Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Materi, Kumpulan Soal Pemuaian

 

Ringkasan Materi

Pemuaian merupakan bertambahnya ukuran benda karena pengaruh perubahan suhu atau karena menerima kalor.

Pemuaian pada zat dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu pemuaian zat padat, pemuaian zat cair, dan pemuaian gas.

Pemuaian zat padat terbagi meniadi tiga jenis, yaitu pemuaian panjang (untuk satu dimensi), pemuaian luas (untuk dua dimensi), dan pemuaian volume (untuk tiga dimensi). Sedangkan pemuaian pada zat cair dan gas hanya terjadi pemuaian volume saja.

Pemuaian panjang

Pemuaian panjang adalah bertambahnya ukuran panjang suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian panjang suatu benda dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu panjang awal benda, koefisien muai panjang dan besar perubahan suhu. Koefisien muai panjang suatu benda sendiri dipengaruhi oleh jenis benda atau jenis bahan.

Secara matematis persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan panjang benda setelah dipanaskan pada suhu tertentu adalah

Rumus pertambahan panjang

Apabila ingin menentukan panjang akhir setelah pemanasan maka digunakan persamaan sebagai berikut.

Rumus panjang akhir

Pemuaian luas

Pemuaian luas adalah pertambahan ukuran luas suatu benda karena menerima kalor. Contoh benda yang mempunyai pemuaian luas adalah lempeng besi yang lebar sekali dan tipis.

Faktor yang mempengaruhi pemuaian luas adalah luas awal, koefisien muai luas, dan perubahan suhu. Karena sebenarnya pemuaian luas merupakan pemuaian panjang yang ditinjau dari dua dimensi, maka koefisien muai luas besarnya sama dengan 2 kali koefisien muai panjang.

Untuk menentukan pertambahan luas dan volume akhir digunakan persamaan sebagai berikut.

Rumus pemuaian luas

Pemuaian volume

Pemuaian adalah pertambahan ukuran volume suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian volume terjadi benda yang mempunyai ukuran panjang, lebar dan tebal. Contoh benda yang mempunyai pemuaian volume adalah kubus, air dan udara.

Volume merupakan bentuk lain dari panjang dalam tiga dimensi, sehingga untuk menentukan koefisien muai volume sama dengan tiga kali koefisien muai panjang.

Persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan volume dan volume akhir suatu benda adalah sebagai berikut.

Rumus pemuaian volume

Posting Komentar untuk "Materi, Kumpulan Soal Pemuaian"