Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

5 Aliran Pencak Silat Terbesar di Madiun Jawa Timur

Pencak silat merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan dan di jaga dengan baik.Tujuan utama dari Pencak Silat sendiri sangatlah mulia yaitu untuk mempertahankan diri dari tindak kejahatan dan menjaga kesehatan tubuh.Gerakan silat yang indah dan mengandung unsur seni tinggi akan membuat Anda kagum.Di Indonesia sendiri banyak sekali aliran-aliran pencak silat.Biasanya setiap daerah mempunyai aliran pencak silat yang khas.Semua aliran pencak silat Di Indonesia dibawah naungan IPSI.

Seperti yang kita ketahui salah satu kota di Jawa Timur yang banyak melahirkan banyak pendekar adalah Kota Madiun.Yach,madiun di kenal sebagai kampung pendekar.Di Madiun banyak sekali pendekar-pendekar ampuh dari berbagai aliran silat,seperti PSHT,Pagar Nusa,Kera Sakti dan Tunas Muda Winongo dll.Kali ini Seni Pencak akan membahas 5 aliran pencak silat terbesar di Madiun Jawa Timur.

1.Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT)

Pada tahun 1922, Ki Hadjar Hardjo Oetomo (pahlawan perintis kemerdekaan 1883-1952), salah satu kadang Setia Hati, meminta izin kepada Ki Ageng Soerodiwirjo untuk mendirikan latihan Setia Hati bagi generasi muda dan diizinkan oleh Ki Ageng Soerodiwirjo, tetapi harus dalam nama yang berbeda. Maka Ki Hardjo Oetomo mendirikan Setia Hati "Pemuda Sport Club"(SH PSC) yang kemudian menjadi Persaudaraan Setia Hati "Pemuda Sport Club" yang berupa sebuah Organisasi. Organisasi ini kemudian disebut Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT pada tahun 1948 dalam kongres pertama di Madiun. Setelah Perang Dunia II, PSHT terus menyebar ke seluruh Indonesia.

Seorang tokoh penting di balik semakin populernya PSHT ini adalah Mas Irsjad yang merupakan siswa pertama Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Mas Irsyad ini juga menciptakan 90 Senam Dasar (Basic Exercise), Jurus Belati (Jurus dengan pisau), dan Jurus Toya (Jurus dengan panjang tongkat) yang membedakan dengan Setia Hati di Winongo. Salah satu siswa Mas Irsjad adalah Mas Imam Koesoepangat (1939-1987) pemimpin spiritual dari PSHT yang turut berjasa membesarkan PSHT. Penggantinya, Mas Tarmadji Boedi Harsono(1987-2014), Saat ini dewan pusat organisasi PSHT dipimpin oleh Kolonel Inf (Purn.) Mas Richard Simorangkir sampai pada Parapatan Luhur digelar pada tahun 2014.

Falsafah dan ajaran yang utama dari SH Terate adalah manusia dapat dihancurkan,manusia dapat dimatikan akan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya sendiri atau ber-SH pada diri sendiri.Di Madiun sendiri perkembangan PSHT sangat pesat,dan sekarang sudah menyebar hampir seluruh penjuru Indonesia bahkan samapi ke Mancanegara.Aliran pencak silat ini sangat mengutamakan paseduluran.Sesama PSHT berarti sama-sama saudara.Perguruan Setia Hati Terate didirikan pada 5 prinsip dasar yaitu persaudaraan,olahraga,beladiri,seni budaya,ke-SH an.

2.Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo


Berawal dari tahun 1903 yaitu didirikannya persaudaraan sedulur tunggal kecer di Kampung Tambak Gringsing Surabaya oleh almarhum Bpk.Ki Ngabei Soerodwirjo dengan nama kecilnya Masdan.Saat itu silatnya adalah Joyo Gendilo.Pada tahun 1915 nama pencak silatnya berubah menjadi Joyo Gendilo Cipto Mulyo.Tepatnya pada tahun 1917 oleh Ki Ngabei Soerodwirjo diganti nama menjadi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati.

