Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Mengatur Margin Ukuran Kertas Pada Ms Word Plus Video

cara mengatur margin halaman pada ms word
Pengertian margin pada ms word adalah untuk mengubah suatu ukuran contohnya ukuran kertas yang dibuat custom. Pada dasarnya pada ms word terdapat ukuran default (bawaan) ketika kita membuat lembar kerja baru. Ukuran standar kertas yang digunakan pun tergantung kebutuhan. Ukuran kertas standar yang digunakan biasa menggunakan ukuran Letter (qurto), A4, Legal (folio) dan A3.

Namun sudah menjadi standarisasi di perkuliahan jika anda akan membuat skripsi atau makalah biasanya harus menggunakan ukuran tertentu. Untuk skripsi biasanya menggunakan ukuran kertas Quarto dan A4 dengan ukuran margin pada sebelah kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm dan bawah 3 cm. 

Jika anda akan mengetik suatu data menggunakan ms word, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mengatur ukuran dan jenis kertas. Mengapa harus hal tersebut dilakukan ? Agar anda tidak perlu mengatur lagi ketika dokumen telah selesai dikerjakan. mengatur margin dan ukuran kertas akan menyebabkan dokumen yang telah diketik akan mengalami perubahan. Hal tersebut dikarenakan posisi ruang lembar kerja yang menjadi kecil atau semakin besar.

Cara Mengatur Margin Halaman

Jika ukuran semakin besar maka sebagian teks yang telah diketik akan naik keatas dan jika ukuran menjadi kecil maka teks tersebut akan turun kebawah. Berikut cara merubah ukuran margin di ms word :
  • Buat lembar kerja baru
  • Pilih Tab Menu Page Layout
  • Dalam Group Menu Pilih Size (ukuran kertas) terlebih dahulu.
  • Masih dalam group menu pilih Margin (scrool kebawah) pilih Custom.
  • Kemudian akan muncul pilihan pada group menu (Margin, Paper, Layout) pilih Margin.
  • Kemudian kalian masukan ukuran margin sesuai tugas yang diberikan misalnya : 
  1. Top (Atas) 4
  2. Bottom (Bawah) 3
  3. Left (Kiri) 4
  4. Right (Kanan) 3
Jika pengaturan default pada ms word menggunakan inch maka tambahkan ukuran cm (4 cm). Untuk agar supaya pengaturan default menjadi cm kalian bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul Cara Merubah Inchi ke Centimeter. Berikut video cara mengatur margin agar mudah di praktekan.

Demikian cara mengatur margin ukuran kertas pada ms word yang bisa admin share. Semoga Bermanfaat  ( SUMBER LEKEMEDE.COM)

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Margin Ukuran Kertas Pada Ms Word Plus Video"