Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Fungsi Menu Merge Pada Excel

Lekemede | Dalam tutorial belajar microsoft excel kali ini adalah mengulas tentang fungsi menu "Merge" yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel. Latihan kali ini sangat penting anda pelajari, karena kegunaan "Merge" ini untuk memisahkan kolom dan menyatukan kolom agar sesuai dengan format kolom yang akan dibuat.

Nah untuk lebih jelasnya cara menggabungkan beberapa kolom disini saya lampirkan contoh gambar bergerak untuk pembuatan kolom menggunakan menu "Merge Center" sebagai berikut :




Dari banyaknya pembuatan data dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel terutama saat membuat data berupa tabel tak jarang kita harus menggabung beberapa tabel menjadi satu seperti misalnya untuk kolom pada judul dan sebagainya seperti pada gambar diatas.

Fungsi Menu Merge Pada Excel

Terdapat 4 Menu Merge dalam Microsoft Excel, menu tersebut berada dibawah "Merge & Center" adalah sebagai berikut:

1). Fungsi Merge & Center 

Berfungsi untuk menggabungkan beberapa cells yang digabung menjadi satu dan sekaligus mengubah format align-nya menjadi center secara otomatis (rata tengah).

2). Fungsi Merge Across 

Berfungsi untuk menggabungkan beberapa sel pada baris yang sama sekaligus, menjadi beberapa baris cells. 

3). Fungsi Merge Cells 

Berfungsi untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu namun format alignya tidak akan ikut berubah.

4). Fungsi Unmerge Cells 

Berfungsi untuk mengembalikan sel yang telah digabungkan menjadi seperti semula.
Sekian tutorial cara menggunakan fungsi Menu Merge pada Excel. Untuk latihan excel kali ini anda bisa melakukan uji coba pada menu Merge Across, Merge Cells dan Unmerge Cells dengan begitu anda bisa mendapat pelajaran terbaru dari diri anda sendiri. Selamat Mencoba dan Ikuti terus Blog ini agar mendapat pemberitahuan otomatis untuk artikel Microsoft Excel lainnya.. lekemede.com

Posting Komentar untuk "Fungsi Menu Merge Pada Excel"