Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Crossover Dalam Permainan Bola Basket

Pengertian Crossover Dalam Permainan Bola Basket. Apa itu crossover dalam permainan basket? Bagi anda yang belum mengenal teknik menggiring bola ini, Mari pelajari selengkapnya mengenai pengertian crossover dalam permainan bola basket. Crossover sebenarnya adalah teknik freestyle namun teknik ini sangat bagus digunakan untuk melewati lawan. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pengertian-crossover-bola-basket.html

Crossover merupakan gerakan menipu lawan dengan menggerakan seluruh tubuh ke arah yang satu dengan arah lawannya. Misalnya, mengarahkan bola dan seluruh badan ke arah kanan kemudian disusul dengan gerakan bola nya ke kiri, lalu mendribble bola ke arah kiri, sehingga lawan akan kemungkinan mengalami breaker atau "mati langkah".

Crossover dipopulerkan oleh beberapa pemain bintang seperti Allen Iverson, Tim Hardaway, Pearl Washington, dan Deron Williams. Teknik Crossover ini dapat menjadi senjata andalan bagi seorang pemain apabila sedang berada pada kepungan lawan. Bagaimana cara melakukan crossover? Petunjuk di bawah ini akan memudahkan anda melakukan gerakan crossover pada tahap awal crossover:.
1. Meningkatkan kemampuan dribel
Sebelum melakukan gerakan cross over, seorang pemain harus memiliki kendali yang baik ketika melakukan dribel. Gerakan Cross over yang baik mengharuskan pemain untuk mendribel bola dengan kedua tangan secara bergantian dan dapat melakukan terobosan ke dua arah.

2. Lakukan gerakan tipuan ke arah dominan
Gerakan tipuan dapat diawali dengan melakukan dorong bola ke arah dribel. Pusatkan perhatian pada bagian pinggang pemain bertahan lawan. Pada saat pinggang pemain lawan berputar ke arah yang sama ketika gerakan tipuan ke satu arah di lakukan, ini akan berhasil.

3. Lakukan hesitate dribel.
Ketika bola memantul ke atas dan saat beberapa pemain akan melakukan lompatan kecil karena seolah-olah anda akan melakukan drible, posisikan bola tetap berada di telapak tangan. Lalu lakukan gerakan tipuan daripada gerakan dribel.

4. Jaga postur tetap rendah dan lebar.
Postur tetap rendah dan tempatkan kaki di depan sisi dominan.. Jangan melihat bola pada saat melakukan gerakan ini. Fokus pada pandangan ke arah lawan serta posisi pemain di lapangan, perhatikan juga ruang kosong, teman satu tim, dan kesempatan yang ada.

5. Pantulkan bola ke arah sebaliknya.
Saat pemain bertahan sementara lawan bergerak ke arah yang diinginkan, maka pantulkan bola ke arah tangan yang berlawanan dengan cepat sehingga pemain akan lolos dari penjagaan lawan dan dapat melakukan tembakan atau operan ke teman satu tim.

Demikian pengertian crossover dalam permainan bola basket. Untuk memahami dan menguasai teknik gerakan menipu lawan, crossover ini, perlu dilakukan latihan secara intensive dan secara langsung di lapangan. Pengertian crossover dan langkah-langkah awal melakukan gerakan crossover di atas cukup membantu bagi anda yang sedang ingin menguasai teknik crossover basket apabila anda akan mengikuti sebuah pertandingan bola basket. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Crossover Dalam Permainan Bola Basket"