Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

5 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Melakukan Pull Up

5 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Melakukan Pull Up - Pull up merupakan salah satu gerakan olahraga yang bertujuan untuk mebntuk tubuh,khususnya tubuh bagian atas.Olahraga ini tidak menggunakan beban,melainkan memanfaatkan berat tubuh sebagai beban.Untuk melakukan olahraga ini anda hanya perlu palang pull up atau pull up bar.Agar lebih irit anda bisa manfaatkan kusen pintu,cabang pohon dll.Namun jika anda sudah mahir dalam melakukan pull up,anda harus melakukan variasi gerakan pull up dan menggunakan beban ,agar latihan lebih maksimal.

Memang kelihatannya untuk melakukan pull up sangat mudah.Hanya bergelantung dipalang pull up dan melakukan gerakan naik turun.Padahal jika mempraktekkan gerakkan ini sangat lah sulit dan akan menguras tenaga,terlebih lagi anda sebagai pemula.Untuk melakukan gerakan pull up dengan sempuna,anda harsu mengangkat tubuh anda sampai posisi dagu melebihi pull up bar atau dada sejajar dengan palang pull up.Kebanyak para pemula masih belum bisa melakukan pull up.Kenapa ? Karena otot-otot mereka belum siap dan kurangnya berlatih.Selain itu banyak kesalahan-kesalahan yang mreka pada waktu melakukan gerakan pull up.Apa kesalahan yang banyak terjadi saat pull up pada umumnya ? sehingga gerakan pull up tidak bisa sempurna.Lebih jelasnya simak dibawah ini :

Kenali 5 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Melakukan Pull Up

Kesalahan yang Umum Terjadi Saat Melakukan Pull Up

1.Tidak melakukan full range of motion

Dalam posisi menggantung di pull up bar  dengan siku lurus (dead hang) sampai tubuh terangkat hingga dagu berada diatas bar.Hindari mengangkat tubuh kembali saat posisi siku anda masih dalam keadaan menekuk (flex hang).Selain itu sebelum dagu melewati bar jangan menurunkan tubuh anda.

2.Posisi mendorong kaki kedepan

Dengan mendorong kaki kearah depan dapat membuat kaki dan tubuh menjadi tidak seimbang dan tidak lurus.Hal itu harus anda hindari.Anda bisa sedikit menekuk lutut untuk menjaga agar tubuh dan kaki tetap dalam keadaan lurus.

3.Posisi mengayunkan kaki

Memang, dengan mengayunkan kaki dapat menciptakan momentum sehingga pull up lebih mudah anda lakukan.Hal itu ototmatis mengurangi kontraksi yang diterima oleh punggung sobat sehingga latihan kurang maksimal.Sebaiknya menghindari mengayunkan kaki saat pull up agar latihan anda lebih efektif.

4.Anda terlalu fokus pada bisep

Gerakan pull up lebih ditujukan untuk melatih otot punggung,berbeda dengan chin up yang lebih fokus ke otot bisep.Untuk itu anda harus lebih berkonsentrasi untukmengkontraksikan otot punggung kalian.

Trik yang mudah adalah anda membayangkan sdag menarik pull up bar kebawah,bukan mengangkat tubuh keatas.Jika memag kalian ingin melatih otot bisep tanpa menggunakan beban,sebaiknya lakukanlah chin up.

5.Hindari jumping dan rubber band pull up

Kedua gerakan tersebut memang sangat populer digunakan untuk membantu melatih pull up.Namun ternayat gerakan semacam ini tak memberikan efek posistif untuk membentuk kekuatan pull yang sesungguhnya.

Jika anda sebagai pemula yang ingin berlatih pull up ,hindari 5 kesalahan-kesalahan diatas,agar pull up bisa dilakukan dengan sempurna.Yang perlu anda lakukan adalah berlatih.Dan terpenting anda bisa melakukan gerakan satu kali pull up dengan benar.Untuk menambah jumlah pull up anda hanya perlu melatihnya seminggu 3 atau 4 kali.Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Melakukan Pull Up"