Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

13 Jenis Anggrek yang Paling Bagus dan Indah

Family anggrek, Orchidaceae, mungkin adalah family tanaman berbunga terbesar di dunia. Dengan lebih dari 20.000 spesies dalam lebih dari 700 genera, anggrek dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika, beberapa bahkan tumbuh di dalam Lingkaran Arktik. Terkait dengan tanaman seperti bunga lili, kebanyakan anggrek adalah epifit, yang berarti mereka tumbuh pada tanaman lain.

Jenis lain dari anggrek disebut anggrek terestrial. Anggrek ini tumbuh di tanah. Beberapa dapat tumbuh di bebatuan juga, yang dikenal sebagai anggrek lithophyte. Di alam liar, tidak jarang untuk melihat salah satu jenis anggrek tumbuh di pohon, dan di dekatnya ada jenis lain berkembang di atas batu. Mari kita lihat sebuah galeri dari beberapa anggrek yang indah dari seluruh dunia.

13. Cymbidium
Cymbidium adalah genus evergreen terdiri lebih dari 50 spesies, yang dapat ditemukan di Asia dan Australia. Mudah tumbuh, dan cocok sebagai tanaman hias serta terlihat cantik seperti korsase. Bunga-bunga indah dengan tekstur lilin tebal dan lima kelopak, mereka datang dalam berbagai warna - hijau, putih, krem​​, coklat, pink dan merah. Paling cocok untuk kondisi dingin dan elevasi yang tinggi, beberapa spesies Dwarf Cymbidium telah tumbuh selama berabad-abad di Cina dan Jepang.

12. Anguloa

Anguloa juga dikenal sebagai anggrek tulip, karena kemiripannya. Anguloa ada dalam berbagai warna, dari oranye gelap ke kuning cerah dan putih. Bunga-bunga anggrek ini memiliki aroma yang kuat seperti kayu manis. Berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, anggrek ini telah banyak dibudidayakan oleh semua pecinta dari genus yang luar biasa ini. Meskipun mereka tidak populer sebagai tanaman pot di luar negara asal mereka, mereka dapat terlihat tumbuh di kotak jendela dan di teras.

11. Cattleya

Cattleyas memiliki rhizoma tebal yang merayap, dan bunga-bunga anggrek yang indah ini berkembang seakan meledak keluar dari selubung mereka. Kita dapat dengan mudah mengenali mereka sebagai tanaman yang menghasilkan bunga yang sangat harum dengan tekstur kristal berkilauan, dalam berbagai warna. Cattleyas telah dijunjung tinggi oleh penggemar anggrek sejak zaman Victoria. Didistribusikan di seluruh tropis amerika Tengah dan Amerika Selatan, hibrida Cattleya juga menghasilkan bunga-bunga anggrek yang besar.

10. Vanda

Vanda benar-benar anggrek tropis dan secara luas dibudidayakan di Asia (kebanyakan Thailand, Malaysia dan Singapura) dan di Florida di Amerika Serikat. Anggrek ini adalah anggrek high-light dengan akar besar yang lebih memilih untuk melebarkan keluar di udara. Duri-duri bunga anggrek melengkung keluar dari batang dan kemudian tumbuh tegak, berjajar dengan bunga mencolok dengan sepal berbentuk sendok.

9. Laelia

Anda akan menemukan kelopak, sepal dan bibir bunga Laelia sangat mirip dengan Cattleya. Spesies Laelia mudah untuk dikenali, sebagai bunga flamboyan khas mereka jarang tunggal dan membentuk bibir yg berjumbai megah. Sekitar 50 atau lebih spesies ditemukan di wilayah yang luas dari amerika Tengah sampai Amerika Selatan. Mampu tumbuh di pohon dan batu, spesies ini sangat terkenal untuk toleransi mereka terhadap suhu ekstrem.

