Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Syarat dan Cara Mengajukan Kredit Motor Baru dan Bekas

Syarat Pengajuan Kredit Motor Baru

1. Pastikan Nama Anda Tidak Di Blacklist Leasing/Bank Indonesia Dan Memiliki Track Record Pembayaran Yang Baik

Hal ini adalah hal yang sangat penting jika anda akan mengajukan kredit. Apabila anda mempunyai kemampuan untuk membayar tetapi nama anda sudah di blacklist oleh leasing maka anda tidak dapat mengajukan kredit lagi pada leasing tersebut.

Sebelum anda bersedia untuk disurvey oleh pihak leasing sebaiknya anda mengetahui nama leasingnya terlebih dahulu dan pastikan anda tidak pernah ada masalah dengan leasing tersebut.

2. Data-Data Lengkap

Data wajib yang harus dilengkapi untuk pengajuan kredit adalah KTP dan Kartu Keluarga. Tetapi data tersebut terkadang kurang cukup untuk mengajukan kredit, dan terkadang pihak leasing akan meminta data pendukung lainnya. Hal ini dilakukan tergantung dengan kondisi anda pada saat anda disurvey.

Contoh data pendukung lainnya adalah slip gaji/surat keterangan kerja, surat keterangan domisili, surat nikah, surat kepemilikan rumah, surat kematian dan lain-lain.

Apabila anda dapat melengkapi data pendukung yang diminta oleh pihak leasing maka kemungkinan besar pengajuan kredit anda akan disetujui oleh pihak leasing.

3. Mempunyai Pekerjaan/Penghasilan Tetap Dan Dapat Dibuktikan

Hal ini juga berperan penting apabila anda akan mengajukan kredit. Karena apabila data-data anda sudah lengkap tetapi anda tidak mempunyai penghasilan tetap maka pengajuan kredit anda sulit untuk disetujui.

Sebaiknya untuk anda yang berprofesi sebagai pekerja/karyawan masa kerja minimal 3 bulan baru anda dapat mengajukan kredit, tetapi tidak menutup kemungkinan juga pada anda yang berkerja baru 1-2 bulan. Hal tersebut kembali lagi kepada penghasilan yang anda terima setiap bulannya. Apabila peghasilan anda sudah cukup untuk mengajukan kredit maka tidak menutup kemungkinan pengajuan kredit anda akan disetujui.

Dan jika anda sebagai seorang pengusaha/wiraswasta maka anda juga dapat mengajukan kredit. Disetujui atau tidak kembali lagi kepada penghasilan yang anda terima setiap bulannya.

4. Mengajukan Kredit Dengan Uang Muka Yang Lebih Besar

Apabila anda mengajukan kredit dengan uang muka yang lebih besar maka pengajuan kredit anda akan disetujui dengan kemungkinan lebih besar.

Uang muka besar yang dimaksud adalah uang muka 30 % dari harga On The Road, contohnya apabila anda ingin mengajukan kredit motor Honda Beat FI CW dengan harga On The Road Rp 13. 850.000 maka uang muka 30% adalah sebesar Rp 4.000.000.

Semakin besar uang muka yang anda ajukan, semakin besar pula peluang anda agar pengajuan kredit disetujui.

5. Memiliki Tempat Tinggal Jelas

Dengan memiliki tempat tinggal yang jelas/tetap (tidak sewa) maka lebih memudahkan anda dalam pengajuan kredit. Dan bagi anda yang tempat tinggalnya masih sewa, anda tidak perlu berkecil hati karena anda juga dapat mengajukan kredit.

Tetapi jika tempat tinggal anda masih sewa dan kurang dari 3 bulan (masih baru) maka akan sulit mengajukan kredit, usahakan agar anda mendiami
tempat tinggal tersebut dengan kurung waktu diatas 3 bulan.

Hal ini memudahkan pihak leasing untuk menyetujui pengajuan kredit anda.

6. Usia Pemohon minimal 21 Tahun Dan Maksimal 60 Tahun

Apabila usia anda belum mencapai 21 tahun maka anda belum bisa mengajukan kredit, tetapi anda dapat mengantinya dengan orang tua anda sebagai pemohon kredit yang usianya belum mecapai 60 tahun.

Dan jika usia anda lebih dari 60 tahun maka anda juga tidak dapat mengajukan kredit, tetapi anda dapat menggantinya dengan anak anda yang usianya diatas 21 tahun dan sudah mempunyai pekerjaan/penghasilan tetap untuk dijadikan pemohon kredit.

