Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Ini nih Tingkatan Sabuk Taekwondo

Seni Pencak - Tahap tingkatan sabuk dalam beladiri Taekwondo - disesuaikan dengan jenjang latihannya.Beladiri Taekwondo tidak dapat dipelajari secara langsung atau instan tapi harus secara bertahap untuk itu dapat dilihat dari jenjang sabuk (ban) yang dipakai.Didalam Taekwondo terdapat enam jenis tingkatan sabuk,pada tiap tingkat terdapat tahapan steep.

Untuk perubahan warna sabuk harus memperlihatkan perubahan menyeluruh sikap hidup kita.Sebutan bagi seseorang yang berhasil berlatih Taekwondo disebut juga Taekwondoin.Seragam latihan yang dipakai oleh seorang Taekwondoin berwarna putih-putih yang biasanya disebut dengan DOBOK.Sebutan nama guru-guru yang mengajar (tingkatan sabuk hitam diatas)di dalam perguruan Taekwondo di panggil SABEM.

Didalam Taekwondo terdapat tingkatan atau jenjang yang menunjukkan kemampuan bagi Taekwondoin bersangkutan dalam mencapai tahapan latihan tertentu,ditunjukkan oleh tingkatan sabuk (ban).Khususnya di Indonesia baru ada tingkatan sabuk yang akan dijelaskan oleh Seni Pencak dibawah ini :

Tahapan Tingkat Kenaikan Sabuk dalam Olahraga Beladiri Taekwondo

TINGKATAN SABUK TAEKWONDO

1.Sabuk putih (Geup 10)

Sabuk putih melambangkan kesucian,dasar dari semua warna,permulaan.Awal  pertama baru masuk,kita diajarkan upacara untuk memulai pelajaran.Janji ikrar Taekwondo secara bersama dalam suatu upacara pembukaan .Lalu dilakukan pemanasan untuk pelenturan badan,kemudian barulah dilakukan latihan jurus dan tehnik.Pemanasan dilakukan meliputi menggerakkan tangan dan kaki agar otot-otot tidak merasa sakit dan kaku saat latihan.

Materi-materi yang diajarkan sabuk putih masihlah sangat sedikit diantaranya sebagai berikut ini :

a.)Tendangan yang diajarkan berulah meliputi empat tendangan dasar yaitu :

*) Ap chagi (tendangan depan)
*) Dolio chagi (tendangan menuju ke arah samping)
*) Ap turigi (tendangan cangkul)
*) Dol ‘ochagi (tendangan cangkul)

Sedangkan untuk jurus tangan yang dijarkan adalah Debon yogyang (gerakan 6 dasar).Sementara itu untuk steep,baru diajarkan 5 steep yaitu :

*) China steep
*) Slending steep (step 1 sampai 3)

Setelah para pemula sabuk putih benar-benar menguasai jurus-jurus dasar dan mahir mempergunakan jurus-jurus itu maka akan diuji oleh pelatih.Biasanya uji kenaikkan tingkat ditiap perguruan Taekwondo di Indonesia diadakan selama 3-4 bula sekali.

2.Sabuk kuning (Geup 9)

Sabuk kuning melambangkan bumi  disinilah mulai ditanamkan dasar-dasar  Taekwondo dengan kuat.Saat para Taekwondoin  naik tingkat 2 (sabuk kuning)ditambahkan satu pelajaran tendangan .Setelah ke 4 tendangan  yang diajarkan saat berada pada sabuk putih.Tendangan itu adalah Dwi chagi (tendangan memutar kebelakang).Sedangkan untuk jurus tangan ditambah dengan satu jurus setelah kedua jurus yang diajarkan disabuk putih yang lalu .Jurus pelajaran baru itu dinamakan Deboe aremaki.Steep yang diajarkan dijenjang sabuk kuning sampai dengan 6 steep yaitu Chinsteep dan satnding steep.

