Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

TIPS LATIHAN SIKAP ATAU KUDA-KUDA KUNGFU SHAOLIN

Kungfu adalah seni beladiri yang berasal dari China,mempunyai gerakan yang indah tapi mematikan.Gerakannya yang halus seperti orang menari tetapi didalamnya menyimpan kekuatan yang luar biasa.Hal utama yang harus dilakukan dalam latihan kungfu adalah latihan kuda-kuda atau sikap,karena kuda-kuda sebagai pondasi dalam beladiri.Sebenarnya cara melatih kuda-kuda atau sikap dalam kungfu banyak macamnya.Akan tetapi ada 5 yang utama dalam melatih kuda-kuda.Yang jadi pertanyaan gimanacara melatihnya? Tenang ja,kali ini Seni Pencak akan memberikan 5 cara melatih kuda-kuda dalam berlatih Kungfu.

Cara dibawah ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan rutin.Untuk melatih otot paha dan kaki diperlukan latihan bertahap.Jika kuda-kuda Anda kuat gerakan Anda akan terlihat mantap.Pastinya power kekuatan tendengan Anda akan semakin meningkat.Yuk kita pelajari bersama.


5 CARA MELATIH KUDA-KUDA KUNGFU SHAOLIN

Dalam melatih kuda-kuda haus sungguh dan dilakukan secara bertahap agar kemampuan bisa meningkat.Dibawah ini saya akan menjelaskan cara melatih kuda-kuda atau sikap dalam Kungfu Shaolin.

1.Ma Bu (posisi berdiri)

Untuk melakukan sikap kuda-kuda dengan cara ini yaitu posisi kaki bersama-sama dan pindahkan jari-jari kaki anda keluar sekitar 45 derajad.Selanjunya pindahkan tumit ke arah luar sampai 45 derajad.Gerakan terakhir melihat tumit bergerak keluar sesuai dengan jari-jari kaki.Pada titik ini harus sejajar satu sama lain.
Sekarang posisi lutut ditekuk.Hal ini sangat penting posisi agak membungkuk untuk mendorong lutut keluar.Sebuah sikap kuda-kuda yang baik harus melihat kaki bagian atas sejajar dengan lantai.

Pada waktu anda dalam posisi rendah cobalah untuk mencegah jari-jari anda menunjuk kearah luar.Kalau anda mengarahkan jari-jari kearah luar itu akan melatih paha bagian dalam bukan paha bagian atas.Terus menjaga posisi lurus dan cobalah tetap 90 derajat ke lantai lalu putar pinggul anda sedikit keatas untuk membantu posis punggung lurus.

2.Pu Bu (posisi geser)

Ini adalah sikap kuda-kuda yang sering diabaikan orang karena dianggap sulit.sebenarnya kalau anda megerti tehniknya pasti dapat dikuasi dengan mudah,berdiri dalam posisi kuda-kuda bertujuan untuk posisi duduk pada kaki kiri anda jaga kaki tetap lurus.Kesalahan terbesar dari sebagian orang yang berlatih adalah menempatkan berat badan mereka kepusat kaki,sebaiknya anda memindahkan hampir semua berat badan anda kesalah satu kaki saja.

Satu hal yang terpenting adalah tetap menjaga tumit anda ditanah,dan tetap menjaga punggung lurus dan ulangi dari sisi lain

3.Gong Bu

Berdiri dalam posisi sikap kuda-kuda,dengan kaki kanan berporos pada jari-jari kaki dan tumit bergerak keluar sekitar 45 derajat.Dengan menggunakan kaki kiri,kaki bergerak keluar sekitar 20 derajat.Kemudian tekuk lutut kiri hingga membentuk sudut 90 derajat,putar pinggul anda sehingga tepat menghadap kaki kiri dan jaga punggug tetap lurus.

4.Cat Stance (sikap kucing)

Posisi kedua kaki bengkok tapi berat sepenuhnya pada kaki belakang berdiri dengan kaki bersama-sama.Pindahkan satu kaki kearah depan angkat tumit depan kaki dan tekuk kedua lutut.Ambil berat kekaki belakang yang rata dengan tanah dan menjaga punggung tetap lurus menurunkan badan kebawah.Tujuannya adalah untuk mempertahankan posisi 90 derajat dengan bantalan kaki.

5.Posisi memutar

Berdiri dengan kedua kaki secara bersama-sama kemudian angkat tumit kaki belakang tetap menjaga punggung dalam keadaan lurus,membungkuk dan memutar badan 90 derajat kearah kiri.Posisi akhir ahrus melihat lutut kaki kanan hampir menyentuh lantai.

Demikanlah 5 cara melatih kuda-kuda atau sikap yang fundamental dalam berlatih Kungfu Shaolin.Latihan ini harus dilakukan dengan sungguh dan rutin.Jangan lupa memperhatikan pola makan.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih

Posting Komentar untuk "TIPS LATIHAN SIKAP ATAU KUDA-KUDA KUNGFU SHAOLIN"