Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Fenomena Misterius Pembungaan Bambu

Bambu adalah tanaman yang tumbuh tercepat di Bumi. Sebuah bambu yang khas tumbuh sebanyak 10 sentimeter dalam satu hari. Spesies tertentu tumbuh sampai satu meter selama periode yang sama, atau sekitar 1 milimeter setiap 2 menit. Anda benar-benar dapat melihat tanaman itu tumbuh di depan mata Anda. Sebagian besar spesies bambu mencapai kematangan hanya dalam 5 sampai 8 tahun. Bandingkan dengan kayu keras populer lainnya yang nyaris tidak tumbuh satu inci dalam seminggu. Pohon seperti oak, dapat memakan waktu hingga 120 tahun untuk mencapai kematangan. Tapi dalam hal berbunga, bambu mungkin adalah salah satu tanaman yang paling lambat di dunia.



Berbunganya bambu merupakan fenomena menarik, karena merupakan kejadian yang unik dan sangat langka di kerajaan tumbuhan. Kebanyakan bambu berbunga sekali setiap 60-130 tahun. Interval berbunganya yang lama hingga kini tetap merupakan misteri bagi banyak ahli botani.

Pembungaan massal yang paling lama periodenya adalah bambu dari spesies Phyllostachys bambusoides. Spesies ini menunjukkan perilaku aneh lainnya - mereka semua berbunga pada saat yang sama, di seluruh dunia, terlepas dari lokasi geografis dan iklim, sepanjang mereka berasal dari pohon induk yang sama. Kebanyakan bambu adalah seperti itu - mereka adalah 'divisi' yang diambil dari pohon induk yang sama di suatu titik. Divisi ini kemudian dibagi lagi dari waktu ke waktu dan dibagi ke seluruh dunia. Meskipun divisi-divisi sekarang berada di lokasi yang berbeda secara geografis, mereka masih membawa genetik yang sama. Jadi, ketika tanaman bambu katakanlah, di Amerika Utara berbunga, tanaman yang sama di Asia akan melakukan hal yang sama di sekitar waktu yang sama. Seolah-olah masing-masing tanaman membawa jam internal yang berdetak sampai alarm berbunyi bersamaan. Fenomena berbunga massal ini disebut gregarius flowering (berbunga berkelompok).

Bambu berbunga di musim semi di taman di Roskilde, Denmark

Menurut salah satu hipotesis, evolusi dari pembungaan massal ini adalah untuk "mengenyangkan" predator, di mana pembungaan dan pembuahan dalam waktu yang bersamaan akan meningkatkan ketahanan populasi benih mereka dengan membanjiri area dengan buah sehingga predator akan memakan yang mereka butuhkan dan lalu meninggalkan biji-bijian yang tersisa untuk tumbuh menjadi tanaman baru. Dengan memiliki siklus berbunga lebih lama dari umur predator, yaitu tikus, bambu dapat mengatur populasi hewan dengan menyebabkan kelaparan selama periode antara peristiwa berbunga. Hipotesis ini masih tidak menjelaskan mengapa siklus berbunga adalah 10 kali lebih lama dari umur tikus lokal.

Bunga bambu dan buah.

Setelah spesies bambu telah mencapai harapan hidupnya, telah berbunga dan menghasilkan biji, tanaman akan mati, memusnahkan seluruh petak hutan selama beberapa periode tahun. Satu teori adalah bahwa produksi benih membutuhkan sejumlah besar energi yang menekan tanaman bambu sedemikian rupa sehingga mereka mati. Teori lain menunjukkan bahwa tanaman ibu mati untuk menyediakan ruang bagi bibit bambu.

Peristiwa berbunga massal juga menarik predator, terutama tikus. Ketersediaan buah yang tiba-tiba dalam jumlah besar di hutan mendatangkan puluhan juta tikus lapar yang memakan, tumbuh dan berkembang biak pada tingkat yang mengkhawatirkan. Setelah mereka melahap buah bambu, tikus-tikus mulai mengkonsumsi tanaman pangan lain - baik yang disimpan maupun yang masih di ladang. Oleh karenanya, peristiwa berbunganya bambu hampir selalu diikuti oleh kelaparan dan penyakit di desa-desa di dekatnya. Di timur laut negara bagian India, Mizoram, peristiwa menyeramkan, terjadi hampir setiap 48 sampai 50 tahun, ketika spesies bambu Melocanna baccifera berbunga dan berbuah. Fenomena ini terakhir terjadi pada tahun 2006 hingga 2008, dikenal dalam bahasa lokal sebagai Mautam atau "kematian bambu."

Seekor tikus hitam sedang memakan jagung di sebuah ladang dekat desa Zamuang di timur laut Mizoram

Spesies bambu Fargesia nitida, berbunga tiap 120 tahun sekali

Bambu yang sedang berbunga

Posting Komentar untuk "Fenomena Misterius Pembungaan Bambu"