Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Teknik dasar Memegang Raket badminton

Teknik dasar bulutangkis cara memegang raket yang benar. Teknik atau cara dalam memegang raket juga merupakan rahasia untuk bermain bututangkis dengan baik. Teknik-teknik pukulan dalam bulutangkis sangat dipengaruhi oleh cara memegang raket yang benar. Bila cara memegang raketnya saja salah, maka akan sulit sekali bagi pemain tersebut untuk melakukan teknik-teknik pukulan smash dengan kualitas yang baik.


Jadi memegang raket yang benar merupakan dasar untuk meningkatkan atau mengembangkan teknik-teknik pukulan. Oleh karena itu pada artikel kali akan kami berikan rahasia bagaimana teknik dasar atau cara memegang raket yang baik benar.

http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-memegang-raket.html
Cara memegang raket dalam olahraga bulutangkis tidaklah sama dengan cara memegang golok yang menggunakan telapak tangan. Cara memegang raket yang benar adalah dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan), selain itu jari-jari tangan yang digunakan dalam memegang raket harus luwes, rileks, dan  mempunyai tenaga saat memukul shuttle cock (kok). Jika anda memegang raket seperti memegang golok, maka cara memegang raket anda telah keliru. Meskipun teknik ini akan memberikan pegangan yang sangat kuat pada raket, namun pukulan yang akan anda hasilkan akan sangat lemah saat melakukan pukulan smash, Selain itu juga sulit untuk digunakan dalam mengontrol bola (shuttle cock).
 
Teknik dasar dalam memegang raket
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-memegang-raket.html


Sebenarnya ada beberapa cara atau teknik pegangan raket, namun yang sering digunakan dalam prakteknya hanya ada dua, yaitu forehand dan backhand. Dua macam cara memegang raket ini digunakan dalam semua jenis pukulan dalam bulutangkis secara bergantian tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi dalam permainan. Bagi pemain yang sudah terampil atau mahir dengan teknik pegangan raket ini akan terlihat seperti memegang dengan cara satu grip saja. Karena pergantian dalam teknik pegangan raket dari forehand ke backhand atau sebaliknya hanya terjadi sedikit pergeseran dan itu pun terjadi secara otomatis.

Jika pemain melakukan pegangan raket dengan benar, serta bisa memanfaatkan kekuatan tenaga dari pergelangan tangan, maka saat memukul kok bisa meningkatkan kualitas pukulan serta mempercepat kecepatan laju dari kok (shuttle cock). 


http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-memegang-raket.html
Cara memegang raket dengan teknik forehand grip  
  • Pegang raket seperti mau berjabat tangan atau membentuk “V” 
  • Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut. 
  • Dan ibu jari diletakkan diantara jari telunjuk dan ketiga jari tersebut.
Cara memegang raket dengan teknik backhand grip
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-memegang-raket.html


Untuk teknik backhand grip, geser sedikit “V”  ke arah dalam. Bantalan ibu jari atau jempol terletak pada pegangan raket yang lebih lebar.

Posting Komentar untuk "Teknik dasar Memegang Raket badminton"