Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Safir Gooty - Tarantula Biru Metalik

Poecilotheria metallica adalah spesies tarantula. Hewan ini memiliki warna biru metalik yang brilian. Seperti tarantula lain dalam genus nya, tarantula ini juga menunjukkan sebuah pola rumit seperti fraktal pada perutnya. Habitat alami spesies ini 'adalah hutan gugur di Andhra Pradesh, di pusat India selatan.

P. metallica pertama kali ditemukan di kota Gooty, dan ini tercermin dalam beberapa nama umum diantaranya adalah: Gooty sapphire ornamental tree spider, Safir Gooty, dan Tarantula Gooty. Nama umum lainnya adalah tarantula metalik, laba-laba parasut laba-laba, merak tarantula, atau salepurgu.



Distribusi

P. metallica hanya ditemukan di daerah kecil, kurang dari 100 kilometer persegi (39 mil persegi), hutan lindung yang tetap sangat terganggu. Survei di hutan yang berdekatan telah gagal untuk mengamati spesies ini. Pernah ada spesimen yang ditemukan di kayu jalan kereta api di Gooty sekitar 100 km sebelah barat daya dari hutan asalnya, tetapi diyakini telah terangkut kesana dengan kereta api.

Perilaku

Perilaku P. metallica yang serupa dengan banyak laba-laba arboreal. Di alam liar, P. metallica hidup di lubang pohon tinggi di mana mereka membuat jaring asimetris. Mangsa utama mereka terdiri dari berbagai serangga terbang. Telah diamati bahwa laba-laba dari genus ini dapat hidup secara komunal ketika teritori, yaitu jumlah lubang per pohon, terbatas.

Sayangnya karena keindahannya, spesies ini diinginkan oleh banyak penggemar tarantula, sehingga dewasanya dapat mencapai nilai $ 500 di Amerika Serikat. Seperti banyak laba-laba, jenis kelamin dapat mempengaruhi harga; betina hidup selama sekitar 12 tahun, 3 sampai 4 kali lebih lama dari jantan, membuat mereka lebih mahal. Juga perempuan dianggap lebih berguna untuk pembibitan, membuat permintaan yang lebih tinggi.


Konservasi

P. metallica diklasifikasikan sebagai terancam punah oleh IUCN Red List. Ancaman utama bagi kelangsungan hidup spesies 'adalah degradasi dan hilangnya habitat oleh penebangan pohon untuk kayu bakar dan membuka ladang. Ini diperparah dengan rentang P. metallica yang sangat terbatas. Ancaman lain yang diidentifikasi oleh penilai IUCN adalah perdagangan hewan untuk peliharaan.

Jumlah spesies ini 'tidak diketahui, tetapi kombinasi dari berbagai ancaman menunjukkan tren penurunan populasi.
Cara Mengatasi Hp Tak Mengisi saat di-Charge, Baterai Malah Berkurang

Bisa

Belum pernah ada kematian manusia tercatat karena gigitannya; Namun spesies ini dianggap memiliki gigitan yang signifikan secara medis, dengan racun yang dapat menyebabkan rasa sakit, dilihat dari pengalaman para pawang yang pernah digigit laba-laba lain dari genus ini. Sebagian besar gigitan dari spesies ini adalah "gigitan kering" di mana tidak ada racun disuntikkan. Efek mekanik gigitan masih bisa mengkhawatirkan, karena  P. metallica dewasa memiliki taring yang bisa mencapai hampir 3/4 inci panjangnya. Mereka dapat bergerak dengan cepat dan dapat mempertahankan diri ketika terpojok, meskipun mereka lebih cenderung untuk mencoba bergegas pergi dari pertarungan. Efek jika terkena racunnya antara lain adalahi peningkatan denyut jantung diikuti dengan berkeringat, sakit kepala, kram dan pembengkakan. Efek dapat bertahan hingga seminggu.



Source: Wikipedia

Posting Komentar untuk "Safir Gooty - Tarantula Biru Metalik"