bisa diprediksi.

Tingkat kekuatan dari Kenbunshoku Haki ini tergantung dari seberapa jauh pengguna mengembangkannya. Sampai sekarang, Katakuri saya nobatkan sebagai pengguna Kenbunshoku Haki terkuat di One Piece. Dengan latihan yang intens, Katakuri bisa menyebarkan Kenbunshoku miliknya ke level yang lebih tinggi dimana ia bisa melihat sekilas masa depan.

Pengguna Kenbunshoku Haki:
  • Monkey D. Luffy
  • Charlotte Katakuri
  • Enel
  • Aisa
  • Rebecca

3. Haoshoku Haki

 Haki ialah sebuah kekuatan misterius di dalam anime  Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki?

Berbeda dari keduanya, Haoshoku ialah tipe Haki yang tidak dimiliki oleh semua orang. Hanya orang-orang terpilih yang bisa memakai kemampuan ini. Haoshoku Haki mempunyai kekuatan untuk mengintimidasi lawannya. Itulah kenapa tipe ini sering disebut juga Haki Raja.

Mereka yang menguasai Haoshoku Haki bisa mengalahkan ribuan orang sekaligus dalam satu waktu. Jika kau masih ingat arc Marineford dimana Luffy menyelamatkan Ace, disitu ada satu adegan yang mengatakan Luffy memakai Haoshoku Haki.

Tidak sembarangan orang yang bisa menguasai kekuatan ini, hanya mereka yang mempunyai semangat juang luar biasa saja yang bisa menggunakannya.

Pengguna Haoshoku Haki
  • Monkey D. Luffy
  • Silver Raileygh
  • Shanks
  • Portgas D. Ace
  • Boa Hancock
Bagaimana, sudah mengerti kan wacana apa itu Haki?

Posting Komentar untuk "Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, Dan Haoshoku Haki?"