Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Teknik dan Cara Back Pass Dalam Permainan Bola Basket

Pengertian Back Pass Dalam Permainan Bola Basket. Apa pengertian back pass dalam permainan bola basket? Mari kita bahas mengenai pengertian back pass dalam permainan bola basket. Apa pentingnya mengenal back pass dala bola basket? Back pass adalah salah satu teknik passing yang dilakukan untuk mengelabui lawan agar bola tidak dicuri oleh lawan. Oleh karena itu, seorang pemain bola basket professional maupun para atlet nasional harus menguasai tekning back pass itu sendiri.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pengertian-back-pass-dalam-basket.html

Teknik Back Pass mulai di bentuk sejak terbentuknya permainan bola basket itu sendiri. Back pass masuk ke dalam 6 teknik dasar bermain bola basket tepatnya bagian dari teknik passing atau teknik mengoper bola. Bagi kamu yang sedang ingin berlatih bola basket untuk persiapan kejuaraan atau pertandingan di sekolah, maka dapat mempelajari mengenai teknik back pass seperti yang sudah di rangkum di sini.

Pengertian Back Pass

Back Pass disebut juga operan angan-angan, yaitu suatu operan yang dilakukan untuk mengelabui lawan sehingga pemain dapat melakukan serangan ke daerah lawan dengan cepat. Keunggulan teknik passing ini adalah lawan main akan sulit mengetahui sasaran daerah pertahannannya yang akan dituju. Namun teknik mengumpan back pass ini tidak mudah dilakukan oleh seorang pemain pemula. Perlu dilakukan beberapa kali latihan untuk bisa menguasainya dengan benar.

Sesuai namanya, Back Pass di lakukan dari arah belakang tubuh pemain dengan cepat dan tepat. Sama saja melakukan serangan dari belakang tanpa sepengetahuan lawan main, di mana seorang pemain akan memegang bola dengan dua tangannya lalu mengoper ke teman atau langsung melakukan tembakan ke arah ring lawan. Ada teknik-teknik khusus yang harus diperhatikan saat melalakukan gerakan Back Pass agar tepat mengenai sasaran. Kamu bisa mempelajari teknik-teknik melakukan Back Pass pada sub pembahasan berikut.

Teknik Melakukan Back Pass  

Back Pass dalam permainan bola basket adalah mengoper bola dari belakang. Saat melakukan teknik dasar passing ini, pemain memegang bola dengan satu tangan yang berada tepat di belakang punggung. Saat melemparkan bola ke teman tim, di lakukan dengan cepat. Ada al yang perlu diperhatikan juga mengenai teman yang akan di jadikan sasaran untuk menangkap bola, tepatnya adalah teman yang posisinya dekat dan siap menerima bola.

Saat melakukan Back Pass perlu di lakukan ketika lawan sedang tidak konsentrasi, ini akan menjadi peluang untuk berhasil. Pemain juga harus memciptakan koordinasi yang baik denganteman satu tim, di mana ini akan mengurangi resiko gagal, yaitu pemain yang melakukan back pass sudah memiliki aba aba untuk teman sasarannya.

Demikianlah pengertian back pass dalam permainan bola basket dan teknik melakukannya. Untuk mengusai back pass perlu dilakuka latihan berkali-kali, bila perlu disarankan untuk memakai jasa coaching professionl khususnya untuk atlet yang akan melakukan pertandingan.  

Posting Komentar untuk "Teknik dan Cara Back Pass Dalam Permainan Bola Basket"