Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Klasifikasi Makhluk Hidup, Jenjang Takson Makluk Hidup

Klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup dalam takson berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri. Adapun manfaat dari klasifikasi, yaitu untuk mengetahui jenis organisme dan mengetahui hubungan kekerabatan antarorganisme yang beranekaragam.

Sistem klasifikasi makhluk hidup pertama kali dibuat oleh Carolus Linnaeus pada abad ke-18. Prinsip klasifikasi yang digunakan oleh Linnaeus adalah penglompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri dan pemberian nama dengan sistem tata nama ganda (binomial nomenclatur).

1. Proses Klasifikasi


Makhluk hidup dikelompokan berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya. Cara pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri morfologi, anatomi, dan fisiologi disebut sebagai klasifikasi sistem alami. Namun pengelompokan tersebut juga memperhatikan sejarah evolusi suatu makhluk hidup, sistem klasifikasinya disebut klasifikasi sistem filogeni. Adapun cara pengelompokan lainnya adalah klasifikasi sistem buatan, yaitu pengelompokan berdasarkan persamaan ciri morfologi yang mudah dilihat. Misalnya, kelompok pohon yang berbuah dan buahnya dapat dimakan seperti pohon nangka, dan pohon jambu.

2. Jenjang Takson Makhluk hidup

Kegiatan penglompokan makhluk hidup menghasilkan kelompok-kelompok takson (jamak=taksa). Banyak ataupun sedikitnya persamaan atau perbedaan ciri antar anggota suatu kelompok makhluk hidup akan menentukan jenjang takson dan juga menunjukkaan jenjang kekerabatannya.

Kelompok makhluk hidup yang anggotanya memiliki sedikit persaman berada pada jenjang takson yang lebih tinggi dibandingkan kelompok makhluk hidup yang anggotanya memiliki banyak persamaan. Semakin sedikit persamaan ciri pada makhluk hidup, semakin jauh kekerabatannya.

Contohnya, singa (Panthera leo), harimau (Panthera tigris), dan macan tutul (Panthera pardus) memiliki banyak persamaan ciri sehingga dikelompokkan dalam kelompok genus yang sama, yaitu Panthera (kelompok mamalia besar, buas, dan pemakan daging). Panthera juga memiliki banyak persamaannya dengan genus Felis, yaitu kelompok mamalia berambut halus, kecil, dan bertubuh lentur. Panthera dan Felis, membentuk famili Felidae. Famili Felidae, Canidae (suku anjing dan serigala), dan famili Ursidae (suku beruang), serta kelompok pemakan daging lain membentuk ordo Carnivora. Ordo Carnivora dan Rodentia (pengerat) membentuk kelas Mammalia.

Kelas Mammalia (mamalia), Aves (burung), Reptilia (reptil), Amphibia (amfibi), dan Pisces (ikan) membentuk filum Chordata (memiliki tulang belakang).


Jenjang takson makhluk hidup adalah sebagai berikut:
  1. Kingdom (kerajaan)
  2. Phylum (Filum) untuk hewan/Divisio (divisio) untuk tumbuhan
  3. Classis (kelas)
  4. Ordo (bangsa)
  5. Familia (famili/suku)
  6. Genus (marga)
  7. Species (spesies/jenis)



Posting Komentar untuk "Klasifikasi Makhluk Hidup, Jenjang Takson Makluk Hidup"