Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Cara Merawat dan Membersihkan Perhiasan dengan Bahan di Sekitar Kita

Soda, cara paling mudah untuk membersihkan perhiasan emas di rumah adalah dengan memanfaatkan beberapa peralatan rumah tangga. Misalnya saja seperti detergen dan soda. Pertama, campurkan detergen dengan soda dalam satu wadah plastik dan haduk hingga rata. Setelah tercampur, masukkan perhiasan emas yang kotor ke dalam cairan tersebut dan tunggu selama 10 hingga 20 menit. Lalu, angkat perhiasan yang telah direndam kemudian sikat menggunakan sikat lembut untuk memastikan kotoran tidak menempel lagi pada perhiasan. Pastikan semua kotoran hilang, cuci hingga bersih dan keringkan dengan handuk atau kain lembut.

Sabun cuci piring, pada dasarnya, cairan/ sabun pencuci piring pun bisa Anda gunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Selain mudah didapat (karena setiap rumah pasti memiliki sabun cuci piring), cara ini pun diklaim sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri. Hanya dengan mencampurkan cairan pembersih piring dan sedikit air, aduk rata. Lalu, rendam perhiasan berlian Anda sekitar 5 menit lalu sikat dan bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk keringkan perhiasan dengan kain lembut.

Ammonia, adalah gas yang tidak berwarna dan memiliki ciri khas bau yang menyengat jika terhirup oleh hidung. Ammonia banyak digunakan di dunia farmasi dan produk kebersihan komersial lainnya, salah satunya perhiasan. Namun, beberapa pakar perhiasan tidak menyarankan menggunakan ammonia saat membersihkan perhisan. Pasalnya, ammonia merupakan cairan yang tergolong keras untuk sebuah berlian. Tetapi, Anda dapat membersihkan perhiasan berlian menggunakan ammonia asalkan sesuai aturan yang aman untuk berlian.

Vodka, walaupun bukan merupakan salah satu produk rumah tangga, namun beberapa orang biasanya menyimpan vodka di rumah. Vodka termasauk jenis minuman yang dianggap paling ampuh untuk membersihkan batu berlian, bahkan batu permata lain. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencelupkan perhiasan pada cairan vodka, lalu gosok dengan kain lembut hingga bersih.

Merawat Perhiasan

Membersihkan perhiasan secara teratur termasuk salah satu cara merawat perhiasan tetap berkilau dan tahan lama.  Lalu, cara lain apa lagi yang perlu dilakukan untuk membuat ‘usia’ perhiasan lebih lama?

Jangan gunakan perhiasan setiap hari, tak sedikit orang yang menggunakan perhiasan hampir setiap hari dan pada momen apapun. Hal inilah yang membuat perhiasan lebih cepat kusam dan rusak. Selain itu, jangan gunakan perhiasan apapun saat Anda melakukan olahraga, berenang, spa, sauna, melakukan pekerjaan rumah tangga, menata rambut/ menggunakan riasan wajah (make up), serta tidur. Beberapa kegiatan tadi dapat membuat perhiasan kusam, rusak, hingga batu permata pada perhiasan hilang.

Simpan pada tempat yang aman, kotak perhiasan menjadi satu-satunya tempat yang aman dan nyaman untuk sebuah perhiasan. Namun, Anda perlu menaruh perhiasan sesuai dengan jenisnya. Misalnya jangan mencampur cincin berlian dengan kalung, ataupun anting dengan cincin.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat dan Membersihkan Perhiasan dengan Bahan di Sekitar Kita"