Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Menu Makanan Sehat Penderita Kencing Manis

Menu makanan penderita diabetes yang wajib diketaui. Para penderita diabetes pada umumnya merasa bingung untuk menentukan menu makanan yang tepat bagi mereka. Bahkan tidak jarang, penderita diabetes justru melakukan kekeliruan dalam memilih menu makan. Diet untuk para penderita diabetes sesungguhnya bertujuan untuk membantu para penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dan berat badan ideal dengan pemilihan menu sehat dan tepat.

Diet bagi para penderita diabetes adalah fokus pada menjaga pola makan dan beberapa tambahan masukan insulin yang dibutuhkan. Pengaturan jam makan setiap harinya pun harus turut dipertimbangkan guna menghindari naik – turunnya gula darah dalam tubuh, dan mempertahankannya dalam keadaan senormal mungkin.

menu makanan penderita diabetes

Makanan Sehat Untuk Diabetes atau Kencing Manis

Menu makanan yang sangat disarankan bagi para penderita diabetes adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Di dalam tubuh karbohidrat kompleks akan diubah menjadi gula sebagai sumber energi, meskipun nantinya karbohidrat kompleks ini akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh namun penyerapan karbohidrat kompleks ini lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain adalah beras merah, tepung whole wheat, sereal dengan gula rendah, kentang panggang, roti gandum utuh, roti whole grain, dan kacang – kacangan yang dikeringkan. Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi roti putih, tepung putih, kentang goreng dan beras putih.

Selain makanan di atas, sayuran dan buah – buahan juga disarankan untuk penderita diabetes. Namun tidak semua sayuran dapat dikonsumsi oleh penderit diabetes, seperti acar, asinan, sayuran kaleng yang ditambah banyak sodium, sayuran yang dicampur mentega, saus atau keju.

Sayuran yang sebiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayuran segar, baik dikonsumsi secara mentah ataupun dibungkus. Sayuran beku dapat dipanaskan terlebih dahulu.

Kemuadian, buah – buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah buah segar, buah beku, selai buah dengan gula rendah, jus dengan rendah atau bebas gula, bahkan jus dengan karbohidrat rendah. Penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sirup dengan gula tinggi, jelly regular, roti buah kenyal, saus apel dengan pemanis, minuman jus buah, minuman buah, dan soda buah yang mengandung pemanis.

Pembahasan selanjutnya mengenai daging, daging yang dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit dan tidak sering masih diperbolehkan. Daging yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah daging yang direbus atau daging panggang, daging yang rendah lemak seperti sirloin, daging ayam tanpa kulit, keju rendah lemak, ikan kukus atau panggang. Daging yang tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes, bahkan dilarang adalah daging goreng, ikan goreng, kedelai yang dimasak dengan lemak. Apapun yang dimasak dengan cara digoreng sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes. Disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam dan ikan sebagai pengganti daging merah.
Asam lemak Omega-3 dari ikan tuna, salmon dan makarel, serta asam lemak omega-6 dari minyak primrose baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Makanan Larangan Untuk Penderita Diabetes atau Kencing Manis

Kemudian, makanan yang sebaiknya dihindari selain makanan – makanan yang telah disebutkan di atas antara lain seperti permen, makanan berlemak, makanan berkadar garam tinggi, dan alkohol. Kebutuhan tubuh bagi penderita diabetes yang harus terpenuhi adalah serat sehat sebanyak 20-35 gram per hari, dengan presentase protein harus 12-20% dari kalori harian. Lemak antara 30-35% dari kalori harian, dan karbohidrat harus 40-60% dari kalori harian.

Selain mengatur pola makan di atas, hal lain yang bisa dilakukan oleh para penderita diabetes saat diet sehat adalah berolahraga. Olahraga yang baik dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga baik untuk membantu melancarkan peredaran darah, menjaga tubuh agar tetapfit dan membakar lemak yang ada dalam tubuh.

Posting Komentar untuk "Menu Makanan Sehat Penderita Kencing Manis"