Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya

Pengertian Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya. Teknik dasar bulutangkis terdiri dari beberapa teknik diantaranya adalah teknik memegang raket, teknik memukul shuttle cock, teknik melakukan servis, teknik menempatkan posisi dan hittin position. Berikut adalah penjelasan dari teknik bulutangkis.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/pengertian-teknik-dasar.html

1. Teknik memegang raket

Meski tampak mudah untuk memegang raket, namun banyak orang tidak menyadari melakukan kesalahan yang menyebabkan permainan yang dilakukan tidak maksimal. memegang raket yang benar adalah dengan cara memegang raket dengan jari-jari tangan bukan dengan telapak tangan (seperti orang sedang memegang golok). Tempatkan jari-jari tangan pas menggenggam raket dengan luwes dan rileks serta dipegang kuat agar tidak mudah jatuh dan dapat melakukan pukulan yang bertenaga maksimal. Teknik memegang raket ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu forehand dan backhand, meskipun banyak juga teknik, namun teknik ini yang sering digunakan, teknik lain merupakan pengembangan / inovasi pemain dari kedua teknik ini di gunakan kalangan profesional.  berikut gambar pemegangan raket secara forehand dan backhand:
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/pengertian-teknik-dasar.html
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/pengertian-teknik-dasar.html

2. Teknik Footwork

Teknik pijikan/pergerakan kaki / footwork, didalam teknik ini pemain bisa dengan  leluasa bergerak baik untuk bertahan atau melakukan serangan yang disertai lompatan. Latihan footwork disebut juga  latihan untuk bisa menjaga kestabilan, memperoleh posisi yang tepat untuk melakukan pukulan dan teknik untuk antisipasi cedera. Usahakan posisi kaki tidak berhimpitan dan lakukanlah dengan nyaman misalnya kaki kiri berada di depan dan kaki kanan ditaruh agak ke belakang.

3. Teknik Hitting Position

Teknik hitting position yaitu cara pemain persiapan dalam melakukan pukulan, ketika pemain akan menerima shuttle cock dari musuh, pemain tersebut memiliki beberapa detik waktu untuk menyesuaikan arah shuttle cock, dan  siapkan tenaga untuk melakukan serangan balik.

4. Teknik Melakukan Servis

http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/pengertian-teknik-dasar.html
Servis ini dilakukan setelah tejadi suatu poin atau ketika pertandingan dimulai. Teknik melakukan servis ini sangat berguna selain memperoleh poin untuk tim ini juga bisa balik merugikan timmu jika gagal melakukan servis. Simpelnya tim lawan akan mendapatkan poin cuma-cuma karena servis yang gagal. Servis macamnya ada dua yaitu servis forehand dan servis backhand, meskipun sebenarnya terdapat istilah lain yaitu servis pendek, servis tinggi dan flick / servis setengah tinggi.

5. Teknik Mengembalikan Servis
anda bisa mencoba latihan ini dengan temanmu, misalnya temanmu yag melakukan servis  yang bertahan.  bisa mencoba melakukan latihan ini baik untuk jenis servis forehand maupun backhand. Ada beberapa macam teknik yang bisa dikembangkan saat melakukan teknik pengembalian servis.
  • Contohnya sedang bermain dalam pertandingan bulu tangkis tunggal, ketika menerima servis usahakanlah untuk mengembalikan servis dengan pukulan keras / tinggi ke sudut belakang jauh dari lawan atau bisa juga bermain netting. 
  • Tidak perlu terburu-buru melakukan smash ketika posisi di lapangan bagian belakang, karena ketika  melakukan smash,  belum tentu bisa recovery posisi yang tepat ketika lawan bisa mengembalikan smash. 
  • Kalau  bermain secara ganda, diusahakan mengarahkan shuttle cock ke arah lawan tepat pada bagian tubuh atau bisa juga langsung mengarah ke lantai agar mendapat poin.

6. Teknik Melakukan Netting

Teknik netting adalah permainan net, ini merupakan teknik yang perlu  dikuasai sebelum mencobanya di pertandingan yang sesungguhnya, hal ini karena teknik netting cukup riskan dan bisa jadi malah mendatangkan poin bagi lawan. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan pukulan shuttle cock dengan halus namun masuk ke area lawan, cermati juga jarak net dengan posisi shuttle cock.

7. Teknik Smash

http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/pengertian-teknik-dasar.html
Smash merupakan pukul keras dengan menggunakan teknik overhead ke area lawan. Shuttle cock diarahkan ke bawah bertujuan untuk langsung mencetak poin dan mematikan pertahanan lawan. Demikianlah informasi seputar Pengertian Teknik dasar bulutangkis Secara Singkat

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya"