Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Membuat Terowongan yg Melalui Pusat Planet

Apa yang akan terjadi jika kita mengebor terowongan melalui pusat bumi hingga menembus ke sisi bumi lainnya dan melompat ke dalamnya?



Meskipun tidak mungkin untuk melakukan hal ini di bumi, Tapi mungkin hal ini bisa dilakukan di bulan. Bulan memiliki inti dingin dan juga tidak memiliki lautan atau air tanah untuk mengacaukan segalanya. Selain itu, bulan tidak memiliki atmosfer, sehingga terowongan akan memiliki vakum yang bagus di dalamnya yang menghilangkan gangguan aerodinamis.


Jadi, bayangkan sebuah terowongan yang menembus bulan dengan diameter 20 kaki (7 meter). Di satu sisinya ada tangga. Jika Anda menuruni tangga, apa yang akan Anda temukan adalah bahwa berat badan Anda berkurang. Gravitasi disebabkan oleh objek yang saling tarik menarik satu sama lain terkait dengan massa mereka. Ketika Anda menuruni terowongan semakin dalam dan semakin dalam, massa bulan akan di atas anda, sehingga menarik Anda ke atas. Setelah Anda sangat dekat dengan pusat bulan, Anda akan merasa ringan sekali dan akhirnya anda tidak akan merasa berat sedikitpun ketika tepat pada pusat bulan. Semua Massa bulan di sekeliling anda menarik Anda secara equal, sehingga semuanya saling membatalkan dan Anda tidak merasakan berat sama sekali.


Jika Anda melompat ke terowongan dan membiarkan diri Anda jatuh, Anda akan dipercepat menuju pusat bulan dengan kecepatan yang semakin lama semakin tinggi. Kecepatan tertinggi yang anda alami adalah ketika Anda tepat akan mencapai pusat bulan dan setelah itu kecepatan anda mulai menurun/melambat. Anda akhirnya akan berhenti ketika Anda mencapai bibir terowongan di sisi lain dari bulan, dan kemudian Anda akan mulai jatuh kembali ke terowongan menuju arah dimana anda tadi berasal. Dan Anda akan berosilasi bolak-balik seperti ini selamanya.


Jika Anda bisa melakukan ini di bumi, salah satu efek menakjubkan akan kemudahan perjalanan. Diameter bumi adalah sekitar 12.700 kilometer (7.800 mil). Jika Anda membor terowongan lurus melalui pusat bumi dan dapat menciptakan vakum didalamnya, apa pun yang Anda jatuhkan ke dalam terowongan itu, akan mencapai sisi lain dari planet ini hanya dalam 42 menit dan akan kembali lagi setelah 84 menit sejak ia dijatuhkan!


Posting Komentar untuk "Membuat Terowongan yg Melalui Pusat Planet"