Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Latihan Pull Up : Buat Para Pemula Bahkan Dari Nol Sekalipun

Belum Kuat Pull Up Sama Sekali ? Terapkan Latihan Ini -  Pull up merupakan salah satu latihan olahraga untuk membentuk tubuh terutama pada bagian punggung tanpa menggunakan beban melainkan tubuh kita sendiri.Pull up juga bisa memberikan postur tubuh yang baik,terutama bagian tubuh belakang yang membentuk sepeti huruh “V”.

Latihan ini bisa anda lakukan dimanapun yang terpenting ada palang pull up (pull up bar) untuk menggantungkan badan kita.Anda bisa lakukan di pohon,kusen pintu rumah,tepat fitnes dll.Pull up mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita,otot-otot yang dilatih pada saat pull up antara lain otot bahu (deltoid dan trapezius)tricep,bicep,otot dada (pectoral),otot punggung (lattisimus dorsi) dll.

Pada saat anda melihat orang sedang melakukan pull-up mungkin perkiraan anda mudah dilakukan.Jika anda mencobanya sendiri,hmmm belum tentu satu gerakan pull up bisa anda lakukan,terlebih lagi sebelumnya belum pernah melakukan gerakan ini.

Bagi anda yang ingin mendaftar TNI,POLRI,Pelayaran,maupun sekolah-sekolah yang berbau Militer tentu gerakan pull-up sangat dibutuhkan pada saat tes fisik.Lantas,Bagaimana kalau belum kuat pull up sama sekali ? Latihan apa yang harus dilakukan ? Tenang,kali ini kita akan memberikan cara cepat melakukan latihan gerakan pull up bagi pemula .

1.Lakukan gerakan Dead Hangs


Gerakan Dead Hangs

Apa yang dimaksud gerakan dead hangs ? Dead hangs adalah suatu gerakan menggantung pada pull up bar.Latihan ini bisa membangun kekuatan grip (pegangan) dan otot secara isometric.Busungkan dada anda dan nikmatilah tekanan pada otot punggung anda.

2.Lakukan gerakan Flex Hang


Gerakan Flex Hang
Apa yang dimaksud Flex hang ? Flex hang adalah suatu gerakan menahan pada posisi finish dari pull up (dagu sudah melewati palang pull up).Ambilah suatu objek untuk membantu anda mencapai palang pull up (pull up bar).Akan lebih mudah jika dilakukan dengan underhand grin (chin up).

Gunakanlah otot tangan,dada,dan otot punggung untuk menahan posisi ini.Kencangkanlah otot kalian jika melakukan latihan menggunakan pull up bar (palang pull up).

3.Lakukan gerakan Negative Pull – ups

Setelah anda mampu menahan gerakan nomor 2 (flex hang) untuk beberapa detik,silahkan lanjutkan gerakan ketiga negatif pull ups.Gerakan ini dilakukan dengan menurukan badan dengan perlahan dari posisi flex hang .

Pada saat mencoba pertama kali mungkin sulit,dan gerakan anda masih belum terkontrol.Tapi dengan latihan dan latihan kalian akan dapat melakukan gerakan ini dalam waktu 8-10 detik,mungkin bisa lebih.Jika sudah bisa,langsung menuju gerakan berikutnya.

4.Lakukan gerakan Australian Pull-ups

Gerakan Australian Pull Ups

Australian Pull-ups atau biasa disebut dengan horizontal pull –up menggunakan palang pull up yang rendah ,kira-kira setinggi pinggang.Posisi kaki menginjak lantai dan tangan memegang palang pull up.Posisi badan membentuk garis lurus dari tumit sampai kepala.Kencangkanlah otot pundak kalian dan tariklah dada ke arah palang pull up.

Tips Melakukan Gerakan Pull-up

Jika anda melakukan gerakan pull up,hilangkan saja bayangan rasa berat tubuh anda yang terpenting anda fokus melakukan gerakan tersebut.Selain itu anda juga bisa membayangkan jika anda sedang menarik palang pull up kebawah dan jangan membayangkan anda sedang mendorong dada keatas.Jika anda merasa capek istirahatlah terlebih dahulu.

Dan yang terpenting lakukan latihan ini secara rutin.Ikutilah tahapan-tahapan diatas,jika gerakan tersebut belum bisa jangan melangkah dahulu menuju gerakan selanjutnya.

Gerakan sederhana cara cepat bisa pull ups dari nol sampai bisa diatas bisa bermanfaat buat anda.Jangan menyerah untuk melakukan latihan pull up.Saya yakin suatu saat dengan latihan rutin,anda akan dengan mudah melakukan gerakan pull up dengan sempurna.Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Latihan Pull Up : Buat Para Pemula Bahkan Dari Nol Sekalipun"