Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

METODE TEKNIK DASAR TAEKWONDO

Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai tehnik dasar yang berbeda-beda dan itu harus bisa dikuasai dengan baik.Tehnik dasar gerakan-gerakan pada Taekwondo sendiri lebih banyak diperankan dengan menggunakan kemampuan kaki untuk pertarungan atas (standing fighting),tetapi bukan berarti tidak diajarkan gerakan-gerakan tangan.Gerakana tangan juga diajari tapi hanya sekitar kurang lebih beberapa persen saja.Gerakan- gerakan tangan biasanya hanya dipakai untuk menangkis baik tangkisan atas (Chukio maki) atau tangkisan bawah (are maki) selain gerakan tangan juga dipakai untuk melengkapi keindahan jurus-jurus (pomse) didalam Taekwondo.

Latihan Taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh baik dari pukulan maupun pertahanan dengan tangan.Selain itu jurus-jurus dalam Taekwondo juga dilengkapi dengan tendangan yang amat bervariasi.Apakah sobat Seni Pencak berminat belajar Taekwondo? Sebelum anda mulai latihan sebaiknya kenalilah Tehnik dasar Taekwondo terlebih dahulu sebagai gambarannya.

METODE TEHNIK DASAR TAEKWONDO

TEHNIK DASAR TAEKWONDO

Taekwondo memang terkenal dengan tendangannya yang cepat dan akurat.Dibawah ini jenis-jenis materi dalam Taekwondo,meliputi :

1.Dynamic sport
Dynamic sport merupakan kumpulan-kumpulan tehnik olahraga universal yang disusun sedemikian rupa untuk manikkan stamina dan daya tahan tubuh,kelincahan dan semangat yang biasa dikembangkan dalam mempersiapkan para atlet Taekwondo.Nampak bahwa hampir semua tehnik Taekwondo sesungguhnya merupakan serangkaian mekanisme latihan berantai yang memerlukan latihan tambahan dynamic sport

2.Dynamic streatcing
Dynamic steatching adalah tehnik peregangan yang merupakan bagian terpenting dalam Taekwondo.Baik untuk kelanjutan latihan maupun pencegahan terhadap cidera otot.Latihan peregangan yang dilakukan secara bertahap berupa peregangan dinamis,peregangan pasif dan peregangan aktif dan bila telah cukup terlatih dapat dilanjutkan keperegangan isometric.

3.Bodi strenght
Sebuah latihan light body building untuk membentuk body strenght lazim juga digunakan oleh para atlet untuk memperkuat dan memperindah beberapa bagian tubuh dalam peragaan.

4.Basic movement
Basic movement adalah merupkan gerakan dasar beladiri Taekwondo berupa tehnik kuda-kuda (seo-gi),tehnik pukulan (jirugi) tehnik tendangan (chagi),tehnik tusukan (chirugi),tehnik sentakan (chigi),tehnik sikutan (palkoop)tehnik tangkisan(maggi),tehnik steep (baljit-ki) dan lain-lain.

5.Hosinsool
Hosinsool merupakan tehnik beladiri praktis yang bersumber dari taegeuk,koryo,dan lain-lain.

6.Sparring
Sparring terdiri dari fre sparring untuk sabuk kuning keatas dan 1-3 step sparring untuk semua tingkatan.

7.Poomse
Poomse merupakan pelajaran tentang rangkaian pelajaranyang terangkum dalam taegeuk,koryo,kumkang,taebaek,dan sebagainya

8.Kyupa
Kyupa merupakan tehnik-tehnik yang diuji dengan cara memecahkan papan ,batu bata atau benda keras lainnya.

9.Kihop
Kihop adalah tehnik pernafasan ringan untuk menunjang semangat dan konsentrasi.Di Indonesia lazim disebut sebagai tehnik pernafasan tenaga dalam.

Macam-macam Teknik Tendangan Dasar Taekwondo


Jenis-jenis TEHNIK TENDANGAN DASAR TAEKWONDO

Nama-nama tendangan dasar yang terdapat didalam olahraga beladiri Taekwondo antara lain,perhatikan dibawah ini :

1.Apchagi (tendangan depan)

Tendangan ini dilakukan dengan satu kaki diangkat dan ditendangkan kearah depan

2.Doliochagi (tendangan menuju kesamping

Tendangan ini dilakukan dengan satu kaki diangkat kemudian dibengkokkan sedikit,lalu ditendangkan kearah samping (biasanya tendangan ini lebih banyak digunakan oleh para Taekwondoin saat fighting.

3.Apturigi (tendangan cangkul)

Tendangan ini dilakukan dengan satu kaki diangkat keatas kemudian ditendangkan kearah kepala lawan ,lalu diturunkan tanpa hentakan.

4.Dol’ochogi (tendangan cangkul)

Tendangan ini dilakukan hampir sama dengan tendangan Apturigi hanya saja bedanya diturunkan dengan hentakan yang keras.

5.Dwi chagi (tendangan kebelakang)

Posisi badan diputar kebelakang lalu dengan cepat salah satu kaki ditendangkan ke arah kepala lawan dilakukan dengan kepala agak dibungkukkan.

6.Dwi Uragi (tendangan putar 360 derajatdengan mengaitkan kaki dikepala lawan )

Posisi badan diputar kebelakang,dan dengan cepat salah satu kaki dikaitkan dengan tendangan putar 360 derajat ke arah kepala lawan.

7.Yap Chagi (tendangan samping kearah kepala)

Posisi kaki agak diputar sedikit kesamping ,lalu dihentakkan kemudian ditendangkan kearah kepala lawan.

8.Yap turigi (tendangan samping mengaitkan kearah kepala)

Posisi kaki agak diputar sedikit ke samping lalu ditendangkan dan dikaitkan kearah kepala lawan anda.

Posting Komentar untuk "METODE TEKNIK DASAR TAEKWONDO"