Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Tips Menjaga Kesehatan Lambung-  Lambung yang sehat membuat tubuh terpenuhi nutrisinya, sistem pengobatan (jika sedang menjalani proses pengobatan) juga lebih lancar, dan tentu saja aktifitas apapun yang dilakukan juga semakin lancar. Selain itu jika kesehatan lambung dijaga juga akan menjaga lambung tetap sehat dalam waktu yang lama bahkan seumur hidup. Tips Menjaga Kesehatan Lambung memang perlu diketahui dan diterapkan. Pasalnya lambung yang sehat akan berpengaruh terhadap proses penyerapan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu lambung yang bermasalah bisa menyebabkan beberapa penyakit yang bisa menganggu aktifitas. Salah satunya penyakit maag yang seringkali menimbulkan rasa sakit pada lambung akibat pola makan yang kurang teratur.

Tips Menjaga Kesehatan Lambung bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan yang baik ketika mengonsumsi makanan sehari-hari. Dan beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya :

– Makan yang dilakukan sebaiknya memang tepat untuk lambung. Jangan pernah mengonsumsi makanan dengan cepat atau terburu-buru. Makan dengan terburu-buru membuat makanan tidak dikunyah dengan baik. Alhasil membuat lambung bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan. Sebaiknya makanan dikunyah dengan lembut baru kemudian ditelan. Sehingga kinerja lambung lebih mudah dan tidak terganggu. Jangan lupa setiap makan tidak menyelinginya dengan minum karena membuat perut merasa kenyang padahal belum benar-benar kenyang. Selain itu agar proses pencernaan tidak terganggu setelah makan jangan langsung tidur atau melakukan aktifitas berat. Tetapi disarankan untuk melakukan aktifitas ringan.

– Makan sebaiknya memenuhi setiap nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi dari makanan seperti vitamin dan mineral diperlukan tubuh sehingga bisa memperlancar aktifitas yang dilakukan. Selain itu tubuh tetap sehat dan bugar serta tidak lemas atau kekurangan energi.

– Makan sebaiknya tepat waktu. Tepat waktu bisa dipahami juga makan dengan teratur dengan waktu makan yang sama. Sebaiknya jangan membiasakan mengonsumsi makan ketika perut sangat lapar. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum merasa kenyang adalah cara paling tepat. Membuat jadwal makan adalah pilihan tepat. Hal ini akan membantu lambung memiliki kebiasaan yang tepat dalam mencerna makanan sehingga bisa terserap lebih maksimal.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan lambung. Perlu diingat pula jangan terlalu lama membuat lambung kosong. Makan tepat waktu dan mengonsumsi makanan selingan atau camilan juga diperlukan. Namun sebaiknya camilan yang dikonsumsi adalah buah-buahan, agar-agar, kacang-kacangan yang direbus atau dipanggang dan hindari camilan instan seperti keripik, snack, gorengan, permen, dan sebagainya. Semoga beberapa informasi mengenai Tips Menjaga Kesehatan Lambung bisa membantu menjaga kesehatan maupun kinerja lambung Anda dan keluarga.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Lambung"