3.Sabuk kuning strip hijau (Geup 8)

Ditingkatan ini para Taekwondoin  diajarkan tendangan bervariasi.Maksudnya adalah  keima tendangan yang diajarkan sebelumnya ditingkat sabuk putih dan kuning dipadukan dengan 6 steep misalkan :

a.)Tendangan apchagi dipadukan dengan Standing steep.Standing steep dilakukan  dahulu lalu dilanjutkan dengan gerakan tendangan.Tendangan itu disebut dengan Heedan Apchagi.

b.)Tendangan Doli’ochagi dipadukan dengan satnding steep.Standing steep dilakukan dahulu barulah gerakan tendangan seperti ini disebut Hedan Doli’ochagi.

c.Ada juga tendangan yang disebut Novi apchagi gerakannya salah satu aki dinaikkan setinggi pinggang lalu kaki satunya melakukan tendangan Apchagi.

d.)Tendangan yang lain adalah Hedan Apturigi gerakan Standing Steep dipadukan dengan tendangan Apturigi dan Doli’ochagi.

Untuk jurus tangan saat ada di tingkatan sabuk kuning streep hjau ditambahkan satu jurus lagi yaitu yang bernama Tage 1.Dna untuk steepnya ditambahkan dengan 1 steep sampai dengan steepV.

4.Tingkatan sabuk hijau (Geup 7)

Sabuk hijau melambangkan hijaunya pepohonan pada saat inilah dasar Taekwondo mulai ditumbuhkembangkan ditingkatkan sabuk hijau ini biasanya para Taekwondoin di tiap perguruannnya diajarkan untuk berlatih fighting.Jurus yang ditambahkan yaitu Tage II.Untuk steep diajarkan sampai dengan Steep VIII.

5.Tingkatan hijau strip biru (Geup 6)

Saat menduduki tingkatan sabuk hijau strip biru itu,biasanya tiap Taekwondoin akan mendapatkan latihan yang lebih berat lagi.Karena telah mencapai tingkat sabuk hijau keatas,maka sudah  dianggap senior.Kewajiban seorang senior  adalah membimbing Taekwondoin sabuk yang lebih rendah disaat pelatih maupun asisten pelatih tidak hadir ditempat latihan.

Tendangan ditambahkan adlah tendangan Dwi Urigi  dan untuk stepnya diwajibkan untuk hafal sampai dengan steep IX.Untuk jurus ditambahkan dengan jurus yang bernama Tage III.

6.Tingkatan sabuk biru (Geup 5)

Sabuk biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang  telah kita pelajari.Steep yang dihafalkan sampai dengan tingkat ini adalah sampai dengan steep XI.Tendangan yang ditambahkan adalah tendangan Tiodwichagi,Yapchagi,dan Yapturigi.Untuk jurus tangannya ditambahkan sampai dengan Tage IV.

7.Tingkatan biru strip merah (Geup 4)

Taekwondoin yang berada pada tingkatan sabuk ini akan ditambahkan 1 jurus lagi yang bernama Tage V,lalu dengan steepnya harus dihafal sampai dengan steep XIV.tehnik menghadapi lawan saat kejuaraan haruslah ditambah dan lebih divariasikan lagi.

8.Tingkatan sabuk merah (Geup 3)

Sabuk merah melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita.Seorang Taekwondoin yang berada disabuk ini sudah dapat disebut sebagai Asisten pelatih.Jurus yang diajarkan pada tahap sabuk ini adalah sampai dengan Tage VI sampai dengan step XVIII.

Untuk sabuk selanjutnya yaitu Merah strip hitam I (Geup 2) dan merah strip hitam II (Geup I),tinggal mempelajari sisa-sisa ilmu Taekwondo yang belum mereka pelajari.

9.Sabuk Hitam

Sabuk hitam melambangkan akhir ,kedalaman kematangan dalam berlatih dan penguasaan  diri kita takut dan kegelapan.Pada saat  sabuk ini Taekwondoin sudah mencapai tingkatan guru atau biasa disebut Sabeum di Taekwondo.Pada tingkatan sabuk hitam terbagi menjadi tingkat sabuk hitam polos,dan tingkat sabuk hitam Dan 1 sampai tingkatan sabuk hitam Dan V.Kalau sudah mencapai sabuk hitam Dan V biasanya akan dimasukkan menjadi dewan duru.

Demikianlah Tahapan Tingkatan Sabuk Taekwondo.Setelah anda memahami silahkan segera ikuti latihan,tingkatan sabuk tidak bisa diraih dengan mudah harus berlatih dengan sunggu-sungguh.Seni Pencak akan selalu memberikan informasi tentang beladiri.Ikuti terus postingan selanjutnya.Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Ini nih Tingkatan Sabuk Taekwondo"