Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Macam Macam Passing dalam Permainan Bola Basket

Pengertian Passing Dalam Permainan Bola Basket Menurut Para Ahli. Bola Basket adalah permainan bola yang di lakukan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 pemain. Dalam permaianan bola basket dikenal 6 teknik dasar, salah satunya adalah teknik passing atau teknik mengoper bola. Kali ini akan di bahas mengenai pengertian passing dalam permainan bola basket menurut para ahli. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pengertian-passing-bola-basket.html
Menurut Wissel Hal, Bola basket adalah olahraga untuk semua orng. Permainan ini dimainkan oleh dua tim masing-masing beranggotakan lima orang. Untuk menjadi seorang pemain bola basket yang lengkap sangat penting menguasai teknik lay up, teknik  loncat, serta tembakan kaitan dan quick release set shot.
Namun yang akan kita bahas di sini adalah mengena teknik passing/mengoper atau mengumpan. Di sini akan dijelaskan mengenai pengertian passing secacara generl, macam-macam passing dan pengertiannya dalam permainan bola basket serta teknik-teknik melakukannya.
Pengertian Passing Secara General Dalam Permainan Basket
Passing dengan kata lain adalah mengoper atau mengumpan. Passing merupakan salah satu dari 6 teknik dasar permainan bola basket, yaitu mengoper bola dengan satu tangan ke arah teman. Saat Passing sikap tangan membentuk mangkok besar. Sementara, bola berada di antara kedua telapak tangan dengan posisi telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang dan jari-jari terentang melekat pada bola. Posisi Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Posisi kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Posisi badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks

Teknik-teknik Passing Dalam Permainan Basket

1. Chess Pass/Operan Dada
Merupakan operan bol yang dilakukan apabila tidak ada pemain bertahan di antara pengoper dan teman satu tim. Adapun cara melalkukannya adalah memegang bola dan posisikan setinggi dada dan posisi dekat dengan badan. Posisi siku menekuk dan jari-jari tangan terbuka memegang bola. Ketika melepaskan bola, posisi lengan dan tangan diluruskan dengan telapak tangan menghadap ke luar.
2. Bounce Pass
Operan ini dilakukan saat teman satu tim di jaga lawan. Operan ini dilakukan untuk menggantikan chess pass. Cara melakukannya adalah dengan memegang bola dengan dua tangan lalu memantulkannya ke lantai.
3. Overhead Pass
disebut juga operan setinggi kepala. Dilakukan di daerah post tinggi dan rendah untuk mengoper bola ke teman dengan cepat.
4. BaseBall Pass
Operan jarak jauh yang dilakukan dengan satu tangan. Operan ini kurang akurat namun dapat menjadi serangan cepat.
5. Back Pass
Yaitu operan ke teman yang di lakukan dengan satu tangan dari arah belakang punggung. Operan ini sebagai cara yang umum untuk menyerang.
6. Jump Pass
yaitu mengoper bola ke arah teman dengan cara melompat saat melempar bola.

Demikian pengertian passing dalam permainan bola basket menurut ahli. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui teknik-teknik dasar bermain bola basket.  

Posting Komentar untuk "Macam Macam Passing dalam Permainan Bola Basket"