Kesimpulan
Apabila anda sudah mempunyai 6 hal yang tertera di atas maka pengajuan kredit anda pasti lancar. Bagaimana apabila anda tidak memiliki semua dari 6 hal yang ditulis diatas ? Kami siap membantu anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan kami akan berusaha sekuat tenaga agar anda bisa memiliki motor impian anda.

Syarat Pengajuan Kredit Motor Bekas

Adanya kebutuhan akan kendaraan bermotor menyebabkan permintaan motor bekas sebanding dengan motor baru. Banyak lembaga perkreditan yang menawarkan kemudahan untuk membawa pulang motor tanpa harus melunasinya terlebih dulu. Hal yang sangat wajar apabila kita merasa bimbang ketika kita ingin membeli motor bekas. Ketakutan terbesar akan terus menghantui, mendapatkan barang yang kurang cocok setelah transaksi, penipuan kualitas barang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan apabila kita membeli sebuah kendaraan bekas, maka kita harus benar-benar teliti dalam memilihnya.

Cara dan syarat mengajukan kredit motor bekas di Adira Finance hampir sama dengan kredit motor di FIF. Dalam mengajukan kredit yang paling penting di disiapkan adalah persyaratan berkas dokumen, serta kondisi keuangan kita terkait kemampuan melunasi angsuran setiap bulannya. Sedangkan tata cara pengajuan kredit tidaklah sulit, selama syarat telah lengkap maka tinggal hubungi agen adira, proses pengajuan kredit pembiayaan langsung selesai dalam sekejap.

Persyaratan dokumen mengajukan kredit motor bekas di Adira:

  1. Fotokopi KTP Suami/ Istri pemohon
  2. Fotokopi KK
  3. Slip gaji, rekening listrik/ telepon 3 bulan terakhir atau bisa juga dengan SK pekerjaan.

*persyaratan ketiga bisa dilewati bila kita pernah melalukan kredit barang di Adira dengan catatan pelunasan yang baik.

Kondisi keuangan terkait kemampuan pelunasan angsuran kredit sangat penting kita analisa sendiri, sebagai pengaju permohonan kredit motor bekas maka kitalah yang paling memahami tentang besaran angsuran Ideal. Misalnya kita memiliki Gaji pokok sebesar 3 juta Rupiah, dan sebahagian gaji telah dipotong untuk membayar pinjaman uang tanpa agunan di Bank sebesar 1,2 juta maka idealnya besar angsuran motor bekas yang kita pilih tidak lebih dari 800 ribu / bulan, sehingga sisa gaji pokok yang diterima minimal 1 juta.

Cara mengajukan kredit motor bekas di Adira Finance

  1. Siapkan dokumen persyaratan
  2. Datangi dealer motor bekas terdekat, beli di daeler biasanya urusannya lebih cepat daripada beli langsung dari pemilik.
  3. Pilih sepeda motor bekas yang akan dibeli secara kredit.
  4. Hubungi Adira Finance/ Agen petugasnya.
  5. Urusan pengajuan kredit akan diselesaikan oleh petugas Adira Finance. 
  6. Kalau pembiayaan kredit kita diterima, maka akan mendapat kartu member bentuknya mirip ATM dan di sana tercantum nomor pembayaran angsuran. 

Inti dari cara mengajukan permohonan ini ada pada pelengkapan persyaratan serta analisa kemampuan keuangan kita. Selama persyaratan lengkap maka proses pengajuan kredit dengan mudah diselesaikan, dan selama kemampuan penghasilan kita baik maka tidak akan perna ada istilah tunggakan kredit dan denda. Terkait tata cara administrasi, tidak perlu repot memikirkannya. Petugas Adira akan mengurusnya dengan cepat dan mudah, selama kita mampu melengkapai persyaratan.

Pembayaran Angsuran Kredit Adira FinancePembayaran angsuran bisa dilakukan melalui loket kantor pos dan Bank. Cara membayar di loket ini sangat mudah, cukup serahkan saja kartu member dari adira dan uang ansuran. Cara yang lebih mudah lagi dan tanpa antrian adalah melalui ATM dan Internet Banking.

Itulah seputar tata cara mengajukan kredit motor bekas di Adira Finance, syarat tersebut diatas juga berlaku untuk pembiayaan barang lain via Adira, seperti; Televisi, Kulkas, AC, Home teater dan barang elektronik lainnya. lebih lengkap dan jelasnya harap hubungi outlet atau kantor adira finance terdekat.

Posting Komentar untuk "Syarat dan Cara Mengajukan Kredit Motor Baru dan Bekas"