Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Sejarah Berdirinya Perguruan Silat Tapak Suci

Tapak Suci adalah salah satu aliran perguruan pencak silat yang dimiliki Muhammadiyah. \Di kalangan sekolah Muhammadiyah biasanya dijadikan extrakurikuler.Salah satu perguruan  yang berasas Islam yang bersumber pada Alqur’an dan As- sunnah.

Tapak suci merupakan perguruan silat yang menunjang tumbuh dan kembangya IPSI sebagai organisasi.Ok kita sudah sedikit menyinggung profil tentang perguruan tapak suci.pasti kalian kepengen tau kan kenapa tapak suci bisa berdiri ? kali ini saya akan menulis tentang Sekilas Sejarah Berdiriya Perguruan Tapak Suci.

MASA SEBELUM KELAHIRAN TAPAK SUCI

Kira-kira tahun 1872,di daerah Banjarnegara telah lahir seorang putera dari KH SYUHADA,yang kemudian anakya diberi nama Ibrahim.Anak ini dari kecil sudah mempunyai karakter yang berani dan tangguh sehingga disegani oleh kawan-kawannya.setelah menjadi buronan Belanda Ibrahim berkelana ampe ke Betawi dan selanjutya ke Tanah Suci Mekkah.kemudian mendirikan Pondok Pesantren di Binorong Banjarnegara.sepulang dari ibadah haji Ibrahim masih menjadi buronan Belanda dan akhirya mengubah nama menjadi KH.BUSYRO SYUHADA.

Beliau mempunyai murid-murid antara lain Achyat adik misan Ibrahim,M. Yasin adik kandung dan Soedirman yang kelak menjadi Jendral Besar yang terjun di dunia militer yang dikenal namaya sampai sekarang yaitu salah seorang pahlawan besar Jendral Soedirman.KH.Abu Amar Syuhada sendiri adalah murid sekaligus teman seperjuangan KH.Ahmad Dahlan,adalah seorang tokoh pendiri Muhammadiyah.

Kira-kira pada tahun 1921 dua kakak beradik asal kauman jogjakarta yaitu A.dimyati(kakak) dan m.wahib(adik),belajar pencak aliran banjaran yaitu aliran yang semula berkembang di banjar kemudian pindah kekauman jogjakarta.Pada tahun ini juga KH.busyro bertemu dengan kakak adikya dalam konferensi pemuda kemuhammadiyah di jogjakarta.selanjutya kakak beradik ini mengangkat KH.busyro menjadi guru.

Tepatya pada tahun 1925 atas ijin pendekar besar KH.busyro akhirya A.Dimyati dan M.Wahib mendirikan sebuah perguruan pencak silat di Kauman,yang dikenal dengan nama Cikauman.dari pergurun itu akhirya melahirkan beberapa pendekar besar yaitu pada generasi pertama M.Djuraimi kemudian pada generasi kedua melahirkan seorang pendekar bernama M.Syamsudin beliau diberi restu untuk menerima murid dan mendirikan perguruan yang diberi nama Seranoman.Dari perguruan ini akhirya melahirkan pendekar muda yang bernama M.Zahid.Beliau mempunyai murid andalan yang bernama Moh.Barrie Irsyad.

Beliau adalah muri angkatan ke-6 yang telah dinyatakan lulus dalam menjalani penggemblengan oleh pendekar M.Zahid,M.Syamsuddin,M.Wahib dan A.Dimyati.kemudian beliau mendirikan perguruan yang diberi nama perguruan KASEGU.kasegu merupakan senjata khas muhammadiyah yang berlafal Muhammad yang diciptakan oleh Moh.Barrie Irsyad.pada era ini akhirya muncul sebuah gagasan untuk merealisasikan rencana untuk mendirikan satu pergurun melanjutka paguron yang sealiran yaitu satu perguruan yang berorientasi luas,diorganisir dengan AD dan ART.

Gagasan ini disampaikan kepada pendekar M.Wahib yang kemudian menyatakan bersedia untuk menilai ilmu yang diajarkan.akhirya pendekar besar A.Dimyati dan M.Wahib merestui bahwa perguruan Tapak Suci adalah sebagai kelangsungan dari perguruan Kauman yang didirikan tahun 1925 dan berpusat di Kauman Jogjakarta.

Sekilas Sejarah Singkat Berdirinya Perguruan Silat Tapak Suci

LAHIRYA PERGURUAN TAPAK SUCI

Atas desakan murid-murid perguruan Kasegu kepada pendekar Moh.Barrie Irsyad untuk mendirikan sebuah perguruan yang diberi nama Tapak Suci.tepatya tanggal 10 Robiulawwal 1383 H atau bertepatan dengan 31 juli 1963,di Kauman Jogjakarta dideklarasikan berdiriya Perguruan Silat Tapak Suci.pada waktu deklarasi digariskan bahwa :
  • tapak suci berjiwa ajaran kh ahmad dahlan
  • keilmuan tapak suci metodis dinamis
  • keilmuan tapak suci bersih dari syirik
Ketua umum tapak suci pertama adalah H.Djarnawi Hadikusumo dan nama Perguruan dirumuskan oleh Moh.Barrie Irsyad.anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dikonsep oleh Moh.Rustam Djundab.tata tertib upacara disusun oleh Moh.Barrie Irsyad untuk do’a dan ikrar disusun oleh H.Djarnawi Hadikusumo,lambang perguruan diciptakan oleh M.Fahmie Ishom,lambang anggota diciptakan oleh Suharto Sudjak,lambang tim inti Kosegu dibuat oleh Ajib Hamzah,bentuk dan warna pakaian dibuat oleh M.Zundar Wiesman dan Anis Susanto.

Demikianlah Sekilas Sejarah Berdirinya Perguruan Tapak Suci.Untuk kemajuan blog saya mohon saran dan kritikya.semoga bisa bermnfaat.Terima kasih

Posting Komentar untuk "Sejarah Berdirinya Perguruan Silat Tapak Suci "