Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Macam macam Smash / Spike pada Permainan Bola Voli

Pengertian smash dalam bola voli beserta macam dan jenis smash. Smash adalah sebuah teknik serangan yang dilakukan dengan memukul bola dan bertujuan untuk menempatkan bola ke area tim lawan tanpa bisa di block ataupun dikembalikan oleh pihak lawan, sehingga mematikan lawan dan tentunya menambah nilai atau poin dari tim. Smash merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh pemain bola voli, karena kebanyakan dalam sebuah pertandingan bola voli sebuah tim akan menggunakan teknik smash ini untuk menambah ataupun mengumpulkan poin demi poin sehingga bisa meraih kemenangan. Faktor yang mendukung keberhasilan seorang spiker dalam memukul bola selain umpan yang diberikan dari setter adalah ketepatan atau timing, yaitu ketepatan saat melakukan awalan, ketepatan saat meloncat dan ketepatan saat memukul bola. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/pengertian-smash-dalam-bola-voli.html

Teknik serangan smash (spike) juga disebut sebagai pukulan ketiga dalam bola voli. Dimana pada umumnya pukulan / teknik pertama yang sering dilakukan adalah teknik passing untuk mengoper atau mengumpan bola ke arah tosser (setter), dan pukulan / tehnik kedua yang dilakukan umumnya adalah teknik set yang dilakukan oleh setter permainan (tosser), yang kemudian diikuti oleh pukulan ketiga yaitu spike (smash). Spiker yang melakukan pukulan smash dengan baik akan tidak mampu dibendung (blocked)  oleh pihak lawan sehingga bola akan masuk atau tidak bisa dikembalikan oleh lawan, dan meskipun bisa diblock oleh pihak lawan, bola akan melambung menjauh ataupun ke luar dari area lapangan.

 Namun melakukan pukulan spike seperti itu benar-benar tidak mudah, terlebih lagi jika lawan yang dihadapi sangat kompak dan tangguh dalam hal pertahanan. Selain itu pukulan smash yang keras pun juga tidak menjamin bola akan tidak bisa dibendung dan masuk, terlebih lagi jika serangan smash (spike) tersebut sudah bisa dibaca oleh pihak lawan, bisa saja bola itu menjadi bumerang untuk tim sendiri karena teknik smash seperti itu sangat mudah untuk dibendung. Oleh karena itu dalam sebuah pertandingan seorang setter (tosser) dituntut kreatif untuk memberikan umpan-umpan bola yang variatif sehingga serangan-serangan yang dilakukan akan sangat sulit untuk dibaca oleh pihak lawan. Dan dari variasi-variasi umpan yang diberikan oleh tosser ini telah menghasilkan beberapa nama-nama smash yang dibedakan menurut jenis ataupun macam-macam umpan yang diberikan ke spiker.
Berikut ini adalah macam-macam atau jenis smash:

Jenis smash (spike) yang dibedakan berdasarkan jenis umpan yang diberikan, antara lain: 
  • Open Spike 
  • Semi Spike 
  • Quick Spike 
  • Back Attack Spike
Jenis smash (spike) yang dibedakan berdasarkan tingkat keras dan lemahnya pukulan, antara lain: 
  • Hard driven spike 
  • Off speed spike (Placing) 
  • Tip (feint)
Demikianlah artikel yang terkait tentang pengertian smash dalam bola voli beserta macam dan jenisnya.  

Posting Komentar untuk "Macam macam Smash / Spike pada Permainan Bola Voli"