Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Melakukan Kombinasi Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu

Belajar cara melakukan kombinasi gerakan renang gaya kupu-kupu merupakan salah satu gaya renang yang diperlombakan dalam olimpiade. Gaya ini hampir mirip dengan gaya dada, dengan posisi dada menghadap kebawah, lalu kebelakang, dan digerakan ke arah luar. Gaya kupu-kupu juga, termasuk gerakan yang tak pernah ketinggalan untuk dilakukan dalam berenang. Dalam gaya kupu-kupu ini diperlukan konsentrasi yang penuh, selain itu harus dengan pemanasan awal.
Gaya kupu-kupu juga memberikan sensasi yang menyegarkan dan menyehatkan, selain itu pikiran akan lebih fresh.  Dalam gaya kupu kupu terdapat beberapa gerakan penting tang di lakukan oleh kaki dan tangan seperti berikut ini.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/kombinasi-gerakan-renang-kupu-kupu.html

Gerakan kaki pada gaya kupu kupu
Pada gaya kukup, kaki dan bagian paha  haruslah lurus tidak boleh di tekuk, dan posisi kaki kanan dan kiri harus bersejajar dan berdekatan. Lalu gerakan kedua kaki dengan cara bersamaan ke atas bagian air yang menyebabkan adanya dorongan untuk badan kearah depan. Lakukan gerakan kaki tersebut secara terus menerus sehingga tubuh dapat terdorong dan berpindah posisi hingga mencapai tujuan.

Gerapakan tangan pada gaya kupu kupu
Selain kaki yang harus bergerak, bagian tangan pada gaya kupu kupu juga harus aktif bergerak untuk mendapatkan dorongan untuk tubuh. Pertama, posisikan kedua tangan anda lurus kearah depan dengan kedua bagian tangan berdekatan dan sejajar namun tak perlu menempel satu sama lain. Lalu tarik tangan secara bersamaam kea rah belakang untuk mendapatkan dorongan dari air, selanjutnya angkat tangan secara bersamaan kea rah bagian luar air atau ke udara. Selanjutnya ayunkan lagi kedua tangan anda secara bersamaan kearah bagian dalam air. Lakukan secara terus menerus hingga mencapai tujuan.

Kombinasi gerakan tangan dan kaki serta pengambilan nafas
Untuk selanjutnya adalah gerakan kombinasi antara tangan, kaki dan bagian kepala saat pengambilan nafas. Gerakan kedua tangan kebagian bawah secara bersamaan, dalam waktu yang sama gerakan pula kedua kaki kebagian atas, sehingga kaki dan tangan bergerak kearah yang bertentangan. Dan saat itulah naikan sedikit kepa ke bagian atas untuk melakukan pengambilan nafas. Lakukan hal tersebut secara bergantian secara terus menerus sehingga membuat tubuh terdorong ke bagian depan dan mencapai tujuan.

Setelah belajar cara melakukan kombinasi gerakan renang gaya kupu-kupu di atas secara teori, maka semoga anda dapat mempraktekkan gaya kupu kupu dengan cara yang tepat sesuai dengan teknik berenang gaya kupu kupu itu sendiri. Dengan teknik dan gerakan yang tepat, maka tentunya gerakan anda dalam air akan memberikan manfaat tersendiri dan tentunya anda akan mendapatkan banyak manfaat dari renang gaya kupu kupu itu sendiri.  

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Kombinasi Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu"