Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Memperbaiki Flasher Motor yang Rusak

Bagi sobat semua pecinta otomotif khususnya kendaraan roda dua yaitu motor, flasher atau yang sering disebut dengan lampu sein otomatis sudah bukan merupakan suatu hal yang asing lagi ditelinga ya sobat,  pada umumnya flasher merupakan salah satu spare part yang ada pada setiap motor.

Flasher adalah salah satu komponen listrik dalam motor yang berfungsi untuk menyuplai arus ke lampu yang berubah – ubah sehingga nantinya akan menghasilkan nyala lampu yang berkedip – kedip seperti yang ada pada setiap lampu sein pada motor anda. Wah hebat ya sobat flasher ini.

Pada umumnya flasher pada motor berfungsi untuk membantu lampu sein berkedip atau menyala bergantian atau bahkan bersamaan ( fungsi pada hazard ). Biasanya bentuk flasher ini seperti sebuah papan sirkuit yang dibungkus kembali dengan cover plastik berbentuk kotak atau bisa juga berbentuk persegi empat berwarna hitam dengan tiga buah kabel. Nah sobat benda kecil inilah yang memiliki peranan penting terhadap fungsi lampu sein motor anda.

Flasher Motor yang Rusak

Memperbaiki Flasher Motor yang Rusak

Sebagai lampu indikator terhadap kendaraan anda, tugas dan fungsi flasher motor secara umum ini memang tergolong cukup berat atau tergolong cukup memberikan pengaruh terhadap keamanan pengendaraan anda. Pasalnya lampu indikator inilah yang bertugas memberikan aba – aba kepada pengguna jalan raya lainnya atau pengendara lainnya kemana arah yang akan anda tuju.

Bisa anda bayangkan ya sobat jika lampu indikator pada kendaraan anda mengalami masalah, bukan hanya anda sebagai pemilik kendaraan yang akan disalahkan, tetapi juga pengendara yang ada dibelakang anda juga akna ikutan bingung, sehingga kemungkinan bisa tertabrak dari depan atau dari belakang.

Dari penjelasan mengenai fungsi flasher di atas, tentunya sobat semua sudah mengerti ya sobat akan pengaruh spare part yang satu ini terhadap keamanan anda dalam perjalanan anda ya sobat. Tetapi pada aktualnya, masih sering banyak orang yang mengabaikan spare part yang satu ini pada motornya, sekalipun sudah mengalami kerusakan. Flasher merupakan salah satu dari 10 sparepart sepeda motor yang sering rusak dan banyak ditemukan.

Hal ini jangan anda tiru ya sobat, karena selain merugikan anda sendiri, tentunya juga akan merugikan orang lain disekitar anda. Bagi sobat semua yang memang memiliki masalah pada  flasher motor kesayangan anda, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan tips buat sobat semua tentang bagaimana cara memperbaiki flasher motor yang rusak, agar sobat semua bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus ke bengkel. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini.

Rangkaian flasher motor umumnya sangatlah sederhana, sehingga sobat semua tidak akan kesusahan dalam proses perbaikannya, karena pada prisipnya cara kerja flasher ini hanyalah tentang pengaktifan dan penonaktifan sebuah transistor daya, berkat adanya pengisian dan pengosongan muatan kondensator. Nah sobat semua, bagi sobat yang memang kebetulan flasher motornya rusak atau buat sobat semua yang ingin mengetahui cara memperbaiki flasher motor yang rusak, berikut langkah – langkah yang harus anda perhatikan.

Langkah awal cara memperbaiki flasher motor yang rusak ialah, lepaskan bosi motor anda, tepatnya bodi sebelah kiri ya sobat.

Setelah itu, langkah selanjutnya cara memperbaiki flasher motor yang rusak dengan melepaskan flasher dan terminal kabel atau cop kabel yang terdapat pada bodi motor anda tersebut.

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, yang perlu anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu apakah lampu sein motor anda sebelah kanan atau sebelah kiri putus atau tidaknya. Karena ditakutkan nantinya penanganan tanpa pengecekan terlebih dahulu bisa penyebab lampu sen nyala terus dan tentu saja akan menambah pekerjaan anda.

Langkah selanjutnya, terminal kabel yang tadi anda sudah lepaskan, anda hubungkan kembali langung dengan menggunakan seutas kabel atau inductor yang masih berfungsi dan aktif ya sobat.

Setelah itu, anda bisa langsung mencoba menghidupkan lampu sein kanan dan lampu sein kiri motor anda secara bergantian, hal ini dilakukan untuk memastikan lampu yang tadi anda pasang sudah berfungsi sebagaimana mestinya.

Langkah selanjutnya, pastikan lampu sein menyala dan berkedip. Apabila ternyata lampu sein tersebut menyala tetapi tidak berkedip, berarti yang mengalami masalah adalah flasher motor anda sobat. Jadi untuk mengatasi masalah ini, satu – satunya cara adalah dengan mengganti bagian flasher motor anda dengan flasher yang baru. Hanya tambahan informasi aja nih sobat, biasaya harga flasher motor sekitar 40 ribuan.

Langkah selanjutnya adalah mengganti flasher motor anda yang sudah rusak dengan yang baru. Tetapi sebelumnya lepaskan terlebih dahulu flasher lama yang sudah tidak berfungsi dari bagan motor anda, cara melepasnya cukup menarik flasher tersebut dengan menggunakan tangan anda. Lakukan dengan hati – hati ya sobat, agar tidak merusak bagian atau komponen yang lainnya.

Setelah flasher lama sudah anda copot, pasangkan kembali flasher yang baru tepat pada posisi sebelumnya, pastikan anda memasang flasher tersebut tepat pada socketnya, agar tidak terjadi masalah nantinya.

Setelah flasher yang baru sudah anda pasang, langkah selanjutnya adalah langkah pengecekan apakah lampu sein anda sudah benar – benar menyala dan sudah berkedip. Jika memang sudah menyala dan berkedip berarti pekerjaan anda sudah berhasil dengan sempurna. Tetapi jika lampu sein anda tidak berkedip juga, berarti ada masalah pada komponen yang lainnya.

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memeriksa kabel – kabel penghubung yang terdapat disekitar lampu sein anda. Pastikan juga anda memeriksa sakelar lampu anda, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika memang sudah tidak berfungsi degan baik, anda perlu melakukan perbaikan. Lakukan langkah ini dengan sangat hati – hati dan teliti ya sobat, agar tidak terjadi korslet nantinya. Bila diperlukan anda bisa menggunakan buku manual untuk memastikan pekerjaan anda benar atau tidaknya.

Setelah sakelar pada kabel – kabelnya anda perbaiki, lakukan kembali pengetesan apakah lampu sein anda sudah menyala dan berkedip. Baca: Cara Memperbaiki Aki Kering Motor

Langkah terakhir cara memperbaiki flasher motor yang rusak adalah memasang kembali bodi motor yang tadi sudah anda lepaskan. Pasangkan kembali sesuai dengan posisi awal ya sobat. Jika semua bagian sudah anda pasangkan dengan baik, maka anda sudah bisa menggunakan sepeda motor tersebut untuk menemani aktivitas sehari – hari anda kembali.

Oke sobat, gampangkan langkah – langkah cara memperbaiki flasher motor yang rusak untuk dipraktekkan. Semoga informasi yang penulis bagikan kali ini bisa membawa manfaat bagi sobat semua dalam menambah wawasan seputar otomotif.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Flasher Motor yang Rusak"