Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Galaksi-Galaksi Tertua yang Tertangkap oleh Teleskop Hubble

Sebuah tim astronom internasional yang dipimpin oleh Hakim Atek dari Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Swiss, telah menemukan lebih dari 250 galaksi kecil yang terbentuk hanya 600-900 juta tahun setelah Big Bang - dan menjadi salah satu contoh terbesar dari galaksi-galaksi kerdil yang ditemukan di zamannya. Cahaya dari galaksi-galaksi ini menghabiskan waktu lebih dari 12 miliar tahun untuk mencapai teleskop, memungkinkan para astronom untuk melihat kembali dalam waktu ketika alam semesta masih sangat muda.

Kluster galaksi MACSJ0717.5 + 3745 ini adalah salah satu dari enam kluster yang sedang dipelajari oleh program Hubble Frontier Fields, yang bersama-sama telah menghasilkan gambar terdalam dari lensa gravitasi yang pernah dibuat. Karena massa besar dari cluster ini menekuk cahaya objek latar belakang, sehingga kluster bertindak sebagai lensa pembesar. Ini adalah salah satu kluster galaksi yang paling besar yang diketahui, dan juga lensa gravitasi terbesar yang diketahui. Dari semua kluster galaksi yang dikenal dan diukur, lensa MACS J0717 adalah daerah terbesar dari langit.

Disamping mengesankan, jumlah galaksi yang ditemukan di awal zamannya ini bukan satu-satunya terobosan yang luar biasa yang dicapai oleh tim, seperti yang Johan Richard dari Observatoire de Lyon, Perancis, katakan, "Galaksi-galaksi samar yang terdeteksi di pengamatan Hubble ini adalah galaksi-galaksi yang paling samar dari yang belum terungkap lainnya dalam pengamatan Hubble terdalam."

Dengan melihat cahaya yang datang dari galaksi-galaksi ini, tim menemukan bahwa cahaya yang dipancarkan oleh akumulasi galaksi-galaksi ini bisa memainkan peran utama dalam salah satu periode paling misterius dari sejarah awal alam semesta yaitu zaman Reionisation. Reionisation dimulai ketika kabut tebal gas hidrogen yang menyelubungi alam semesta awal mulai terbersihkan. Sinar ultraviolet saat itu dapat melakukan perjalanan jarak yang lebih jauh tanpa diblokir dan alam semesta menjadi transparan terhadap cahaya ultraviolet.

Dengan mengamati sinar ultraviolet dari galaksi-galaksi yang ditemukan dalam penelitian ini, para astronom mampu menghitung apakah ini pada kenyataannya adalah beberapa galaksi yang terlibat dalam proses tersebut. Tim menyimpulkan, untuk pertama kalinya dengan beberapa keyakinan, bahwa galaksi-galaksi terkecil dan paling melimpah dalam penelitian ini bisa menjadi aktor utama dalam menjaga alam semesta transparan. Dengan demikian, mereka telah menetapkan bahwa zaman Reionisation - yang berakhir pada titik ketika alam semesta telahsepenuhnya transparan - datang ke dekat sekitar 700 juta tahun setelah Big Bang.

Gugus atau kluster galaksi MACS J0416.1-2403 ini adalah salah satu dari enam kluster yang sedang dipelajari oleh program Hubble Frontier Fields, yang bersama-sama telah menghasilkan gambar terdalam dari lensa gravitasi yang pernah dibuat. Karena massa besar dari kluster ini menekuk cahaya objek-objek latar belakang, maka ia bertindak sebagai lensa pembesar. Para astronom menggunakan kluster ini dan dua kluster lainnya untuk menemukan galaksi yang terbentuk sekitar 600-900 juta tahun setelah Big Bang.

Penulis utama Atek menjelaskan, "Jika kita memperhitungkan hanya kontribusi dari galaksi-galaksi terang dan besar saja, maka itu tidak cukup untuk me reionisasi Semesta. Kami juga perlu untuk menambahkan kontribusi dari populasi galaksi-galaksi katai yang lebih banyak dan redup."

Untuk membuat penemuan ini, tim memanfaatkan gambar terdalam dari lensa gravitasi yang dibuat sejauh ini oleh tiga kluster galaksi, yang diambil sebagai bagian dari program Hubble Frontier Fields. Kluster-kluster ini menghasilkan medan gravitasi yang sangat besar yang mampu memperbesar cahaya dari galaksi samar yang terletak jauh di belakang kluster-kluster itu sendiri. Hal ini memungkinkan para astronom untuk mencari, dan mempelajari, generasi pertama dari galaksi-galaksi di alam semesta.

Jean-Paul Kneib, co-penulis studi dari Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Swiss, menjelaskan, "Kluster-kluster dalam Frontier Fields bertindak sebagai teleskop alami yang kuat dan mengungkap galaksi-galaksi kerdil samar yang tidak akan terlihat tanpanya."

Gugus Abell 2744, dijuluki Kluster Pandora, adalah kluster pertama dari enam target dalam program Frontier Fields, yang bersama-sama telah menghasilkan gambar terdalam dari lensa gravitasi yang pernah dibuat. Kluster ini diperkirakan memiliki sejarah yang sangat dahsyat, karena terbentuk dari puing-puing kosmik beberapa kluster galaksi. 
5 Kontes Yang Bikin Kamu Ngakak Sampai ke Brazil
Sumber: spacetelescope.org

Posting Komentar untuk "Galaksi-Galaksi Tertua yang Tertangkap oleh Teleskop Hubble"