Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

10 Tanaman Karnivora Nan Cantik

Jutaan tahun evolusi, alam telah menciptakan beberapa tanaman yang sangat tidak biasa dan sangat aneh, yang menarik para hewan, memerangkapnya lalu mencernanya. Daftar hewan yang menjadi mangsa tanaman ini meliputi apa pun dari vertebrata kecil dan kutu air untuk nematoda serta kupu-kupu.

Terkenal sebagai 'tanaman karnivora', ada lebih dari 600 spesies yang menakjubkan dari tanaman ini, ditemukan di seluruh dunia. Setiap jenis tanaman dikarakterisasikan oleh kondisi lingkungan tertentu. Mari kita lihat beberapa spesies tanaman yang paling indah namun 'pemakan daging' yang mematikan ini.

10 Nepenthes

Nepenthes merupakan genus tumbuhan yang menarik untuk dipandang, asli dari daerah tropis dan menampilkan sekitar 100 spesies. Juga dikenal sebagai 'tanaman pitcher Asia', mereka menjajah berbagai habitat tropis, mulai dari permukaan laut sampai daerah pegunungan yang sejuk.

Perangkap tanaman ini adalah perangkap perangkap pasif, berbentuk seperti pitcher, yang tidak bergerak. Perangkap ini sangat stabil yang berisi dengan cairan yang mengandung zat aktif permukaan. Cairan ini memastikan bahwa korban benar-benar "dibasahi" dan tidak bisa melarikan diri setelah mereka jatuh masuk

9. Cephalotus

Cephalotus memiliki distribusi daerah yang sangat kecil di barat daya Australia dan mengandung hanya satu spesies, Cephalotus follicularis. Tanaman ini juga dikenal sebagai 'tanaman pitcher Australia', karena tanaman memiliki daun perangkap berbentuk pitcher.

Tanaman ini menangkap mangsanya dengan perangkap pitfall. Seluruh proses berlangsung di tiga zona yang berbeda: zona tarik zona, zona slip, dan zona pencernaan. Perangkap terbuka dibatasi oleh collar, sehingga setelah korban jatuh ke dalamnya, mereka tidak dapat naik kembali untuk keluar lagi.

8. Heliamphora

Tumbuhan evergreen yang berumur panjang yang mengembangkan tunas sederhana atau bercabang dari rizhoma ini, tidak lain adalah Heliamphora. Umumnya dikenal sebagai 'pitcher matahari', tanaman ini memiliki sistem akar yang dikembangkan dengan baik. Daun tubular tanaman ini berfungsi sebagai organ perangkap. Corong berbentuk kendi diisi dengan air dan dibentuk sebagai perangkap pitfall. Ketika serangga jatuh ke dalam cairan ini dan tenggelam, mereka dicerna dengan bantuan bakteri yang hidup dalam cairan.

7. Byblis

Kadang-kadang juga disebut 'tanaman pelangi', Byblis adalah genus kecil dari tanaman karnivora yang menangkap mangsanya menggunakan perangkap perekat pasif. Batang tanaman ini ditutupi dengan rambut kelenjar yang mengeluarkan zat lengket yang menangkap dan mencerna serangga. Namun, ia memiliki bug kecil sendiri yang berjalan di sekitar tanaman tanpa terjebak dan membersihkan bangkai serangga dengan memakan mangsa yang tertangkap oleh tanaman.

6. Utricularia

Bunga bunga dari berbagai spesies Utricularia
Pertama kali dijelaskan pada 1753, Utricularia adalah genus tanaman karnivora yang paling banyak terdistribusikan. Juga terkenal dengan sebutan 'bladderworts', perangkap kecil dari genus ini adalah yang paling kompleks dan paling canggih diantara genus tanaman karnivora lainnya.

Semua Utricularia adalah karnivora dan menangkap organisme kecil dengan perangkap yang seperti kandung kemih. Perangkap dapat berbagai ukuran dari 0,2 mm sampai 1,2 cm. Spesies akuatik, seperti vulgaris Utricularia (bladderwort umum)., Memiliki kandung kemih yang biasanya lebih besar dan dapat memakan mangsanya yang lebih substansial seperti kutu air (Daphnia), nematoda dan bahkan fish fry, larva nyamuk dan kecebong muda. Meskipun ukurannya kecil, mereka adalah perangkap yang sangat canggih. Perangkap aktif dari spesies Utricularia air, bladder berada di bawah tekanan negatif dalam kaitannya dengan lingkungannya sehingga ketika pintu jebakan secara mekanik terpicu, mangsa, bersama dengan air di sekitarnya, tersapu ke dalam kandung kemih. Setelah kandung kemih penuh dengan air, pintu menutup lagi, seluruh proses hanya butuh waktu seper sepuluh ribu detik.

