Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Bahan dan Cara Membersihkan Anting dari Berlian

Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan membersihkannya secara teratur. Namun, perlu Anda ketahui, membersihkan anting berlian tidak bisa sembarangan. Alih-alih ingin membersihkan dan membuat anting berlian Anda berkilau kembali, malah membuatnya rusak dan kilaunya semakin memudar. Nah, beberapa cara berikut dianggap ampuh untuk membersihkan anting berlian Anda. Yuk, simak lebih lanjut bagaimana membersihkan anting berlian yang kotor.

Siapkan Pembersih Khusus

1. Gunakan Pembersih Khusus Berlian

Membersihkan anting berlian dengan menggunakan pembersih khusus berlian adalah salah satu hal yang penting. Jadi, Anda perlu berhati-hati mencari pembersih perhiasan berlian berkualitas. Jika salah pilih justru akan merusak anting berlian yang Anda miliki.

Pertama, carilah pembersih khusus berlian di toko perhiasan terpercaya, Anda dapat membelinya pada toko online maupun offline. Selain di toko perhiasan, Anda bisa mendapatkannya di apotek, pusat perbelanjaan, ataupun toko serba ada lainnya. Jangan lupa juga untuk melihat instruksi penggunaan pembersih yang terdapat di belakang botol.

Kedua, setelah Anda mendapatkan pembersihnya, Anda dapat membersihkan anting berlian dengan mudah di rumah. Caranya, tuangkan sedikit larutan dalam wadah , lalu rendam anting berlian tersebut di dalam larutan secukupnya. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk merendam sekitar 30 menit atau lebih. Setelah itu bilas dengan air hangat atau air biasa dan keringkan dengan kain lembut yang bebas serat. Selalu perhatikan instruksi penggunaan pada kemasan. Jangan melakukan hal yang tidak dianjurkan pada kemasan pembersih. Hal ini tentunya untuk menghindari anting berlian rusak.

2. Sikat dan Kain yang Tepat

Beberapa pembersih khusus perhiasan berlian akan menyediakan sikat dan kain untuk membantu membersihkan perhiasan. Namun, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah jangan menggunakan sikat yang terlalu kasar, karena dapat merusak perhiasan bahkan logam perhiasan terancam tergores.

Pilih sikat gigi berbahan bulu lembut untuk memastikan bahwa saat Anda menggunakan sikat untuk membersihkan anting berlian tidak merusak setting atau prong yang menyangga batu berlian.
Jika pembersih perhiasan tidak menyediakan sikat, Anda bisa mencari sikat pembersih secara terpisah di toko perhiasan. Ataupun, Anda bisa menggunakan siat gigi anak. Umumnya, sikat gigi anak memiliki bahan yang lebih lembut daripada milik orang dewasa.
Tetapi, jika anting berlian tersebut sudah terlalu tua, ada baiknya untuk tidak menyikat anting terlalu lama dan keras. Pasalnya, anting berlian yang telah berumur lama sangat berisiko rusak jika disikat terlalu lama.

3. Pilih Permukaan yang Datar

Saat membersihkan anting berlian, disarankan untuk tidak mencucinya di wastafel. Gunakan wadah lain untuk menampung anting berlian. Hal ini bertujuan untuk menghindari anting berlian terlepas dari genggaman dan berakhir di saluran pembuangan. Jadi untuk menghindari hal tersebut, siapkan wadah lain ataupun tutup saluran pembuangan wastafel.

Ada baiknya untuk membersihkannya di atas meja dengan permukaan yang datar dan tidak berlokasi di dekat wastafel. Jangan lupa juga untuk menyiapkan handuk atau kain lembut untuk mengeringkan anting yang telah selesai dicuci.

Membersihkan Anting Berlian Dengan Produk Rumah Tangga

1. Sabun Cuci Piring

Pada umumnya, ada beberapa perlengkapan pembersih rumah tangga yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan anting berlian. Salah satunya adalah sabun atau cairan cuci piring. Caranya ialah dengan membuat larutan cuci piring yang dicampur dengan sedikit air. Beberapa cairan cuci piring dapat membersihkan kotoran dan minyak yang terdapat pada anting berlian Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan anting berlian adalah dengan melarutkan sabun cuci piring dan air dengan perbandingan 1 banding 1. Aduk hingga rata dan pastikan sabun cuci piring tidak mengandung parfum atau pemutih  yang justru dapat merusak anting. Setelah larut, rendam anting selama kurang lebih 5 menit. Pada waktu tersebut, kotoran dan minyak yang menempel pada anting dapat terlepas.
Setelah direndam tersebut, angkat anting dan gosok dengan sikat gigi lembut, lalu sikat anting untuk kembali melepaskan kotoran yang menempel. Setelah itu bilas anting hingga bersih dan lap dengan handuk lembut.

2. Vodka

Bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan perhiasan berlian di rumah adalah vodka. Vodka memang tak selalu ada di rumah semua orang, namun vodka merupakan ‘senjata’ rahasia untuk membersihkan batu berlian di rumah. Tak hanya batu berlian, batu permata lain pun bisa dibersihkan menggunakan vodka. Caranya adalah dengan mencelupkan kain ke dalam vodka, lalu gosokkan kain tersebut pada perhiasan berlian selama beberapa menit. Setelah itu, anting berlian Anda akan berkilau seperti sedia kala.

3. Soda

Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan perhiasan berlian di rumah adalah dengan menggunakan soda. Siapkan wadah untuk mencampur cairan soda dengan beberapa tetes detergen. Campurkan soda dan deterjen 1 berbanding 1, kemudian aduk hingga rata dan mengeluarkan gelembung-gelembung sabun.

Nah, gelembung tersebut dipercaya dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada anting berlian. Rendam perhiasan ataupun anting berlian pada cairan soda bercampur detergen tersebut sekitar 20 menit. Setelah 20 menit angkat perhiasan dan gosok dengan sikat pembersih berbahan lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sela-sela anting. Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut.

4. Amonia

Beberapa pakar jarang yang menganjurkan menggunakan ammonia untuk membersihkan perhiasan berlian, anting berlian. Mungkin memang terdengar terlalu keras jika menggunakan ammonia untuk membersihkan perhiasan berlian Anda. Tetapi, membersihkan anting berlian menggunakan ammonia tergolong sesuatu yang biasa dilakukan.

Campurkan satu bagian ammonia dengan enam bagian air panas (1:6). Namun, jangan gunakan air panas jika Anda ingin mencuci batu permata lain, selain berlian karena dapat merusaknya. Masukkan anting berlian tersebut ke wadah campuran air dan ammonia selama kurang lebih 20 menit. Jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan saat Anda melakukannya.

Setelah 20 menit, masukkan anting berlian pada wadah lain yang berisi air hangat dan campuran satu sendok teh sabun cuci piring. Gosok anting secara lembut hingga tidak meninggalkan kotoran atau minyak. Selanjutnya, bilas anting atau perhiasan berlian lainnya dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.

Posting Komentar untuk "Bahan dan Cara Membersihkan Anting dari Berlian"