Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

10 Fakta tentang Sotong (Cuttlefish)

Cuttlefish atau Sotong atau "ikan" nus adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai maupun laut atau danau. Hewan ini dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.


Sotong sering kali disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda karena sotong bertubuh pipih, sementara cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Selain itu, cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, sedangkan pada cumi-cumi lunak.

Sotong yang luar biasa ini masuk dalam class "cephalopoda", dan satu family dengan gurita dan cumi-cumi. Sotong juga dianggap memiliki kecerdasan tertinggi dari invertebrata apapun, serta kemampuan untuk melihat ke belakang, penggunaan jet dan menjaga daya apung dengan cara yang sama dengan yang kapal selam lakukan. Sotong juga menyemprotkan tinta!

10. Tulang Sotong Diisi Dengan Gas!
Sotong Pfeffers Flamboyant
Tulang sotong memiliki ruang kecil dan seperti kapal selam, mengisi atau melepaskan gas di dalamnya untuk mengontrol daya apung.

9. Daging dari Sotong Flamboyan beracun
Sotong Flamboyan
Ini adalah satu-satunya spesies sotongi yang diketahui memiliki racun dan membawa racun yang unik pada otot nya. Spesies ini juga pendek dan gemuk, tidak seperti kebanyakan tubuh sotong sotong lainnya yang panjang dan anggun.

8. Mata Sotong berbentuk W
Pupil Sotong halus melengkung membentuk W. Meskipun sotong tidak dapat melihat warna, mereka dapat melihat polarisasi cahaya, yang meningkatkan persepsi kontras mereka. Mereka memiliki dua tempat sel sensor terkonsentrasi pada retina mereka (dikenal sebagai foveae), satu untuk melihat ke depan, dan satu lagi untuk melihat kebelakang. Perubahan fokus mata dilakukan dengan membentuk kembali seluruh mata, bukan membentuk kembali lensa seperti pada mamalia. Berbeda dengan mata vertebrata, tidak ada blind spot, karena saraf optik diposisikan di belakang retina.
7. Sotong Dapat Berubah Warna Dalam Hitungan Detik
 Sepia latimanus (Sotong Karang) dengan warna gelap, detik sebelum berubah putih
Setelah berubah
Sotong karang yang indah berwarna merah muda seperti terlihat diatas dan pada gambar sebelumnya sebenarnya adalah sotong yang sama. Kedua gambar itu diambil hanya terpisah hanya hitungan detik, Sotong berubah warna menggunakan serangkaian sel kulit khusus, kromatofora, iridophores dan leucophores, yang merefleksikan cahaya ke segala macam warna.
6. Sotong Dapat Berkamuflase
Mereka tidak hanya merubah warna, mereka juga dapat berkamuflase hampir sepenuhnya dengan dasar laut.

Posting Komentar untuk "10 Fakta tentang Sotong (Cuttlefish)"