Bladderworts adalah tanaman yang tidak biasa dan sangat khusus, dan organ-organ vegetatif tidak jelas dipisahkan ke dalam akar, daun, dan batang seperti pada angiosperma lain. Sebaliknya perangkap Kandung kemih, diakui sebagai salah satu struktur yang paling canggih di kerajaan tanaman.

5. Sarracenia

Ditemukan secara eksklusif di bagian timur Amerika Utara, genus ini memiliki sekitar 8-10 spesies yang berbeda. Fitur yang paling menarik dari tanaman ini adalah daun tubular mereka dengan jahitan mirip sayap. Biasanya spesies Sarracenia memerangkap serangga dengan menggunakan pitcher, nektar dan pijakan licin di sekitar bibir. Diketahui juga bahwa cairan pitcher memiliki pengaruh memabukkan dan anestesi pada berbagai serangga.

4. Pinguicula

Dengan lebih dari 80 spesies, genus Pinguicula tampaknya sedikit polos pada pandangan pertama. Tapi tanaman ini mengandung keindahan halus tersendiri dan kompleksitas. Juga dikenal sebagai 'butterworts', kebanyakan dari mereka adalah tanaman terestrial dan tanaman herbaceous rosette. Daun butterworts memiliki kepala-kepala kelenjar batang yang memproduksi lendir lengket di ujungnya, untuk menjerat mangsanya. Spesies Pinguicula juga dikenal memiliki bau paling busuk, yang dapat berfungsi untuk menarik mangsanya.

3, Aldrovanda

Serupa dengan genus Dionaea (lihat di bawah), spesies Aldrovanda juga menggunakan metode snap-trap untuk menangkap mangsanya. Tanaman terapung ini , biasanya berwarna hijau pucat , juga dikenal sebagai 'tanaman kincir air'. Memiliki daun mirip dengan penangkap lalat Venus. Untuk menangkap mangsa yang lewat, mekanisme perangkap digunakan secara cepat. Perangkap Lobus dilengkapi dengan rambut pemicu yang menyebabkan perangkap menutup dengan cepat dan tepat.

2. Drosera

Genus Drosera terdiri lebih dari 150 spesies, yang adalah permata bagi dunia tanaman karnivora. Juga dikenal sebagai 'sundews', tanaman ini mampu melakuka penyerbukan dan pembuahan sendiri. Sundews memiliki perangkap perekat aktif. Mangsa mereka juga tertarik dengan sinyal optik. Menggunakan kelenjar berlendir yang mengalir menutupi permukaan daun, tanaman menangkap serangga. Bahkan, untuk menangkap korban, semua spesies sundew mampu menggerakkan tentakel menuju pusat daun. Selengkapnya baca disini

1. Dionaea

Tidak ada yang bisa menyangkal keindahan dari 'penangkap lalat Venus'. Dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling indah di dunia, spesies ini mungkin fitur yang terbaik uang dipelajari dari semua tanaman perangkap karnivora. Genus Dionaea hanya terdiri dari satu spesies, penangkap lalat Venus, adalah tanaman roset yang relatif kecil yang menghasilkan tunas di musim semi. Daun penjebak yang bergerak cepat dari tanaman ini adalah snaptrap dengan bulu marjinal. Begitu mangsa terjebak di dalam, perangkap menutup dan "mengamankan" mangsa; bagian-bagian lembut dipecah, dicerna dan diserap. Pencernaan selesai dalam waktu sekitar 10 hari.

Saat ini, sulit untuk mengabaikan status perlindungan terhadap beberapa tanaman karnivora. Meningkatnya minat dalam koleksi tanaman langka dan perusakan habitat merupakan dua faktor utama yang mempengaruhi kelangsungan hidup tanaman yang luar biasa ini. Jadi, memerangi perdagangan ilegal bisa membantu memastikan konservasi mereka.

Perhatikan bahwa yg namanya tumbuhan walau mereka karnivora, mereka tidak bisa berjalan, berlari apalagi terbang untuk mencari makan, mereka hanya diam di satu tempat selama hidupnya. Sedangkan makanan dari tumbuhan karnivora ini justru bisa bergerak bebas menghindari bahaya.

Dan berapa banyak Daabbah yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS Al Ankabuut ayat 60)

Jadi kemampuan tanaman diatas mencari mangsa dan bahkan kemampuan semua mahluk untuk mencari rejekinya, itu bukan berasal dari mahluk tersebut, tetapi Allah lah yang memang sudah mengatur rejeki kita masing masing dengan caraNYA. Jadi jangan pernah berkata, rejeki/harta saya ini hasil keringat saya atau hasil kepintaran/keahlian saya. Karena semuanya itu DIA lah yang mengatur dan memberi tanpa pandang bulu, kecuali hanya berdasarkan dengan usaha kita masing masing. Sesungguhnya DIA Maha Pemurah dan Maha Pemberi rejeki

Posting Komentar untuk "10 Tanaman Karnivora Nan Cantik"