Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Membuat dan Resep Kue Lumpur Kentang

Kue lumpur merupakan kue tradisional nusantara yang menjadi salah satu sajian wajib di berbagai acara adat tradisional masyarakat Indonesia. Kue lumpur juga merupakan kue jajanan pasar dan kudapan yang favorit, terutama dikarenakan tekstur kuenya yang lembut ditambah aroma vanili atau pandan yang wangi.

Penggunaan bahan kentang, "cream butter" (mentega berbahan dasar krim susu), dan kismis serta vanili mengisyaratkan bahwa kue lumpur kentang ini termasuk salah satu kue nusantara yang mendapat sentuhan cita rasa Barat. Bisa jadi justru sebaliknya, kue lumpur kentang adalah kue bercita rasa Barat yang mendapat sentuhan tradisional nusantara karena penggunaan bahan santan. Penggunaan kentang rebus yang sudah dihaluskan ini dimaksudkan untuk menghasilkan tekstur kue lumpur yang lembut dan halus. Kue lumpur dengan bahan kentang ini menjadi salah satu variasi dari sekian banyaknya kue lumpur yang dibuat dengan beraneka bahan lain.

Bahan dan cara untuk untuk membuat kue lumpur kentang ini cukup sederhana sehingga kue lumpur kentang ini bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin membuat sendiri kue untuk berbuka puasa bersama keluarga di bulan Ramadhan ini. Selain itu, kue lumpur kentang juga bisa disajikan sebagai kue untuk menjamu kerabat dan tamu di saat perayaan hari kemenangan Idul Fitri nanti.

Kue Lumpur Kentang

BAHAN :
150 gr tepung terigu
1/2 kg kentang
150 gr gula
4 buah telur
1,5 cup santan, tambahkan 1 sdt garam, rebus
2 sdm "cream butter" cair
Kismis secukupnya
Vanili secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Kukus kentang, hancurkan dan kocok hingga halus. Campur dengan tepung terigu, gula. Masukkan santan panas sambil diaduk, kemudian masukkan telur satu per satu sambil dikocok pelan-pelan, beri mentega cair dan vanili.
2. Lumuri cetakan kue lumpur dengan mentega, kemudian tuangkan adonan sampai penuh dan beri kismis.
3. Oven sampai kuning.

Untuk : +/- 10 buah

NB : Takaran 1 cup untuk bahan cairan 250 ml. Jadi 1 1/2 cup santan pada resep di atas = 375 ml santan.

"Cream butter" adalah mentega yang berbahan dasar krim dari susu, berbeda dengan mentega yang biasanya berbahan dasar lemak hewani.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Resep Kue Lumpur Kentang"