Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Memperbaiki Lampu Motor yang Kurang Terang

Bagi pemilik kendaraan roda dua atau disebut dengan motor, tentunya sudah tahu betul ya sobat akan fungsi dan peranan sistem penerangan pada motor anda terutama fungsi lampu tembak jarak dekat dan jarak jauh. Iya, sistem penerangan ini sangatlah berpengaruh penting bagi keselamatan pengendara itu sendiri maupun pengendara yang lainnya yang berada disekitar anda tentunya.

Tetapi pada banyak kasus, seringkali kita menjumpai pemilik kendaraan yang lampu kendaraan atau lampu motornya kurang terang, atau bahkan anda sendiri yang merasakannya ya sobat, yang menyebabkan kurang nyaman dan kurang safety terhadap keselamatan kita sendiri. Jika hal seperti ini sedang anda alami, ada baiknya anda segera melakukan perbaikan terhadap kendaraan anda ya sobat agar tidak mendatangkan masalah serisu nantinya.

Berkendara pada saat malam hari apalagi ditambah dengan jalanan yang berlubang atau tidak rata bahkan jalanan yang banyak tikungan dan belokan, mengharuskan kita harus selalu tetap waspada dan salah satunya adalah sistem penerangan pada kendaraan kita haruslah dalam kondisi “ oke “. Untuk itu pastikan lampu motor atau kendaraan anda selalu terjaga ya sobat.

Memperbaiki Lampu Motor yang Kurang Terang

Cara Memperbaiki Lampu Motor yang Kurang Terang

Secara umum, mengatasi lampu motor yang kurang terang, bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Mudah disini bukan berarti dapat dilakukan dengan cara sembarangan ya sobat, mudah tetapi tentu saja ada aturan mainnya tersendiri. Jika dilakukan dengan sembarangan bisa saja akan mengakibatkan dampak yang buruk seperti kerusakan terhadap komponen kelistrikan yang mengakibatkan korslet atau kerusakan yang lainnya seperti penyebab lampu sen nyala terus dan pada akhirnya akan membuat anda semakin sulit.

Terdapat dua jenis sistem kelistrikan atau sistem lampu pada kendaraan roda dua atau motor. Yaitu yang pertama sistem AC atau sistem arus bolak – balik. Masalah yang biasanya timbul pada sistem ini adalah pada bagian sektor lampunya. Adapun sistem  kelistrikan AC itu sendiri biasanya diterapkan pada motor matic dan motor bebek.

Sedangkan sistem yang kedua adalah sistem DC atau sistem kelistikan searah yang biasa kita jumpai pada motor sport misalnya vixion, megapro, tiger dan beberapa jenis motor lainnya yang sejenis. Dan jenis motor seperti ini merupakan motor sport idaman wanita yang banyak diminati oleh kaum pria untuk menambah daya tarik dari dirinya.

Nah sobat, pada kesempatan kali ini peulis akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki lampu motor yang kurang terang. Bagi sobat semua yang minat akan hal ini, yuk sobat kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Mengganti Dengan Bohlam Lampu Tegangan Rendah Terutama Sistem Kelistrikan AC

Cara memperbaiki lampu motor yang kurang terang yang pertama ialah mengganti dengan lampu tegangan rendah. Untuk anda yang memang pemilik motor dengan sistem kelistrikan AC, disarankan agar anda mengganti lampu bohlam  motor anda dengan bohlam yang memiliki tegangan rendah dari pada lampu yang sudah disematkan oleh pabrikan motor tersebut.

Jika misalkan lampu bawaan dari pabrikan mempunyai tegangan sebesar 25 watt ( 12 volt ) sebaiknya anda menggantinya dengan tegangan antara 10 sampai 15 watt. Selain itu, direkomndasikan agar anda memilih warna lampu yang pantulannya lebih terang, apalagi pada waktu malam hari. Biasanya lampu yang pantulannya lebih terang adalah lampu yang berwarna biru. Boleh nih anda coba ya sobat.