8. Dendrobium

Genus Dendrobium memiliki anggota terbesar kedua dari keluarga anggrek, setelah Bulbophyllums, dengan lebih dari 1000 spesies, secara luas terdistribusikan di Australia, Asia, pulau pulau Pasifik barat daya dan bahkan Selandia Baru. Karena luasnya daerah geografis mereka, sulit untuk menggeneralisasi struktur bunga mereka. Salah satu fitur umum adalah penampilan yang seperti timun, dengan daun bengkak. Tanaman ini kurang membutuhkan air selama musim dingin dan harus disimpan cukup kering selama musim dingin.

7. Phalaenopsis

Juga dikenal sebagai anggrek Ngengat, Phalaenopsis adalah anggrek yang paling populer untuk rumah. Anggrek ini tidak hanya menyukai kehangatan pemanas ruangan, tetapi juga tumbuh subur di suhu ruang. Sangat mudah untuk tumbuh, bunga yang harum, datang dalam hampir semua warna dan keragaman pola. Biasanya cabang batang bunga dapat mengangkut hingga 100 bunga.

6. Brassia

Brassias adalah anggrek yang berbentuk aneh yang mencakup lebih dari 30 spesies, berasal dari daerah tropis di dataran tinggi di Amerika. Mudah untuk dibudidayakan, tanaman ini sering disebut 'anggrek laba-laba', karena, kelopak dan sepal yang sangat panjang tipis. Setiap batang bunga membawa 6-12 bunga besar berbentuk bintang yang tahan lama.

5. Stanhopea

Sangat sedikit Anggrek yang eye-catching melebihi Stanhopeas, anggrek yang memiliki keajaiban desain evolusioner. Tanaman ini berkluster menjadi tanaman besar yang mekar sangat harum dan sangat aneh di musim panas. Bunga Stanhopea yang benar-benar luar biasa, hidupnya singkat dan harumnya cukup kuat untuk menarik lebah.

4. Oncidium

Bersaudara dekat dengan Brassia, spesies Oncidium dan hibrida mereka sangat cocok untuk iklim sedang dan hangat. Umumnya dikenal sebagai 'Dancing Lady', ini adalah genus yang besar dan sangat bervariasi dengan lebih dari 400 spesies di seluruh dunia. Oncidiums lebih menikmati kompos terbuka yang lembab daripada air.

3. Miltonia

Miltonia dikenal sebagai tanaman yang cukup mudah beradaptasi. Kadang-kadang spesies Miltonia direkomendasikan sebagai tanaman untuk pemula. Mereka  adalah anggrek berukuran medium, berdaun, berkelopak dan sepal yang runcing dengan bibir besar. Cocok untuk pot dan keranjang, bunga tanaman ini berbentuk bintang dan datang dalam berbagai warna ungu, pink, putih dan pucat-kuning.

2. Zygopetalum

Zygopetalums adalah tanaman yang kuat, berdaun hijau sempit. Mereka berbunga sepanjang tahun dan bunga harum mereka datang dalam warna hijau zaitun ungu dan kaya. Hibrida intergeneric lain datang dalam nuansa cokelat, pink, ungu dan juga khaki. Zygopetalums berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Mereka dapat tumbuh dengan Cymbidiums, dalam pot yang sama.

1. Bulbophyllum

Anggota terbesar dari keluarga anggrek, genus Bulbophyllum berisi salah satu dari kumpulan yang paling luar biasa dari bentuk bunga aneh dan indah yang ditemukan di alam. Mereka banyak tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Beberapa spesies diserbuki oleh lalat dan berbau daging busuk. Tanaman ini juga berbau amis saat terbuka penuh.

Bunga anggrek datang dalam beragam bentuk, ukuran, warna dan wewangian. Beberapa halus-bergaris, terang belang-belang atau ber bintik tebal. Setiap spesies memamerkan pola megah yang rumit.

Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan iklim, kerusakan habitat dan gangguan manusia telah banyak memberikan kontribusi terhadap penurunan anggrek. Dengan punahnya spesies tertentu kita harus belajar untuk tidak mengganggu habitat alami mereka karena anggrek benar-benar berbeda.

Posting Komentar untuk "13 Jenis Anggrek yang Paling Bagus dan Indah"