ujuan/ sasaran SH yang ditempuh adalah : Bela negara, mengolah raga dan batin untuk mencapai keluhuran budi guna mendapatkan kesempurnaan hidup, kebahagiaan dan kesejahteraan lahir dan batin di dunia dan akhirat, dengan jalan mengajarkan SILAT (Pencak Silat) sebagai olahraga atas dasar jiwa yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat pula, yaitu dengan meninggalkan semua yang menjadi larangan Allah dan melaksanakan semua perintah-perintahNya (MENS SANA IN CORPORE SANO-AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR). SH mengenal falsafah kesosialan tanpa batas dari hindu yang berbunyi TAT TWAM ASI (ia adalah kamu) serta falsafah Jawa KEMBANG TEPUS KAKI (yen dijiwit kroso loro ojo njiwit liyan/ kalau dicubit terasa sakit jangan mencubit orang lain).

Pada tanggal 15 Oktober 1965 Bapak Soewarno merasa terpanggil untuk bergerak mengaktifkan kegiatan SH secara serentak. Kepada para Tunas Muda "SH" diajarkan pelajaran pencak silat yang berasal dari para pendekar terkenal (sembilan orang pendekar) dan yang terakhir dari bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, saudara tertua dalam Persaudaraan "Setia Hati" Winongo. Dengan metode ini maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas-Tunas Muda yang dapat berhasil dengan sukses.

3.IKSPI Kera Sakti



Perguruan IKS.PI KERA SAKTI ini adalah sebuah Perguruan yang mengajarkan  KUNG – FU atau KUNTAUW ( Istilah Bhs. Hokkian yang populer di Indonesia ), yaitu seni bela diri tradisional rakyat China dari DARATAN TIONGKOK, dan mengajarkan JURUS KERA ALIRAN SELATAN & UTARA atau dalam istilah Chinanya disebut NAN PIE HO JIEN ( Bhs. Nasional ) atau LAM PAK KAUW KUN ( Bhs. Hokkian ).

Pertama kalinya  Perguruan ini didirikan di MADIUN, pada tanggal 15 Januari 1980 dengan Izin P & K Madiun Nomor : 183/II04.3/L.4/80/SK. Adapun PENDIRI  Perguruan IKS.PI KERA SAKTI ini yaitu R. TOTONG KIEMDARTO, Putra dari Bp. RM. SENTARDI dan Ny. OEY KIEM LIAN NIO.
Dalam perguruan ini diadakan ujian mental dan fisik yang bertujuan mengevalusi dan mengetahui sampai dimana seorang siswa mendalami ilmu yang diterimanya.Dan dikahir ujian akan ditutup dengan acara pengesahan.Apabila dinyatakan lulus dan telah disyahkan sebagai wrga IKS boleh mendirikan cabang atau ranting latihan dimana saja dibawah naungan perguruan.

4.Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas


KI AGENG PANDAN ALAS, didirikan di Madiun pada tanggal 10 November 1972, yang bernaung dibawah IPSI. Sesepuhnya adalah Bpk. KOESTARI ADY ANDAYA. Beliau adalah seorang purnawirawan TNI AU yang bertugas di Lanud Iswahyudi. Ditetapkan oleh IPSI Cabang Kab./Kota Blitar pada tanggal 15 September 1995.

5.Pencak Silat Cempaka Putih



Pada tahun 1974, bulan Juli, Tanggal 18, mereka sepakat mendirikan organisasi beladiri yang bernama : BELADIRI PENCAK SILAT CEMPAKA PUTIH, yang berpusat di Kelurahan Panekan, Kecamatan Panekan, kabupaten Magetan Propinsi Jawa Timur, Indonesia.Dengan bekal ilmu lahir maupun batinyang dikembangkan dan dituangkan dalam bentuk bahan pendidikan dan pembinaan meliputi ilmu tenaga dalam,ilmu kerohanian ,ilmu terapi dan tehnik pencak silat.
Catatan :

Walaupun banyak aliran pencak silat di Indonesia ini,pada hakekatnya tujuannya sangatlah mulia yaitu menyatukan umat manusia dan menciptakan perdamaian.Selain itu pencak silat sebagai ajang olahraga juga untuk melindungi diri kejahatan.Kita sebagai warga pencak silat harus selalu rendah hati,tidak sombong dan mencontohkan kebaikan kepada umat manusia.

Posting Komentar untuk "5 Aliran Pencak Silat Terbesar di Madiun Jawa Timur"