2. Mengganti Dengan Bohlam Lampu Tegangan Tinggi Terutama Sistem Kelistrikan AC

Cara memperbaiki lampu motor yang kurang terang yang kedua ialah mengganti dengan tegangan tinggi. Untuk anda pemilik kendaraan yang mengusung kelistrikan dengan sistem DC, berbanding terbalik dengan kelistrikan AC. Disarankan anda mengganti lampu bohlam anda dengan lampu yang memiliki tegangan lebih besar dari pada tegangan lampu yang sudah disematkan oleh pabrikan motor anda tersebut.

Hal ini bisa dibilang ampuh dan aman, karena tanpa membongkar atau mengotak – atik sistem kelistrikan yang ada pada motor anda, seperti kiprok,  tetapi hanya melakukan penggantian bohlam saja. Karena pada dasarnya kiprok ini berperan untuk mengubah sistem AC ke sistem DC, lalu kemudian menyalurkannya kesemua sistem kelistrikan pada motor anda sehingga lampu anda akan lebih terang dan baterai atau aki akan terisi.

Untuk itu keberadaan kiprok ini harus anda jaga ya sobat karena jika kiprok pada motor anda bermasalah, sudah barang tentu motor anda juga akan bermasalah nantinya.

3. Membuat Lampu Motor Anda Lebih Terang dengan Menggunakan Resistor

Cara membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan resistor adalah dengan cara memasangkan resistor 680 ohm / 1 watt pada kabel spull lampu dari generator menuju kiprok. Dengan melakukan cara ini, maka tegangan yang masuk ke dalam lampu motor anda adalah sebesar 15 volt, karena tegangan yang dihasilkan oleh generator dan yang masuk ke dalam kiprok biasanya tidaklah sama.

Dengan melakukan hal ini, maka nyala lampu motor anda otomatis akan lebih ternag dari yang biasanya, karena tegangan yang dihasilkan adalah lebih besar.

4. Membuat Lampu Motor Anda Lebih Terang dengan Menggunakan Relay

Adapun cara kerja relai yang merupakan sebagai saklar elektromagnetik memang sangat cocok digunakan dalam pembuatan lampu motor yang lebih terang dari pada sebelumnya. Pada umumnya, sebuah relay mempunyai dua bagian yaitu elektro magnet dan contact point yang terdapat empat sisi, sehingga kedua sisi akan terhubung dengan elektro magnet dan dua sisi yang lainnya akan terhubung dengan contact point.

5. Membuat Lampu Motor Anda Lebih Terang dengan Menggunakan Dioda

Cara memperbaiki lampu motor yang kurang terang yang terakhir adalah dengan menggunakan dioada. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, fungsi diodaadalah untuk menyimpan arus listrik kemudian melepaskannya sehingga lampu bisa terlihat lebih terang. Adapun cara pengaplikasiaannya adalah dengan menyiapkan 4 buah dioada yang berukuran 6 ampere.

Pertama – tama, ke empat diode yang tadi dijadikan sebagai rangakian pararel kemudian disambungkan pada arus positifnya ke dalam kontak, dan kutub negatifnya ke dalam fitting lampu. Kabel negatif yang berada apda fitting lampu tersebut, harus anda putus terlebih dahulu ya sobat dan diganti dengan kabel yang sudah anda rangkai dengan diode yang tadi.

Dengan melakukan langkah ini, otomatis lampu yang dihasilkan oleh bohlam anda akan menghasilkan sinar lebih terang dari pada sebelumnya sobat. Selamat mencoba ya sobat semoga berhasil. Jika anda benar – benar mengikuti cara ini, tidak akan ada ruginya. Karena proses mencoba akan membuat anda menjadi lebih berpengalaman. Perlu anda ingat bahwa lampu yang kurang terang bisa menjadi penyebab motor susah distarter karena kondisi daya mulai melemah.

Sampai disini dulu pembahasan tentang cara memperbaiki lampu motor yang kurang terang pada kesempatan kali ini ya sobat. Sampai bertemu pada kesempatan berikutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik dan dapat menambah ilmu dan wawasan sobat semua tentunya.

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Lampu Motor yang Kurang Terang"