Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

MANFAAT GERAKAN SENAM CHIKUNG ATAU QIGONG

Chikung atau Qigong adalah seni beladiri yang berasal dari daratan China.Pada jaman dulu seluruh penduduk China berprofesi sebagai petani,mereka bekerja dari pagi sampai matahari tenggelam.Beberapa dari mereka akan berkumpul dan saling bercerita,dab beberapa orang yang lain akan keluar untuk menikmati udara yang sejuk.

Pada saat keluar menikmati cahaya bulan,sang petani letih dan dapat bernafas dengan santai dan rilex lalu mereka mulai sadar akan adanya sesuatu yang mengalir ditubuh mereka yang menyerupai uap.Mereka merasakan bahwa aliran yang menyerupai uap itu dapat berpindah dari atas ke bawah lalu berkumpul pada suatu titik.inti yang disebut dengan Dantien.Pada masa lampau Qigong atau Chikung dikenal dengan nama Nei Gong atau Dao Yin.Nei Gong yang artinya berltih tenaga dalam sedangkan Dao Yin bertujuan untuk mengelola energi didalam tubuh yang disebut Chi.Pada masa modern latihan ini berubah jadi Qigong atau Chikung.

Gerakan-gerakan Qigong atau Chikung menyebar luas dan dipelajari diberbagai Negara,salah satunya gerakan senam Qigong atau Chikung.Gerakannya yang halus dan dapat dirasakan oleh tubuh mempunyai manfaat yang sangat besar sekali bagi tubuh.Kali ini Seni Pencak akan memberikan 8 gerakan senam Ching atau Qigong beserta manfaatnya.

8 Khasiat Jika Anda Melakukan Gerakan Senam Chikung atau Qigong

8 GERAKAN SENAM CHIKUNG ATAU QIGONG


Saya akan menjelaskan beberapa gerakan senam Chikung atau Qigong yang bisa membuat tubuh anda menjadi sehat dan bugar.Perhatikan dibawah ini :

1.Gerakan menarik busur

Gerakan ini sebenarnya mudah dilakukan yaitu dengan cara kaki direntangkan selebar bahu posisi tangan seperti orang memanah atau menarik busur.Bisa dilakukan dengan posisi kaki seperti kuda-kuda tengah posisi tangan tetap sama dan nafas usahakan serilex mungkin.

2.Menyanggah langit

Gerakan senam ini dilakukan dengan cara posisi kaki dibuka selebar bahu posisi tangan didepan dada kemudian tangan diregangkan keatan secara pelan-pelan sambil menari nafas setelah itu kaitkan jari-jari tangan dengan cara dibalik dan posisi tangan lurus keatas dengan nafas rilex.

3.Menyanggah tangan

Gerakan senam ini dengan cara membuka kaki selebar bahu dan tangan didepan dada seperti orang meditasi atau salah satu tangan ditarik keatas kemudian ditahan beberapa menit sambil bernafas dengan rilex.

4.Memutar lengan sambil membentangkan dada

Posisi kaki sama diatas lakukan gerakan memutar kedua lengan sambil membentangkan dada lakukanlah beberapa menit.

5.Mengulurkan tinju sambil membelakkan mata

Posisi kaki sama yang diatas posisi tangan sambil melayangkan tinju secara bergantian dan mata sambil membelak dan fokus kedepan sambil melayangkan tinju nafas dikeluarkan dari hidung.

6.Mengusap pinggang sampai kaki

Posisi seperti posisi siap rundukkan kepala dan tangan sampai menyentuh tanah tahan selama beberapa menit.

7.Memutar badan dan pinggul

Posisi dibuka lebar seperti posisi kuda-kuda tengah dan tangan diletakkan tepat di kaki masing-masing kemudian putar badan dan pinggul kearah kanan dan kiri.

8.Angkat tumit dan hentakkan

Posisi badan siap kemudian angkat tumit dan hentakkan lakukan bebrapa kali sesuai kemampuan.

MANFAAT SENAM CHIKUNG ATAU QIGONG

Diatas sudah saya jelaskan gerakan-gerakan senam Chikung atau Qigong.Dibawah ini beberapa manfaat yang terkandung didalam gerakan tersebut.Perhatikan dibawah ini :

1.Manfaat melakukan gerakan senam seperti menarik busur adalah untuk menyeimbangkan dan mengisi kembali meridian ginjal dan menguatkan tubuh bagian bawah.

2.Manfaat Gerakan senam menyanggah langit adalah untuk menyeimbangkan penglihatan,menghangatkan aliran energi pada tiga cakera

3.Gerakan senam menyanggah tangan bermanfaat untuk menyehatkan meridian perut dan limpa

4.Gerakan senam memutar lengan sambil membentangkan dada bermanfaat untuk mengembalikan deplesi energi sangat bermanfat untuk menyembuhkan sakit pada tulang belakang,memperbaiki vitalitas,konsentrasi serta menghambat penuaan.

5.Gerakan senam mengulurkan tinju sambil membelakkan mata bermanfaat untuk menguatkan dan merevilitasi hati,menguatkan keberanian dan ketabahan.

6.Gerakan senam mengusap pinggang sampai kaki bermanfaat untuk menstimulasi meridian Yin dan mengatur seluruh pembuluh yang berada dibagian bawah dan seluruh organ yang bersifat padat yang ada pada tubuh manusia

7.Gerakan memutar badan dan pinggul bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan energi kehidupan,berpengaruh terhadap umur dan kekuatan

8.Gerakan senam angkat tumit bermanfaat untuk melatih betis selain itu bisa membersihkan tubuh dari berbagai penyakit,menstimulasi penyembuhan penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh.

Demianlah 8 Gerakan senam Chikung atau Qigong beserta manfaatnya.Sebaiknya dilakukan setiap pagi atau sore.Tempat yang bagus untuk melakukan senam tersebut dialam,disungai ataupun ditempat yang jauh dari keramaian karena udaranya masih terjaga dan menyehatkan.Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Posting Komentar untuk "MANFAAT GERAKAN SENAM CHIKUNG ATAU QIGONG"