Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Kue Sagon Panggang

Kue sagon panggang ini mirip dengan kue sagon kelapa, terutama dari bahan-bahan dasarnya berupa kelapa parut dan tepung sagu atau ketan. Perbedaannya terletak pada penggunaan bahan margarin. Kue sagon panggang ini menggunakan margarin, sedangkan pada kue sagon kelapa tidak dipakai margarin.

Perbedaan lainnya, adonan kue sagon kelapa terlebih dahulu dicetak dalam cetakan oval, baru kemudian dipindahkan ke loyang untuk dipanggang. Sementara adonan kue sagon panggang, setelah tercampur rata, langsung dituangkan pada loyang kemudian dipanggang. Setelah matang baru dipotong-potong dengan bentuk persegi panjang. Kue sagon panggang ini merupakan salah satu kue kering yang sering disajikan pada saat hari raya Idul Fitri.

Kue Sagon Panggang

BAHAN :
500 gr tepung sagu
350 gr kelapa parut
250 gr gula pasir
150 gr margarin
1 kuning telur
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam

CARA MEMBUAT :
1. Kocok margarin sampai berwarna pucat. Masukkan kuning telur, kocok rata, sisihkan.
2. Dalam wadah lain, campur semua bahan kecuali tepung sagu, remas-remas sampai gula larut. Masukkan tepung sagu, campur rata, lalu masukkan campuran margarin dan telur, aduk rata.
3. Panaskan oven dengan suhu 160 °C. Tuang dan tipiskan adonan setebal +- 4 mm pada loyang yang diolesi margarin. Gurat-gurat dengan pisau tajam membentuk segi empat berukuran 4x6 cm.
4. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang dan kecokelatan. Angkat, gurat kembali dengan pisau selagi kue masih panas dan lunak, agar mudah dilepaskan.

Posting Komentar untuk "Kue Sagon Panggang"