Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Kumpulan Gambar Hewan di Australia


Fauna atau biasa disebut Dunia Hewan dimana mereka dapat hidup di belahan dunia manapun. Namun tidak semua hewan dapat hidup di semua habitat, terdapat hewan yang persebarannya di benua tertentu saja. Terdapat juga hewan langka dan sulit ditemui atau pun di ambang kepunahan. Maka dari itu kita sebagai pencinta dunia hewan ada baiknya menjaga keberlangsungan hidup mereka agar terjaga dan tetap hidup.

Di negara Australia sendiri terdapat banyak hewan yang jarang ditemui atau langka. Hewan ciri khas Australia sendiri terkenal dengan binatang Kanguru-nya. Berikut adalah gambar hewan atau fauna yang terdapat di negara Australia.

1. Platipus Australia

Hewan ini mempunyai nama Platipus termasuk hewan mamalia. Ciri khas hewan ini memiliki warna coklat tua, bertelur dan berbulu dengan memiliki cakar berselaput serta mempunyai paruh seperti Bebek namun paruhnya kenyal (tidak keras seperti Bebek).

Kumpulan Gambar Hewan di Australia
Platipus Australia (getty image by autralia.com)

Habitatnya sendiri berada di dalam lobang yang digali dengan cakarnya yang tersebar di tepi sungai. Mampu menyelam di dalam air selama kurang lebih 15 menit. Untuk mencari makanan menggunakan paruhnya yang memiliki ratusan sel penangkap listrik yang dapat mencium mangsanya seperi ikan. Keberadaan Platipus di Autralia dapat ditemukan sungai berarus kecil dan tenang seperti kawasan Pantai Timur Australia. 

Jika anda ingin melihat jenis hewan ini ketika mengunjungi Australia anda dapat mengunjungi salah satu taman cagar alama seperti Taman Nasional Great Otway Victoria di Great Ocean Road.

2. Setan Tasmania

Hewan Setan Tasmania adalah sejenis hewan masupial pemakan daging. Ciri khas dari setan tasmania ini berkepala lebar, bertubuh gempal, memiliki ekor tebal dan berbulu hitam sedikit kasar. Karena suaranya yang berdenyit dan menyeramkan maka oleh para pemukim yang berasal dari Eropa di beri nama Setan Tasmania. Hewan ini di ambang kepunahan karena telah di gerogoti oleh penyakit tumor wajah yang mematikan dan menjadikan salah satu hewan yang dilindungi.

Kumpulan Gambar Hewan di Australia
Setan Tasmania by Pixabay.com

3. Koala

Hewan berkantung tebal khas asal Australia ini diberi nama Koala. Hewan Koala hampir mirip dengan hewan Wombat tetapi koala memiliki bulu lebih tebal. Ciri khas lainnya dari Koala adalah hanya aktif dua jam sehari. Makanan khas Koala adalah daun Eukaliptus. Koala dapat ditemukan disepanjang pantai timur Australia yang memiliki iklim sedang.

Kumpulan Gambar Hewan / Fauna di Australia
Koala Australia (by Pixabay)

4. Kanguru

Hewan Kanguru adalah ciri khas negara Australia dimana gambarnya terdapat pada lambang Negara. Kangguru merupakan hewan sejenis mamalia dan makropod dan termasuk kedalam keluarga hewan Marsupial. Ciri khas Kanguru lainnya adalah satu-satunya hewan besar yang berjalan dengan melompat-lompat. Kanguru dewasa lebih sering berkelahi dengan menggunakan cakar depannya seperti layaknya manusia bertinju dan akan melakukan tendangan dengan kaki belakangnya.

 Gambar Hewan di Australia
Kanguru Australia (by Pixabay)

Terdapat 55 spesies kanguru yang persebarannya di seluruh negara Australia seperti di Pegunungan Alpen Australia Pebbly Beach dan Tasmania.

5. Walabi Australia

Nama Walabi sendiri berasal dari suku Aborigin Eora di Sydney. Nama Walabi merujuk pada 30 spesies hewan jenis makropod yang memiliki ukuran lebih kecil dari Kanguru dan Wallaro. Ciri khas dari hewan Walabi antara lain lebih gesit dan memiliki leher merah. Spesies Walabi Batu tinggal di wilayah bebatuan karena kakikya sudah beradaptasi dengan bebatuan yang dapat mencengkeram bebatuan dan tidak menggali serta hidup di kawasan terpencil seperti Taman Nasional Namadgi Australia.

Kumpulan Gambar Hewan di Australia
Walabi Australia (getty image australia.com)

6. Ikan Paus

Untuk daerah pantai Australia dihuni oleh Ikan Paus Humpback dan Southern Right. Ketika ikan paus bermigrasi anda dapat melihak ikan paus Humpback disepanjang pantai timur melewati Byron Bay dan Hervey Bay dari bulan Mei sampai dengan Bulan November. Anda bisa mendengarkan mereka bernyanyi melalu Hydrophone dan akrobat yang anggun.

 Gambar Hewan di Australia
Ikan Paus Humpback (by Pixabay)
Itulah beberapa nama dan gambar hewan atau fauna yang persebarannya terdapat di negara Australia. Jenis hewan yang terdapat di Australia juga ada di kebun Binatang Indonesia sebagai bentuk penyelematan dari kepunahan dan tangan-tangan jahil.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Gambar Hewan di Australia "