Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

7 Penyebab Stang Motor Bergetar yang Harus Diketahui

Stang motor merupakan bagian dari sepeda motor yang berguna sebagai pengarah roda atau bisa juga disebut sebagai pemegang kendali dari kendaraan sepeda motor. Stang yang terbuat dari besi dapat mengalami masalah karatan sehingga membutuhkan cara menghilangkan karat pada stang motor. 

Selain berkarat masalah lainnya yang sering muncul pada stang motor adalah kondisi dimana stang terasa bergetar. Beberapa Penyebab stang motor bergetar diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Stang Motor Bergetar

Adanya Masalah Pada Kondisi Ban

Ban merupakan komponen yang terbuat dari karet dan merupakan roda penggerak dari sepeda motor. Adanya masalah pada kondisi ban ini dapat menjadi salah satu penyebab stang motor bergetas.

 Kondisi ban yang dapat menjadi penyebab dari stang motor yang bergetar diantaranya adalah tekanan pada ban yang tidak sesuai, permukaan ban yang tidak rata, adanya benjolan pada ban. Untuk mengatasi kondisi permasalahan pada ban tersebut langkah terbaik adalah mengantinya dengan ban yang baru dan lakukan beberapa cara menjaga ban agar awet.

Pemakaian Motor yang Tidak Benar

Pemakaian motor yang sembarangan dan asal asalan dapat menjadi salah satu penyebab dari rasa bergetar yang muncul pada sepeda motor. Pemakaian motor yang sembarangan dan berakibat pada permasalah kondisi stang sejatinya tidak akan bermasalah ketika perawatan sepeda motor dilakukan dengan baik. 

Pemakaian sepeda motor yang sembarangan sebaiknya dihindari sebagai langkah pencegahan kondisi mesin yang mengalami permasalah teknis seperti mesin motor bunyi klotok klotok atau berisik dan kasar.

Velg Sepeda Motor yang Bermasalah

Penyebab kondisi stang motor yang bergetar lainnya terletak pada velg sepeda motor. Kondisi velg roda sepeda motor yang bengkok atau penyok merupakan keadaan yang menjadi penyebab stang motor mengalami kondisi bergetar. 

Untuk mengetahui adanya bengkok pada velg motor maka cobalah untuk memutar roda dalam posisi standart tengah dan perhatikan putarannya apakah konsisiten atau tidak. Jika putaran yang ditunjukan seperti membelok maka bisa velg harus segera di stel ulang agar kembali normal.

Bearing Roda yang Oblak

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan stang sepeda motor terasa bergetar adalah bearing roda yang oblak atau rusak. Bearing roda merupakan bagian yang terletak di tengah tengah roda dan berfungsi untuk menjaga poros ban tidak langsung dengan rumah roda agar putaran roda bisa terjaga kestabilannya. 

Jika ada bearing roda yang oblak atau rusak serta ditemukannya bantalan peluru yang hilang maka bearing harus segera diganti.

Komstir yang Bermasalah

Komstir merupakan bagian dari stir sepeda motor yang berfungsi memegang peran dalam pengendalian. Komstir terletak pada sumbu diantara segitiga garpu depan dan rangka motor. Komstir dapat mengalami kondisi oblak, aus, kasar, dan susah digerakkan karena faktor usia pemakaian dari komponen tersebut.

Kondisi komstri bermasalah itulah yang menyebabkan stang sepeda motor terasa bergetar terutama ketika digunakan. Kerusakan pada komstir ini dapat diatas dengan mengantinya dengan spare part yang baru dan usahakan merupakan spare part asli dari merek sepeda motor tersebut.

Ketidaksejajaran Antara Garpu Kanan dan Kiri Pada Segitiga Dudukan Stang Sepeda Motor

Permasalahan lainnya yang dapat menyebabkan stang menjadi bergetar adalah adanya ketidaksejajaran antara garpu kanan dan kiri pada segitiga tempat dudukan dari stang sepeda motor. Dudukan segitiga stang merupakan bagian yang menghubungkan antara shockbreaker dengan stang sepeda motor. 

Untuk mengembalikan kondisi bermasalah tersebut ke keadaan yang semula makan lakukan pengepresan segitiga duduk stang agar posisi garpu kanan dan kiri sejajar.

Shockbreaker yang Tidak Presisi.

Shockbreaker merupakan komponen pada sepeda motor yang memiliki peran penting sebagai penyerap kejutan atau tekanan dari permukaan jalan yang tidak rata sehingga dapat membuat kenyamanan dan kenikmatan berkendara tetap terjaga. 

Selain itu juga, shockbreaker juga berperan sebagai peningkat daya cekram roda terhadap jalan. Kondisi shockbreaker tidak lurus dan tidak presisi dapat terjadi karena bekas tabrakan atau kecelakaan. 

Kondisi tersebut yang dapat menyebabkan stang motor menjadi bergetar. Untuk mengatasi, bawalah sepeda motor ke bengkel resmi dengan tenaga ahlinya yang akan melakukan beberapa cara memperbaiki shock depan motor.

Beberapa hal tersebutlah yang merupakan penyebab dari kondisi stang sepeda motor bergetar. Dalam proses perbaikkannya sebaiknya percayakan pada tenaga ahli yang sudah mengerti benar dengan berbagai macam permasalahan teknis pada sepeda motor.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab Stang Motor Bergetar yang Harus Diketahui"