Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Tips Menangkal Flu di Musim Hujan

Jika sebelumnya, penyakit flu kerap 'datang' ke tubuh Anda selama musim hujan, kini saatnya Anda untuk melawan!
Yuk, lakukan tindakan preventif berikut ini agar tubuh terhindar dari serangan flu.
1. Cuci Tangan
Terdengar sangat remeh, tapi inilah tindakan preventif yang sangat berguna untuk mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh. "Langkah pertama pencegahan flu adalah mencuci tangan dengan benar dan sering," kata Andrew Pekosz, Ph.D., ahli mikrobiologi dari Johns Hopkins University. 

Cuci tangan secara menyeluruh dengan air mengalir dan sabun (sabun apa saja, tak harus antibakteri). Gosok telapak tangan, sela-sela jari, dan punggung tangan selama minimal 20 detik. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, saat kondisi darurat, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizeryang memiliki kadar alkohol setidaknya 60 persen. 

2. Jaga Sirkulasi Udara
"Flu bisa menular dengan cepat di ruangan ber-AC, kan, karena tidak ada pergantian udara. Coba cegah dengan memperbaiki sirkulasinya, tutur Dr. Alvin Indradjaja, B. HScChinese Medicine Physician dari O Clinic, Jakarta Selatan. . Sebab itu, bukalah jendela ruangan di pagi hari (sebelum pukul 9 pagi), setelah itu baru nyalakan AC.   

3. Batasi konsumsi alkohol
Menurut hasil studi yang termuat pada jurnal BMC Immunology, alkohol dapat merusak kemampuan sel darah putih untuk berperang melawan virus, bahkan hingga 24 jam setelahnya. Sebab itu, batasi konsumsi alkohol, satu gelas saja sudah cukup kok, ladies!

4. Vitamin C bukan jaminan
Tak perlu mengonsumsinya berlebihan, pasalnya vitamin C bukan senjata utama yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

"Tidak ada studi yang membuktikan bahwa vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi kalau membantu meningkatkan antioksidan, iya," kata Alvin. 

5. Perbanyak tidur
Menurut Archives of Internal Medicine, orang yang selalu tidur kurang dari tujuh jam sehari memiliki risiko tiga kali lipat lebih tinggi terkena flu dibanding yang tidur delapan jam atau lebih. 

Karena itu, Alvin menyarankan sebisa mungkin untuk tidur pada pukul 9 malam dan bangun sebelum matahari terbit.

6. Konsumsi buah dan sayur
Tahukah Anda jika semakin terang warna buah atau sayur, maka semakin tinggi pula kandungan antioksidannya.

Selain perbanyak konsumsi buah dan sayur, perbanyak pula konsumsi protein karena sistem kekebalan tubuh dihasilkan olehnya. Pilih sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan, atau ayam

Posting Komentar untuk "Tips Menangkal Flu di Musim Hujan"