Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Mesin Motor Berisik Saat Panas: Penyebab dan Cara Mengatasi

Sepeda motor sampai saat ini masih menjadi sarana transportasi favorit dan populer digunakan oleh masyarakat dibandingkan sarana tranportasi lainnya. Bahkan sekarang ini, sepeda motor selain digunakan secara pribadi juga digunakan menjadi sarana transportasi umum yang berbasis online. Dengan tingginya popularitas sepeda motor ini, berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat dengan mudah mengaspal di jalanan Indonesia meskipun jumlahnya tidak merata karena jenis sepeda motor terbanyak yang dimiliki dan digunakan masyarakat adalah motor matic dan motor bebek.

Kelebihan sepeda motor baik matic maupun manual yang menjadikannya banyak digunakan diantaranya adalah penggunaan yang mudah, bentuk ramping, serta kemampuan bermanuver di jalanan yang macet. 

Namun dibalik kelebihannya tersebut sepeda motor tetap saja dapat mengalami masalah teknis yang akan mengurangi rasa nyaman bagi pengendara serta berkurangnya performa dari sepeda motor. Kondisi permasalahan pada sepeda motor tersebut sering kali disebabkan oleh dua hal.

Hal pertama adalah usia yang pastinya menyebabkan beberapa komponen sepeda motor mengalami kerusakan. Hal yang kedua adalah kurangnya perawatan yang sering kali diabaikan dan cara merawat motor matic maupun manual yang salah sehingga dapat memicu munculnya berbagai macam masalah pada sepeda motor.
Mesin Motor Berisik Saat Panas: Penyebab dan Cara Mengatasi

Beberapa tanda juga dapat muncul dari sepeda motor sebagai petunjuk adanya permasalahan teknis yang salah satunya adalah mesin motor berisik saat panas. Kondisi mesin yang berisik saat sudah panas tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal yang dijelaskan melalui ulasan dibawah ini.

Kerusakan pada tensioner

Penyebab pertama yang dapat menjadikan mesin motor berisik saat panas adalah adanya kerusakan pada tensioner mesin sepeda motor.Tensioner merupakan komponen pada mesin motor yang berfungsi untuk menjaga ketegangan rantai agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin. 

Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan munculnya bunyi berisik pada mesin sepeda motor dan yang terparah dapat mengakibarkan pergeseran posisi gear noken yang dapat menyebabkan piston dan payung klep bertabrakan.

Bila sudah diangap tidak layak pakai maka solusi terbaik adalah dengan menganti tensioner motor yang bermasalah tersebut. Mengantinya menjadi tensioner manual dapat meningkatkan range penegangan timming chain sehingga bunyi berisik dari mesin juga dapat diatas, namun jangan telalu keras melakukan penegangan karena dapat menyebabkan timming chain menjadi putus. 

Tensioner bermasalah ini juga merupakan salah satu penyebab mesin motor bunyi klotok.

Ring dan stang seher yang bermasalah

Selain tensioner, kondisi permasalah lainnya yang juga dapat menyebabkan munculnya suara kasar atau bunyi berisik pada mesin sepeda motor yang panas adalah kondisi dimana ring dan stang seher bermasalah. 

Ring dan stang seher merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai penahan kompresi yang terjadi pada mesin. Adanya masalah pada komponen tersebut menyababkan kompresi motor tidak teratur sehingga muncul bunyi berisik dari mesin sepeda motor.
Timming chain yang kendor

Timming chain merupakan komponen mesin berupa rantai yang terletak di bagian samping kiri pada mesin sepeda motor. Rantai ini berfungsi sebagai penghubung antara poros engkol dan poros nok. Timming yang ada pada mesin ini dapat mengalami kekendoran sehingga menimbulkan masalah bunyi berisik pada sepeda motor yang dengan mudah ditandai apabila bunyi tersebut berasa dari sebelah kiri mesin dan dalam kondisi mesin yang panas.

Untuk mengetahui kondisi timming chain ini apakah bermasalah maka dibutuhkan cara mengecek mesin motor yang benar dan dilakukan oleh ahlinya. Cara mengatasi masalah timming chain ini adalah dengan menganti komponen timming chain tersebut.

Lakukan pengantian dan penambahan jumlah oli

Penyebab lainnya adalah kondisi oli motor yang kurang dan bahkan sudah jenuh karena sudah lama tidak diganti. Oli berfungsi sebagai pelumas yang melapisi setiap komponen mesin agar tidak bergesekan secara kasar. 

Kondisi oli yang sudah rusak dan dalam jumlah kurang dapat menyebabkan gesekan pada komponen mesin ketika digunakan menjadi sangat kasar sehingga akan memunculkan suara berisik pada sepeda motor dan dapat menyebabkan mesin cepat panas. 

Jika oli tidak segera ditambah atau diganti maka kemungkinan komponen mesin mengalami keausan dan saling melekat satu sama lain akan membuat kondisi mesin yang tidak bisa digunakan. Cara mengatasinya cukup sederhana yakni dengan menganti oli dengan oli baru dalam jumlah yang cukup.
Piston yang bermasalah

Piston yang bermasalah juga dapat menjadi salah satu penyebab sepeda motor dapat mengeluarkan bunyi berisik yang kasar dari mesin motor. Piston merupakan komponen mesin yang sangat penting karena bertindak sebagai ruang bakar dari bahan bakar. 

Kondisi piston yang berbenturan dengan klep masuk maupun klep keluar dapat menyebabkan bunyi berisik yang cenderung keras terjadi pada sepeda motor terutama ketika motor dalam kondisi panas. Untuk mengatasi kondisi piston yang bermasalah ini, sebaiknya bawalah motor ke bengkel dengan tenaga teknisi handal.

Beberapa penyebab mesin motor berisik saat panas diatas dapat terjadi terutama pada sepeda motor yang tidak pernah mendapatkan perawatan dan servis secara rutin. Agar tidak muncul berbagai macam kondisi bermasalah terutama pada mesin sepeda motor, maka sebaiknya para pemiliki sepeda motor harus senantiasa memperhatikan perawatan dari sepeda motor tersebut.

Posting Komentar untuk "Mesin Motor Berisik Saat Panas: Penyebab dan Cara Mengatasi"