Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

KENALI PENYAKIT CACAR AIR PADA ANAK

KENALI PENYAKIT CACAR AIR PADA ANAK

Benarkahkah Cacar Air Menular? Benar sekali, cacar air merupakan penyakit yang mudah menular, oleh karenanya hindarkan bayi dan anak untuk mengunjungi apalagi bersentuhan langsung dengan penderita cacar air. Masa inkubasi penyakit ini sekitar 1-2 minggu dan kemudian bisa sembuh dengan sendirinya.


Cacar Air merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus. Tanda-tanda anak sedang terserang cacar air adalah sebagai berikut.
  • Timbul gelembung atau bintil-bintil kecil di kulit yang berisi air.
  • Bintil kulit memerah seperti gigitan serangga.
  • Bintil makin lama semakin banyak, menyebar, dan membesar dengan warna kecoklatan.
  • Terasa sangat gatal pada bintil-bintil dan keinginan kuat untuk menggaruknya.
  • Disertai dengan demam, selera makan berkurang, dan malas beraktivitas seperti biasanya.
Cacar air tidak memiliki langkah pengobatan khusus dan biasanya akan sembuh sendiri. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala yang dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana seperti:
  • Banyak minum dan hindari makanan yang dapat membuat mulut sakit, khususnya makanan asin. Pencegahan dehidrasi penting bagi pengidap cacar air, terutama anak-anak. Es juga dapat diberikan untuk meringankan nyeri atau gatal akibat bintil cacar air di dalam mulut.
  • Jangan menggaruk bintil cacar air karenadapat meningkatkan risiko infeksi dan menyisakan bekas luka. Membungkus tangan dengan sarung tangan atau kaus kaki saat tidur juga dapat mencegah garukan, terutama pada anak-anak. Anda juga dapat mengoleskan losion, bedak kalamin, atau mengonsumsi chlorphenamine (cocok diminum anak-anak berusia satu tahun atau lebih).
  • Kenakan pakaian berbahan lembut, seperti katun, dan longgar agar iritasi kulit yang lebih parah akibat bintil cacar air dapat dicegah.
  • Gunakan obat pereda sakit atau analgesik jika perlu. Analgesik seperti parasetamol dapat dikonsumsi pengidap yang mengalami nyeri serta demam. Tetapi Anda sebaiknya menghubungi dokter terlebih dulu jika anak Anda berusia di bawah tiga bulan.
Jangan berikan aspirin kepada anak yang sedang menderita cacar air. Aspirin yang diberikan pada pengidap cacar air anak-anak dapat menyebabkan sindrom Reye. Penyakit ini menyebabkan kerusakan serius pada otak dan hati. Karena itu, jangan pernah memberikan aspirin pada anak Anda yang mengidap cacar air atau menunjukkan gejala-gejalanya.
Tetapi tidak semua pengidap cacar air dapat sembuh tanpa penanganan medis. Terdapat beberapa kelompok orang yang rentan mengalami komplikasi akibat penyakit ini sehingga membutuhkan pengobatan yang lebih intensif.
Salah satu langkah penanganannya adalah obat antivirus acyclovirGolongan pengidap cacar air yang mungkin membutuhkannya antara lain ibu hamil, bayi yang baru lahir, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, misalnya pengidap kanker atau diabetes. Aciclovir bisa meringankan gejala cacar air jika diberikan dalam kurung waktu 24 jam setelah ruam muncul.
Selain obat antivirus, dokter juga dapat menganjurkan terapi imunoglobulin, yaitu pengobatan dengan antibodi yang diambil dari para orang yang sehat. Dalam terapi ini,varicella-zoster immunoglobulin (VZIG) yang mengandung antibodi untuk virus cacar air akan diberikan melalui infus.
Khusus untuk ibu hamil, imunoglobulin memiliki fungsi tambahan karena antibodi ini juga dapat mengurangi risiko penularan cacar air pada bayi dalam kandungan.

Ketika anak menderita cacar air, hal utama yang dibutuhkan adalah istirahat dan terpenuhinya kebutuhan nutrisinya. Usahakan anak tetap mau makan dan minum dengan pola sehat, serta liburkan dulu dari sekolah. Anak tetap bisa mandi asalkan dilakukan dengan hati-hati agar cacar tidak pecah sehingga menular ke kulit disampingnya. Pengobatan oral tidak dibutuhkan kecuali anak merasa sangat sakit atau nyeri.

Berkonsultasi dengan dokter akan lebih baik bagi orangtua yang meragukan penanganan sendiri di rumah. Dokter akan dapat memutuskan apakah diperlukan pengobatan secara oral ataukah cukup dengan penggunaan obat topikal.

Posting Komentar untuk "KENALI PENYAKIT CACAR AIR PADA ANAK"