Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Lima Danau Lava di Dunia

Apa yang tampak seperti sebuah cahaya di kawah sebenarnya adalah sebuah danau lava. Danau lava yang bertahan cukup lama sangatlah jarang, karena mereka membutuhkan gunung berapi yang aktif dengan erupsi yang menghasilkan lava aktif yang cukup. Saat ini, hanya ada lima danau lava di dunia: Erta Ale di Ethiopia, Nyiragongo di Republik Demokratik Kongo, Kilauea di Haiwaii, Gunung Erebus di Antarktika dan Villarrica di Chili. Mari kita lihat lebih dekat keajaiban alam ini.

Danau lava dapat terbentuk di lubang atau kawah gunung berapi atau depresi yang luas. Mereka mengandung banyak lava, baik yang berbentuk cairan panas sebagian atau seluruhnya berupa lava panas yang padat. Erupsi eksplosif juga bisa disebabkan ketika air tanah menghantam batu panas atau batu yang meleleh dan memancar menjadi uap.

Nyiragongo, Republik Demokratik Kongo


Gunung berapi ini mungkin memiliki danau lava yang paling berbahaya di dunia karena terus disokong oleh letusan Gunung Nyiragongo yang sering, yang disebabkan oleh retakan dari kerak bumi di mana sebagian dari Lempeng Afrika pecah berantakan.


Nyiragongo adalah Stratovolcano, puncaknya menjulang memiliki kawah utama dengan kedalama 250 m dan lebar 2 km. Sebuah letusan besar dimulai pada 17 Januari 2002, yang memaksa 500.000 orang mengungsi dan aliran lavanya bahkan sampai ke kota Goma, yang berada 20 km jauhnya.


Erta Ale, Ethiopia


Erta Ale adalah gunung berapi perisai terisolasi,  yang terletak tepat di atas retakan Afrika Timur. Gunung berapi perisai mendapatkan nama mereka dari profil sudut rendah mereka yang menyerupai perisai seorang prajurit. Erta Ale adalah gunung berapi paling aktif Ethiopia.


Erta Ale memiliki tinggi 613 meter (2.011 kaki), dengan satu atau kadang-kadang dua danau lava aktif pada puncaknya yang kadang-kadang melimpah ke sisi selatan gunung berapi tersebut. Danau lava ini tercatat sebagai danau lava terpanjang, yang hadir sejak awal abad kedua puluh (1906).


Erta Ale berarti "gunung yang merokok" dalam bahasa lokal Afar dan lubang di selatan dikenal secara lokal sebagai "pintu gerbang ke neraka". Pada tahun 2009 daerah ini dipetakan oleh tim dari BBC menggunakan tiga teknik laser dimensional. Laser scanning, yang dapat memetakan semua permukaan dari kejauhan, digunakan, karena danau ini memiliki suhu panas yang membakar.

Kilauea, Hawaii


Kilauea merupakan gunung berapi aktif di Kepulauan Hawaii, danmerupakan sebuah gunung berapi perisai. Kilauea memiliki ketinggian 1.277 meter. Kilauea adalah danau besar lava. Kawah Kilauea bernama Pu'u'O'o.

Puu Oo
Letusan pertama Kilauea diperkirakan terjadi 300-600 tahun yang lalu. Letusan pertama yang tercatat adalah pada tahun 1823. Letusan yang paling terakhir adalah 3 Januari 1983. Gunung ini masih meletus hingga sekarang. Nama Kilauea dalam bahasa Hawaii berarti "memuntahkan" atau "menyebar". Hal ini mengacu pada aliran konstan lava.



Kilauea terletak pada kurva gunung berapi di pulau Hawaii yang mencakup Mauna Loa dan Kohala. Gunung berapi Kilauea merupakan salah satu yang termuda dan juga dikatakan sebagai rumah dari Pele, dewi gunung berapi kuno. Batuan tertua tertanggal sekitar 23.000 tahun. Kilauea memiliki pipa magma sendiri yang turun di bawah kerak Bumi sedalam 60 km. Kilauea memiliki tipe basal berbasis batu lava. Kilauea dibentuk pada hot spot-vulkanik.


Mount Erebus, Antarctica


Gunung Erebus terletak di Pulau Ross di Antartika adalah seperti ekspresi "api dan es" yang dipersonifikasikan.


Gunung berapi setinggi 3.794 m ini adalah sebuah stratovolcano yang letusan terakhirnya pada tahun 2008 dan makin bertambah kuat.


Gunung Erebus merupakan gunung berapi aktif di selatan dunia dan bagian dari Cincin Api Pasifik, yang terdiri lebih dari 160 gunung berapi aktif.


Diberi nama Erebus seperti nama dewa Yunani yang namanya berarti "kegelapan" putra dari Kaos ("kekosongan").

Villarrica, Chile


Dibandingkan dengan danau lava sebelumnya, danau lava di Villarrica, dengan panjang 250 m dan kedalaman 100 m, cukup kecil dan mungkin telah menyusut lebih lanjut .


Dengan tinggi mencapai 2.847 m, Gunung tipe Stratovolcano ini biasanya tertutup salju dan salah satu gunung berapi paling aktif di Chile.


Villarrica adalah salah satu gunung berapi paling aktif Chile, menjulang di atas danau dan kota dengan nama yang sama. Gunung berapi ini juga dikenal sebagai Rucapillán, bahasa mapuche yang berarti "Rumah Pillán". Gunung ini adalah barat dari tiga stratovolcanoes besar yang cenderung tegak lurus terhadap rantai Andes sepanjang Patahan Gastre. Villarrica, bersama dengan Quetrupillán dan Lanin bagian Chili, dilindungi dalam Taman Nasional Villarrica.


Villarrica, dengan komposisi lava andesit-basaltik-nya, adalah salah satu dari hanya lima gunung berapi di seluruh dunia yang diketahui memiliki sebuah danau lava aktif dalam kawah. Gunung berapi ini biasanya menghasilkan letusan strombolian, dengan pelepasan pyroclasts pijar dan aliran lava. Mencairnya salju dan gletser serta curah hujan yang sering menyebabkan lahar dingin besar, seperti yang terjadi saat letusan tahun 1964 dan 1971.
Pengelompokkan Jenis Jenis Berlian

Posting Komentar untuk "Lima Danau Lava di Dunia"