Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Beda Quartz dan Berlian

Tak sedikit orang yang sulit untuk membedakan mana berlian asli atau bukan. Pasalnya, ada beberapa perhiasan yang menggunakan zircon (berlian tiruan) yang harganya lebih murah. Selain itu, bagi orang yang kurang mengerti berlian tentu akan sulit untuk membedakannya.

Namun, kali ini ORORI tak akan membahas tentang zircon, tetapi perbedaan berlian dengan quartz. Apa itu quartz dan apa yang membuatnya berbeda dengan berlian? Yuk, simak lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Quartz atau yang biasa disebut dengan Kuarsa merupakan salah satu mineral yang termasuk penting di bumi. Tak hanya itu, quartz termasuk salah satu kelompok batu permata yang paling populer dan merupakan mineral kedua yang paling banyak ditemukan di bumi ini. Berbeda dengan berlian yang keberadaan berlian termasuk langka, bahkan ada beberapa jenis berlian yang hanya ditemukan di beberapa tempat saja.

Hal ini lah yang membuat berlian berbeda dengan quartz. Berlian tanpa warna termasuk salah satu jenis berlian yang langka atau sulit ditemukan diberbagai tempat. Berlian langka lainnya yang sulit ditemukan adalah berlian warna ungu, biru, hijau, atau merah tua.

Sedangkan quartz mudah ditemukan dalam berbagai warna seperti, putih, cokelat, ungu, serta beberapa warna lainnya. Perbedaan lain antara berlian dan quartz adalah jika berlian memiliki tingkat kekerasan 10 Mohs, sedangkan quartz hanya mencapai 7 Mohs.
HBAD-381 Wakana Nao http://destyy.com/wqA7uZ 
Quartz sendiri memiliki nama lain yaitu, Silica, Crystalline Quartz atau yang biasa disebut dengan Macrocrystalline Quartz dan Alpha Quartz atau High Quartz. Tak hanya hadir dengan beragam nama, quartz pun hadir dengan lebih dari ratusan varietas seperti Chalcedony – Microcrystalline, Citrine, Amethyst, Rose Quartz, Rock Crystal, Smoky Quartz, Milky Quartz, dan beberapa jenis lainnya.

Perbedaan lain antara berlian dan quartz adalah dari sisi kegunaan. Jika berlian hanya digunakan untuk industri perhiasan saja, hal tersebut berbeda dengan quartz. Quartz sendiri memiliki banyak kegunaan, misalnya saja seperti digunakan untuk elektronik, jam tangan, komputer dan barang-barang perdagangan yang terkenal. Dan, quartz banyak digunakan pada jam tangan, maka tak sedikit orang yang lebih mengenal squartz di jam tangan.

Dari beberapa perbedaan tersebut, tentunya quartz hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga berlian yang tergolong sangat mahal. Ketersediaan dan kemudahan untuk menemukan quartz di bumi membuatnya hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, jika Anda masih mengharapkan kualitas yang tinggi untuk sebuah perhiasan, maka berlian tetap menjadi pilihan terbaik.

Posting Komentar untuk "Beda Quartz dan Berlian"