Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Jenis-jenis Fiksi Beserta Contohnya


Fiksi atau teks fiksi merupakan karya sastra yang berisi cerita rekaan, atau kisah berdasarkan angan-angan (imajinasi) seorang pengarang atau penulis. Jadi fiksi bukan berdasarkan kejadian nyata, hanya berdasarkan imajinasi atau khayalan.
Ilustrasi.
Cerita fiksi biasanya berdasarkan sejarah, kejadian atau pengalaman hidup sang penulis atau orang lain yang dibumbui dengan imajinasi-imajinasi dari penulisanya.

Berikut jenis-jenis fiksi: 

1. Novel, yaitu suatu karangan fiksi yang menceritakan seorang tokoh utama dengan pro dan kontra di dalam ceritanya, mulai dari awal hingga akhir novel yang memiliki klimaks atau ending.

2. Cerita pendek (cerpen), yaitu suatu karang fiksi yang isinya jauh lebih sedikit ketimbang roman maupun novel. Akan tetapi, cerpen memiliki daya tarik tersendiri karena bisa menjadi pembelajaran awal bagi para penulis dalam membuat sebuah karya tulisan. Karya  sastra ini terdiri 2,000 kata namun diatas 7,500 kata. Batasan antara cerita pendek yang panjang dengan novel tidak begitu jelas.

3. Fabel, yaitu cerita fiksi yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Legenda, yaitu cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.

4. Roman, yaitu suatu karya fiksi yang menceritakan mengenai beberapa tokoh dalam alur ceritanya. Roman mengandung banyak hikmah dalam ceritanya dan cenderung mengarah pada cerita klasik.

5. Mitos atau mite, yaitu bagian dari suatu folklor yang berupa kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

6. Dongeng, yaitu bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi.

7. Epik atau epos atau disebut juga wiracerita adalah sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan.

8. Puisi naratif, yaitu puisi yang mengungkapkan cerita atau penjelasan penyair.

9. Sandiwara (termasuk opera, teater musikal, drama, permainan boneka, dan berbagai jenis tarian teatrikal).

Selain itu, fiksi juga dapat mencakup buku komik, dan berbagai kartun animasi, stop motion, anime, manga, film, permainan video, program radio, program televisi (komedi dan drama), dan lain sebagainya.

Contoh-contoh Fiksi

- Contoh Fiksi Novel

Karya sastra dalam bentuk Novel ada banyak sekali saat ini dan mudah kita temukan di toko buku. Beberapa contoh novel diantaranya:

- Dilan 1990
- Siti Nurbaya
- Tenggelamnya Kapal Vander Wick
- Ketika Cinta Bertasbih

Contoh Fiksi Cerpen

Contoh cerita pendek (cerpen) sering ditemukan di media cetak Indonesia, misalnya koran dan majalah. Berikut beberapa judul cerpen diantaranya:

- Oh Mama Oh Papa
- Cinta Tak Kunjung Tiba

Contoh Fiksi Roman

Karya sastra berbentuk roman sangat banyak, seperti roman petualangan, roman psikologis, roman percintaan, dan lain-lain. Beberapa contoh karya sastra berbentuk roman, diantaranya yaitu:

- Katak Hendak Jadi Lembu (Roman Psikologi)
- Gadis Empat Zaman (Roman Percintaan)
- Si Dul Anak Jakarta (Roman Anak dan Remaja)
- Neraka Dunia (Roman Pendidikan)
- Mencari Pencuri Anak Perawan (Roman Kriminal dan Detektif)

***

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Fiksi Beserta Contohnya"