Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Mengatasi Kick Starter Motor Terasa Berat

Kemudahan dan murahnya harga alat transportasi saat ini memberikan dampak kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mayoritas masyarakat Indonesia saat ini mampu membeli kendaraan, terutama sepeda motor. Sepeda motor memiliki ukuran badan yang kecil dibandingkan dengan mobil sehingga bisa dengan lincah melaju pada medan yang sempit. Kendaraan sepeda motor memiliki banyak jenis, seperti motor matic dan motor bebek.

Metode untuk menyalakan mesin sepeda motor ini pada umumnya sama, yaitu bisa menggunakan starter electric atau menggunakan kick starter. Penggunaan starter electric memang lebih mudah dilakukan dibandingkan menggunakan kick starter. Hal ini karena starter electric tidak memerlukan banyak tenaga untuk dalam melakukannya. Namun, apabila terjadi masalah pada starter elektrik, peran kick starter akan di perlukan.

Fungsi dan Manfaat Kick Starter

Pada umumnya, kick starter saat ini difungsikan sebagai alternatif untuk menghidupkan motor, ketika starter electric mengalami gangguan. Ada beberapa manfaat penggunaan kick starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor, meliputi:

  • Penggunaan komponen aki motor menjadi tidak boros.
  • Membuat komponen mesin motor berfungsi dengan baik karena gerakan dan getaran yang di hasilkan.
  • Sirkulasi oli dalam mesin terjaga dengan baik.

Penggunaan kick starter yang jarang digunakan, akan membuatnya menjadi terasa berat ketika digunakan. Hal ini karena terdapat beberapa masalah pada tuasnya.

Penyebab dan Solusi Kick Starter Terasa Berat

Ada beberapa faktor yang membuat kick starter menjadi terasa berat. Faktor-faktor itu meliputi:

1. Kurangnya Pelumas Pada Kick Starter

Kick starter yang terasa berat bisa jadi karena kurangnya pelumas sehingga membuat kick starter menjadi kering. Selain itu, kick starter juga bisa menjadi berkarat. Hal ini bisa membuat motor menjadi sulit dinyalakan.

Solusinya:
Anda bisa memberikan pelumas atau oli pada kick starter, agar bisa menjadi licin kembali dan karat yang ditimbulkan menjadi hilang. Dengan demikian, kick starter pada sepeda motor Anda tidak akan terasa berat.

2. Klep yang Kotor

Komponen pada sepeda motor, khususnya pada kick starter adalah klep. Klep merupakan bagian yang fungsinya untuk jalan keluar dan masuknya gas saat terjadi proses pembakaran. Klep juga berfungsi sebagai tempat keluarnya sisa hasil pembakaran.

Ketika kick starter jarang digunakan, maka produksi pembakaran tetap ada. Sehingga, sisa kotoran hasil pembakaran akan menumpuk dan mengendap pada bagian klep motor. Hal ini yang menjadikan kick starter menjadi terasa berat.

Solusinya:
Anda dapat membersihkan bagian klep motor secara rutin. Hal ini baik dilakukan karena kotoran tidak akan mengendap pada komponen tersebut. Selain itu, jenis bahan bakar yang digunakan pada kendaraan bermotor Anda juga akan memengaruhi kotoran sisa pembakaran yang dihasilkan. dalam kandungan bahan bakar kendaraan terdapat istilah yang disebut bilangan oktan.

Semakin rendah bilangan oktan pada bahan bakar kendaraan maka produksi kotoran sisa hasil pembakaran akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin tinggi bilangan oktan maka produksi kotoran sisa hasil pembakaran pada kendaraan akan semakin sedikit. Sehingga, untuk menjaga klep motor anda tetap terjaga, Anda bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki bilangan oktan tinggi.

3. Sepeda Motor Jarang Digunakan

Tidak heran apabila kick starter menjadi terasa berat akibat sepeda motor jarang digunakan. Hal ini tidak berdampak pada kick starter sepeda motor saja, tetapi komponen lain juga berpotensi mengalami kerusakan. Asumsi bahwa sepeda motor akan awet ketika tidak digunakan adalah asumsi yang salah. Justru sepeda motor yang tidak pernah digunakan akan membuat motor bermasalah dan berpotensi rusak. Hal ini terjadi karena mesin menjadi kering dan berkarat.  

Solusinya:
Anda sebaiknya selalu menggunakan sepeda motor tersebut. Apabila Anda jarang bepergian, setidaknya lakukan pemanasan pada sepeda motor selama beberapa waktu agar mesin tetap berjalan sesuai dengan fungsinya.

Kick starter memang merupakan komponen yang memiliki peranan penting meskipun dalam kenyataan orang lebih suka menggunakan starter electric. Beberapa penyebab dan solusi pada kick starter yang terasa berat sudah di bahas, dan Anda sekarang bisa mulai memperhatikan komponen tersebut. Apabila Anda memiliki motor matic, ada beberapa dampak jarang pakai kick starter di motor matic yang bisa terjadi. Tentunya bisa membuat kinerja kendaraan menjadi menurun.

Kunci agar sepeda motor Anda memiliki performa yang baik adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin terutama pada komponen-komponen inti. Anda bisa mengamati sendiri ketika saat mengendarai sepeda motor, merasakan apakah ada permasalahan pada motor yang Anda kendarai atau tidak. Apabila Anda tidak mahir dalam dunia otomotif, sempatkan datang ke bengkel atau service motor dan lakukan pengecekan. Anda bisa merawat sepeda motor Anda sendiri dengan beberapa cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kick Starter Motor Terasa Berat"